Comscore Tracker

5 Novel tentang Budaya Amerika Latin Ini Harus Masuk Reading-List

Harta eksotis buat penggemar buku

Amerika Selatan adalah salah satu regional yang cukup menarik. Secara geografis wilayah ini punya kemiripan dengan Indonesia, tetapi dalam hal budaya dan politik, banyak hal yang benar-benar asing di telinga kita bahkan bangsa-bangsa lain sekalipun. 

Tak heran jika karya sastra asal Amerika Selatan pun selalu jadi harta eksotis bagi pembaca buku di seluruh dunia. Mulai dari sosial, politik, ekonomi, hingga budayanya semua tampak menarik untuk diulik dalam bentuk cerita fiksi yang memukau. Berikut lima rekomendasinya.

1. Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta

5 Novel tentang Budaya Amerika Latin Ini Harus Masuk Reading-Listinstagram.com/marjinkiri

Novel karya Luis Sepulveda ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia. Jelas saja, novel ini dibilang legendaris, ceritanya singkat tapi membekas dalam di benak pembacanya. Ceritanya seorang pria tua bernama Antonio Jose Bolivar tinggal di pedalaman Ekuador sendirian. Sebagai hiburan, ia hanya butuh novel-novel romantis kiriman salah satu kenalannya. Namun, ternyata kehidupan Bolivar tak sesederhana itu.

Novel ini memberikan gambaran tentang keragaman etnis di Amerika Selatan serta turut mengangkat isu lingkunagn di dalamnya. 

2. Quesadillas

5 Novel tentang Budaya Amerika Latin Ini Harus Masuk Reading-Listinstagram.com/masterbookmonster

Orestes adalah seorang anak laki-laki yang tinggal bersama orang tua dan enam saudara kandungnya. Hingga suatu ketika dua kakaknya menghilang secara misterius, mendorong Orestes untuk melakukan pencarian secara independen.

Di tengah prosesnya ia bertemu dengan orang-orang baru yang memberinya banyak perspektif tentang kondisi perpolitikan Meksiko. Orestes yang kritis tidak percaya bahwa keluarganya merupakan bagian dari kelas menengah di Meksiko akhirnya menemukan jawaban atas keraguannya. 

3. I Am Not Your Perfect Mexican Daughter

5 Novel tentang Budaya Amerika Latin Ini Harus Masuk Reading-Listinstagram.com/_kindlingg
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

Dalam budaya Meksiko, seorang anak perempuan tidak meninggalkan keluarganya setelah lulus SMA. Julia bukan tipikal anak perempuan Meksiko yang diharapkan orang tuanya. Fakta itu diperburuk dengan suatu insiden yang membunuh kakaknya, Olga. Julia pun menjadi sasaran kemarahan dan kesedihan orang tuanya yang masih tak bisa menerima kepergian Olga. 

Saat Julia berusaha memperbaiki hubungannya dengan orang tuanya, ia justru menemukan rahasia Olga yang selama ini tak pernah ia ketahui. 

Baca Juga: 6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru 

4. My Documents

5 Novel tentang Budaya Amerika Latin Ini Harus Masuk Reading-Listinstagram.com/caberlim

Ditulis oleh seorang penulis asal Chili, novel ini adalah sekumpulan cerpen yang ia temukan di file komputernya. Mulai dari kisah coming-age seorang pemuda, hingga hubungan anak dan ayah. Semua cerita dalam novel ini memberikan gambaran luas tentang konstelasi politik dan sosial di Amerika Selatan.

Meski mirip sebuah draft dan coretan, cerita-cerita Alejandro Zambra sangat mudah diikuti dan disusun dengan rima yang tepat. 

5. Fever Dream

5 Novel tentang Budaya Amerika Latin Ini Harus Masuk Reading-Listinstagram.com/riverheadbooks

Seorang perempuan bernama Amanda tergolek lemah di sebuah rumah sakit di sebuah kota kecil di Argentina. Ia ditemani seorang pemuda bernama David di sampingnya yang bukan keluarganya. Namun, di tengah hari itu mereka mulai menceritakan masa lalu dan pengalaman mereka masing-masing yang menghantui mereka hingga kini. 

Novel ini dipercaya bikin merinding siapapun yang membaca kisah Amanda dan anak perempuannya di masa lalu. 

Baca Juga: 7 Serial Novel 'Bumi' Karya Tere Liye yang Harus Kamu Baca

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You