Comscore Tracker

5 Fakta Apel Hitam, Buah Langka di Dunia yang Mahal Harganya

Buah Apelnya anak Sultan!

Bagi masyarakat Indonesia, buah apel mungkin sudah tidak asing lagi. Buah apel umumnya memiliki warna hijau atau merah, namun kalau buah apel berwarna hitam sudah pernah lihat? Apel hitam atau Black Diamond Apple adalah salah satu apel langka yang ada didunia. 

Harganya yang fantastis dan juga pertumbuhan buah yang tidak bisa disemua tempat membuat buah ini menjadi sangat langka. Simak yuk 5 fakta apel hitam berikut dilansir dari University Fox dan Oddity Central.

1. Habitat

5 Fakta Apel Hitam, Buah Langka di Dunia yang Mahal Harganyaodditycentral.com

Apel hitam tidak bisa tumbuh dimana saja, karena masalah geografis buah ini hanya dapat tumbuh didataran tinggi wilayah Tibet, Tiongkok. Buah yang juga dikenal dengan nama Chinese Red Delicious ini mempunyai keunikan, yakni berwarna hitam.

Warna ini disebabkan karena kondisi letak geografis dari daerah Nyingchi. 

2. Penyebab buah berwarna hitam

5 Fakta Apel Hitam, Buah Langka di Dunia yang Mahal Harganyauniversityfox.com

Karena pertumbuhan apel hitam yang dipengaruhi oleh kondisi geografis membuat apel ini mempunyai warna yang berbeda dari apel yang ada pada umumnya. Warna hitam dari buah ini disebabkan karena perbedaan suhu di dataran tinggi Tibet yang signifikan.

Sinar matahari dan sinar ultraviolet yang melimpah menyebabkan buah apel tersebut berwarna hitam.

Baca Juga: 7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnya

3. Harganya yang fantastis

5 Fakta Apel Hitam, Buah Langka di Dunia yang Mahal Harganyauniversityfox.com

Untuk dapat mencicipi Black Diamond Apple  ini kira-kira harus mengeluarkan uang sekitar 50 yuan atau sekitar Rp100.000 untuk satu buah apel hitam ini. Untuk mendapatkan buahnya pun tidak disemua tempat ada, lho! Apel hitam ini hanya terdapat di supermarket yang ada Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen di Tiongkok. 

4. Rasanya lebih manis dari apel biasanya

5 Fakta Apel Hitam, Buah Langka di Dunia yang Mahal Harganyauniversityfox.com

Tak hanya punya warna hitam yang unik, apel hitam ini juga memiliki rasa yang manis, lebih manis dari apel yang lain. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa dalam apel hitam ini yang lebih tinggi dari pada apel lainnya.

5. Manfaat apel hitam untuk kesehatan

5 Fakta Apel Hitam, Buah Langka di Dunia yang Mahal Harganyaodditycentral.com

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Apel Hijau Selama Kehamilan, Jaga Janinmu

Apel hitam memiliki senyawa antibakteri yang dapat mencegah bakteri berbahaya menyerang tubuh kita. Selain itu, menurut Departemen Pertanian di Amerika Serikat buah ini kaya akan vitamin A, yang mana manfaat vitamin A mampu memberikan efek yang baik untuk kesehatan mata. 

Itulah fakta tentang apel hitam. Buat kamu yang sudah bosan mencicipi apel yang warna hijau ataupun merah, boleh nih mencicipi si Diamond Black Apple yang satu ini! 

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

feel free to give feedback on my published article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya