5 Karya Terbaik Haruki Murakami, Pecinta Novel Wajib Punya! 

Manakah yang menjadi favoritmu? #IDNTimesFiction

Haruki Murakami merupakan seorang penulis novel bergenre surealis-realis. Karya-karyanya begitu fenomenal menelusuri perjalanan manusia ke dunia metafisik. Pria berkebangsaan Jepang yang lahir tanggal 12 Januari 1970, telah beberapa kali memperoleh penghargaan. Beberapa karyanya mampu menyabet penghargaan World Fantasy Award, Frank O'Connor Internasional Short Story Award, dan masih banyak lainnya.

Gaya penulisan Murakami dalam setiap novelnya kebanyakan mendapatkan pengaruh barat. Inilah yang membedakan dirinya dengan penulis asal Jepang lainnya. Bahkan beberapa karyanya yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Tidak hanya menghibur, karya Murakami seakan mampu mengguggah pikiran serta kesadaran para pembacanya.

Penasaran seperti apa karya Murakami? Inilah lima novel terbaik Haruki Murakami yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Kafka on The Shore

5 Karya Terbaik Haruki Murakami, Pecinta Novel Wajib Punya! Kafka On The Shore (theliterarycircle.com)

Novel Murakami satu ini punya dua plot yang berbeda. Keduanya memiliki keterkaitan, namun dua tokoh tersebut berbeda dunia. Cerita pertama berkisah tentang petualangan Kafka Tamura. Seorang remaja kabur menghindari ayahnya di rumah untuk menemukan ibu dan saudaranya. Pada sisi lainnya, mengisahkan tentang Satoru Nakata, seorang lelaki tua dengan kemampuan khususnya bekerja menemukan kucing hilang.

Ini adalah novel surealis yang menyuguhkan tentang cinta, tragedi dan takdir. Bagi kamu yang suka dengan bacaan penuh teka-teki, Kafka on The Shore wajib kamu baca!

2. The Wind-Up Bird Chronicle

5 Karya Terbaik Haruki Murakami, Pecinta Novel Wajib Punya! buku The Wind-Up Bird Chronicle (twitter.com/chilHD)

Karya Murakami berjudul The Wind-Up Bird Chronicle akan menampilkan 'kelainan dunia'. Novel ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga Kumiko dan Okada Toru. Keduanya akan melalui perjalanan metafisik dengan berbagai keanehan di dalamnya.

Secara umum, berbagai kisah dalam karya ini menceritakan mengenai kekerasan, seks, dan ingatan. Tertarik untuk membacanya? Tenang, sudah ada versi Bahasa Indonesia-nya kok!

Baca Juga: Bahagia dan Burnout, 7 Novel Terbaik untuk Mengenal Momen Motherhood

3. 1Q84

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Karya Terbaik Haruki Murakami, Pecinta Novel Wajib Punya! buku 1Q84 (twitter.com/emilydignum)

Kalau novel yang ini pengambilan topiknya lumayan berani. Novel Murakami ini terpusat pada karakter jahat seorang pembunuh bayaran dan seorang penulis yang jenius. Kamu akan merasakan banyak ketegangan kala menikmati novel 1Q84.

Berbeda dengan novel Murakami lainnya, novel ini akan lebih banyak menggambarkan konflik politik dan agama. Sepertinya ini akan cocok buat kamu yang suka dengan topik tersebut.

4. Norwegian Wood

5 Karya Terbaik Haruki Murakami, Pecinta Novel Wajib Punya! buku Norwegian Wood (rifanjusuf.com)

Kehilangan yang menyakitkan, begitulah mungkin gambaran yang tepat untuk novel ini. Kamu akan dibawa dalam hubungan manusia yang erat tetapi menyakitkan. Balutan narasi mengenai kematian akan memberi rasa sesak pada hati pembaca.

Di tahun terbitnya, Norwegian Wood menjadi novel terlaris yang diburu oleh remaja Jepang. Nah, buat kamu generasi milenial jangan sampai melewatkan novel satu ini ya!

5. Killing Commendatore

5 Karya Terbaik Haruki Murakami, Pecinta Novel Wajib Punya! buku Killing Commendatore (katrinfigge.com)

Novel Killing Commendatore termasuk karya Murakami yang terbaru. Novel ini berkisah tentang seorang pelukis potrait yang bercerai dengan istrinya dan tinggal di sebuah rumah seniman Amada Tomohiko. Di rumah itulah berbagai hal menarik akan terjadi.

Ketika membaca novel ini, pikiranmu akan dipenuhi dengan berbagai imajinasi. Ceritanya penuh teka-teki dan misteri, tanda tanya akan memenuhi pikiran para pembacanya.

Di antara karya-karya Haruki Murakami, itulah lima novel terbaik yang perlu kamu baca. Setiap cerita mengandung berbagai hal menarik, sayang bila kamu lewatkan. Dijamin worth to read!

Baca Juga: 8 Film Adaptasi dari Novel Karya Haruki Murakami, Apa Saja?

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya