Comscore Tracker

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen King

Rekomendasi bacaan untuk Haloween

Tidak hanya Stephen King yang berhak dapat gelar raja cerita horor, ada beberapa penulis kisah horor lain yang layak diapresiasi. Karya mereka tak kalah mengerikan dan sukses dilirik para produser film. Catat beberapa rekomendasi penulisnya berikut ini. 

1. Shirley Jackson 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/ramblingandreading

Shirley Jackson adalah penulis beberapa novel horor gothic terkenal seperti Lottery, The Haunting of Hill House, dan We Have Always Lived in the Castle. Sayangnya, karyanya baru dapat pengakuan beberapa tahun belakangan. Nama Shirley Jackson jarang diperhitungkan mengingat di tahun 1940-50an saat ia masih aktif, penulis perempuan apalagi genre horor selalu dapat stigma negatif.

Novel Shirley sudah banyak yang difilmkan, bahkan terakhir diadaptasi jadi serial laris The Haunting of Hill House oleh Mike Flanagan. 

2. Henry James 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/livrerias

Henry James punya beberapa novel horor menarik dengan latar era Victoria. Salah satunya The Turn of the Screw yang sudah diadaptasi jadi film dan serial. Tahun ini saja, novel tersebut sudah diangkat jadi film The Turning dan serial The Haunting of Bly Manor. Henry James.

Tidak hanya kisah horor, sebenarnya James juga selalu menyelipkan twist tentang penyakit mental di novel-novelnya. Selain satu karya yang kondang, karya Henry James antara lain Owen Wingrave, The Way It Came, dan The Ghostly Rental. 

3. Kōji Suzuki 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/cloudessa_reads

Kōji Suzuki adalah orang di balik kengerian kisah horor The Ring yang dikemas dalam empat novel. Penulis asal Jepang ini juga merilis beberapa novel seram lain seperti Edge, Dark Water, dan Paradise. Sama dengan Stephen King, ia sering mengombinasikan ketegangan supernatural dengan science fiction. 

4. Dan Simmons 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/michaelrgoodwin

Dan Simmons memulai kariernya sebagai guru di Amerika Serikat sebelum akhirnya banting setir jadi penulis penuh waktu. Novelnya Summer of Night laris manis, disusul The Terror yang diadaptasi jadi serial oleh Amazon Prime, dan Drood yang dapat ulasan positif dari pembaca. Masih ada The Abominable dan Seasons of Horror. Selain menulis horor dan thriller, Dan Simmons juga menulis cerita fiksi ilmiah seperti novel berseri Hyperion. 

Baca Juga: 5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5. Joe Hill 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/greeneyedbookworm

Namanya mungkin kamu kenal berkat beberapa serial laris yang ternyata diadaptasi dari karyanya. Joe Hill merupakan penulis berbakat yang menciptakan ide cerita Locke & Key, Horns, dan NOS4A2. Fakta menarik lainnya, Joe ternyata putra Stephen King yang mengikuti jejak sang ayah menjadi penulis kisah horor dan thriller produktif abad ini. 

6. Jonathan Maberry 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/mothergamerwriter

Jonathan Maberry beberapa kali memenangkan Bram Stoker Awards atas karya-karyanya di bidang penulisan kisah horor. Selain jadi penulis novel, Maberry juga penulis di New York Times. Karya-karya yang sudah ditelurkannya antara lain Dead of Night, V-Wars, Rot & Ruin, Patient Zero, dan lain sebagainya. Kebanyakan novelnya dibuat berseri. V-Wars yang membahas tentang vampir akan difilmkan dalam waktu dekat. 

7. Peter Straub 

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/s.d.reads

Peter Straub dikenal lewat novel horornya yang berjudul Ghost Story dan Koko. Ghost Story secara tak disangka sempat masuk dalam daftar The New York Times Bestseller. Sama dengan kebanyakan penulis lain, Peter memulai kariernya sebagai guru bahasa karena kecintaannya pada bahasa Inggris dan puisi.

Ia kemudian mengambil pendidikan doktoral sambil mencoba peruntungan menulis buku sendiri dan akhirnya berhasil beralih profesi menjadi penulis tetap. 

8. Susan Hill

8 Penulis Cerita Horor Paling Ngeri di Dunia Selain Stephen Kinginstagram.com/moonsugarr

Susan Hill punya banyak koleksi karya bergenre horor yang siap kamu baca. Salah satu karyanya yang berhasil masuk layar lebar adalah The Woman in Black. Ia juga menulis beberapa cerita horor lain seperti The Mist in the Mirror, The Small Hands, dan The Man in the Picture.

Uniknya ia banyak terinspirasi dari pengalamannya sendiri saat harus kehilangan orang yang dikasihinya dan ternyata itu membuatnya merasa lebih baik. Tak heran kalau banyak kisah horornya yang juga dihidupkan dari perasaan duka mendalam karakternya. Selain horor, ia juga menulis beberapa novel fiksi sejarah. 

Tentu tak hanya delapan penulis horor yang sudah merilis karyanya. Ada banyak penulis cerita horor lain yang wajib kamu tilik kalau ngaku penggemar kisah-kisah seram. Bisa jadi rekomendasi bacaan buat Halloween, nih. 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya