Comscore Tracker

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!

Ada yang menyerupai kue moci dan onde-onde, lho!

Vietnam ialah salah satu negara di Asia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak pula destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di negeri Naga Biru ini.

Berlibur ke suatu tempat tentu tak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khas daerah tersebut, 'kan? Tak terkecuali dengam Vietnam yang memiliki segudang dessert yang wajib kamu coba. Yuk, simak ulasannya!

1. Chè ba màu

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!thevietvegan.com

Chè ba màu juga dikenal sebagai dessert tiga warna. Sesuai namanya, makanan penutup ini memiliki tiga warna yang terdiri atas kuning dari pasta kacang hijau, merah dari kacang merah, dan hijau dari jeli pandan. Tak lupa dituang santan di bagian atas agar semakin menyegarkan, deh!

2. Chè trôi nước

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!mav.vn

Jika chè ba màu merupakan jenis makanan penutup yang dingin dan menyegarkan, lain halnya dengan Chè trôi nước! Dessert yang satu ini terdiri atas bola ketan yang berisi pasta kacang hijau, biji wijen putih, dan sirup jahe yang cocok banget untuk menghangatkan badan!

Chè trôi nước kerap disantap pada perayaan-perayaan tradisional di Vietnam.

3. Bánh gai

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!tasteatlas.com

Dessert khas Vietnam yang satu ini merupakan kue beradonan hitam yang terbuat dari tepung beras dan bubuk dari daun rami. Sedangkan isian bánh gai terbuat dari kacang hijau, parutan kelapa, wijen, biji teratai, gula, dan lemak babi. Terkadang, penambahan kacang panggang, jahe, dan selai labu pun dilakukan.

Bánh gai pun dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus, deh!

4. Chè bắp

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!delightfulplate.com

Dessert yang satu ini termasuk sederhana karena bahannya hanya terdiri atas jagung, ketan, serta tepung tapioka. Walaupun simpel, chè bắp merupakan salah satu makanan penutup favorit karena rasanya yang enak dan mengenyangkan.

5. Bánh dau xanh

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!ngonlanh.vn

Bánh dau xanh merupakan kue khas Vietnam yang terbuat dari kacang hijau. Proses pembuatannya juga menggunakan gula, minyak, dan lemak. Makanan penutup yang satu ini biasa disantap sambil menyeruput secangkir teh. Wah, nampaknya cocok dijadikan camilan, ya!

Baca Juga: 5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnam

6. Bánh bò

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!thefeedfeed.com

Dessert yang satu ini menarik perhatian karena bentuk unik dan warnanya yang mencolok. Terbuat dari beras atau tepung tapioka, bánh bò memiliki tekstur yang berongga sehingga ia pun kerap disebut juga dengan kue sarang lebah. Penyajiannya pun dapat dipanggang atau dikukus, lho! Makanan penutup ini pun memiliki rasa kelapa yang lezat.

7. Chè chuối

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!taste.com.au

Chè chuối cocok disantap untuk kamu yang ingin mencicipi dessert yang menghangatkan. Makanan penutup asal Vietnam ini merupakan sup yang terdiri atas pisang, kacang, biji wijen, serta tepung tapioka yang dibentuk bulat bak mutiara.

Kuah santan yang panas pun membuat chè chuối semakin cocok dikonsumsi kala udara sedang dingin, nih!

8. Banh tieu

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!daylambanh.edu.vn

Jika dilihat sekilas, banh tieu mirip dengan onde-onde yang ada di Indonesia. Makanan penutup ini ialah sejenis roti seperti donat tanpa lubang yang terdapat taburan wijen di bagian luarnya.

Cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat, banh tieu merupakan salah satu dessert favorit di negeri Naga Biru ini.

9. Bánh chuối

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!tasteatlas.com

Dapat disajikan dengan cara dikukus atau dipanggang, bánh chuối memiliki pisang sebagai bahan utamanya. Dicampur dengan susu kental manis, santan, dan gula, dessert yang satu ini juga kerap dibuat bersama roti dan parutan kelapa. Baik dipanggang maupun dikukus, keduanya lezat dan pastinya menggoyang lidah!

10. Bánh xoài

10 Dessert khas Vietnam Ini Wajib Kamu Coba, Menggoyang Lidah!hoianfoodtour.com

Dessert yang satu ini memiliki nama lain, yakni kue mangga. Eits, tetapi bánh xoài sama sekali tak terbuat dari mangga, lho! Tetapi, bentuknya yang menyerupai mangga atau biji mangga membuat bánh xoài disebut sebagai kue mangga. Makanan penutup ini terbuat dari ketan yang berisi campuran kacang dan biji wijen. Teksturnya yang kenyal membuat bánh xoài terasa sama dengan kue moci, ya!

Itulah 10 dessert khas Vietnam yang berhasil bikin lapar, nih! Jika pandemi telah usai, makanan penutup manakah yang ingin kamu coba kala berwisata ke Vietnam?

Baca Juga: 7 Dessert Khas Jepang Berbahan Dasar Ubi, Yummy Banget!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya