Comscore Tracker

Ilham Habibie Mundur dari Komisaris Utama Bank Muamalat

Ilham Habibie melepas jabatannya sebagai Komut Bank Muamalat

Jakarta, IDN Times - Ilham Akbar Habibie mundur dari jabatan Komisaris Utama PT Bank Muamalat. Hal itu disampaikan oleh perusahaan dalam keterbukaan informasi di laman resmi Bank Muamalat.

Bank Muamalat mengatakan pihaknya telah menerima surat pengunduran diri dari putra dari almarhum Presiden Indonesia ke-3, B. J. Habibie itu, tepatnya pada 19 Mei 2022.

"Bersama ini kami informasikan bahwa pada tanggal 19 Mei 2022 kami, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Perseroan”) telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Ilham Akbar Habibie dari jabatannya selaku Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Perseroan," kata perusahaan dikutip IDN Times, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Profil Bank Muamalat, Bank Syariah Pertama di Indonesia

1. Pengunduran diri Ilham Habibie diputuskan dalam RUPS

Ilham Habibie Mundur dari Komisaris Utama Bank MuamalatIlustrasi Bank Muamalat (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Dijelaskan bahwa permohonan pengunduran diri tersebut akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perseroan yang akan diselenggarakan paling lambat 90 hari setelah diterimanya surat pengunduran diri dimaksud yang waktunya akan kami informasikan lebih lanjut. 

Hal itu sesuai dengan Pasal 15 ayat (9) huruf (b) Anggaran Dasar Perseroan dan Pasal 27 POJK No. 33/2014.

Baca Juga: Ilham Habibie: Virus Corona, Produk Impor Tiongkok Bakal Banjiri Indonesia

2. Profil Ilham Habibie

Ilham Habibie Mundur dari Komisaris Utama Bank MuamalatIDN Times / Auriga Agustina

Mengutip laman resmi Bank Muamalat, pria kelahiran Aachen, Jerman 16 Mei 1963 itu diangkat sebagai Presiden Komisaris/Komisaris Independen Bank Muamalat dalam RUPS Tahunan pada 28 Juni 2018 dan memperoleh keputusan efektif dari OJK tanggal 26 Maret  2019.

Dia memperoleh gelar Ingenieur Diploma dari Technisce Universitat Munchen pada tahun 1987 dengan predikat Cum Laude. Ilham juga memperoleh gelar Doktor Ingenieur dari Technisce Universitat Munchen pada tahun 1994 dengan predikat Summa Cum Laude, dan gelar MBA dari Graduate School of Business University of Chichago pada tahun 2003.

3. Jejak Karir Ilham Habibie

Ilham Habibie Mundur dari Komisaris Utama Bank Muamalatinstagram.com/habibiecenter

Saat ini dia menjabat sebagai Ketua PT Orbit Ventura Indonesia, sebagai Komisaris Independen PT Inter Media Capital Tbk, sebagai Ketua PT Industri Mineral Indonesia, sebagai Komisaris PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk, dan sebagai Ketua PT Ilthabi.

Ilham juga aktif dalam organisasi, antara lain ICMI sebagai Wakil Ketua, ICC Indonesia sebagai Presiden, Masyarakat Ekonomi Syariah sebagai Anggota Dewan Pembina, The International Islamic Forum for Science, Technology and Human Resources Development (IIFTIHAR) sebagai Sekretaris Jenderal.

Selain itu, dia juga menerima beberapa penghargaan antara lain Satyalancana Wira Karya, Adikarsa Pemuda tahun 1997 dari Republik Indonesia dan AFEO Honorary Fellow (ASEAN Federation of Engineering Organization) tahun 2009.

Baca Juga: OJK Dukung Aksi Korporasi Perkuat Permodalan Bank Muamalat

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya