Comscore Tracker

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnya

Ternyata, bisa jadi obat herbal, lho

Daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi diare, sedangkan daun jeruk purut dapat membantu menyembuhkan luka di kulit. Kalau daun apel, kira-kira bermanfaat untuk apa, ya? Itu karena daun ini sering diabaikan oleh para penikmatnya. 

Kamu ingin tahu apa saja manfaat dari daun apel? Yuk, simak daftar manfaatnya berikut ini yang dikutip dari laman Dr Health Benefits. Dijamin, setelah ini, kamu tidak menyia-nyiakan keberadaan daun apel!

1. Mengatasi jerawat serta memudarkan noda hitam pada wajah

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyathespruce.com

Kamu memiliki permasalahan pada wajah, seperti jerawat dan noda hitam? Tuntaskan dengan daun apel yang dapat diracik dengan krim susu. Bisa juga digunakan sebagai masker atau hanya letakkan pada lemari es kemudian tempelkan pada kulit.

Kenapa bisa begitu, ya? Jika diperhatikan sekilas, daun apel tampak biasa. Ternyata, daun apel memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang bekerja secara efektif memerangi mikrob penyebab jerawat. Oleh sebab itu, daun apel dapat mengurangi peradangan dan bekas jerawat.

2. Baik untuk kesehatan tulang

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyapermies.com

Agar kesehatan tulang tetap terjaga hingga tua nanti, konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu memang diharuskan. Namun, selain susu, kamu juga bisa mengonsumsi daun apel. Daun apel juga terkenal sebagai daun yang kaya kalsium dan baik untuk kesehatan tulang.

Banyak yang memanfaatkannya sebagai campuran jus apel yang menyegarkan.

3. Meminimalkan terjadinya penyakit asma

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyahomedepot.com

Fitokimia dan polifenol merupakan bahan kimia yang terdapat pada daun apel. Fungkisnya untuk meminimalkan terjadinya penyakit asma, penyakit pernapasan, dan meningkatkan aktivitas paru-paru secara keseluruhan.

Anak-anak yang makan atau mengonsumsi daun apel dengan berbagai olahan secara berkala dapat membantu menurunkan kemungkinan menderita serangan penyakit asma dan berbagai penyakit seputar pernapasan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Luar Biasa Daun Pandan untuk Kecantikan Kulit, Sudah Tahu?

4. Menghindari kanker pankreas

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyathespurce.com

Daun apel yang tinggi flavonols dapat membantu menurunkan peluang tubuh terkena kanker pankreas. Berbagai zat dalam daun apel yang memiliki reaktivitas yang kuat terhadap sel-sel kanker di hati, usus besar, dan payudara.

Sebelumnya, para peneliti telah melakukan penelitian yang ditujukan pada seekor hewan. Hasil menunjukkan bahwa esensi dari seluruh daun apel dapat menurunkan volume dan kapasitas tumor.

5. Terhindar dari kolesterol

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyafast-growing-trees.com

Doyan makan olahan seafood atau daging merah? Hati-hati bahaya kolesterol akan mengintai tubuhmu. Karena itu, seimbangkan dengan mengonsumsi makanan penawarnya, seperti teh hijau, buah alpukat, atau daun apel.

Senyawa yang ditemukan pada daun apel dapat membantu tubuh terhindar dari kolesterol yang masuk ke sistem tubuhmu dengan cara berkonsentrasi pada lapisan arteri.

6. Mengobati diare dan sembelit

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyagardenia.net

Infeksi bakteri dapat menyebabkan tubuh terserang diare. Jika tubuh kurang mengonsumsi makanan berserat, pastinya akan mengalami susah buang air besar alias sembelit.

Daun apel dapat menuntaskan keduanya. Serat yang terdapat pada daun apel dapat menyerap air keluar dari usus besar atau melarutkan air limbah dari kotoran untuk menghambat pergerakan usus.

7. Menurunkan berat badan

7 Manfaat dari Daun Apel yang Tidak Disadari oleh Penikmat Buahnyaoregonlive.com

Karena kaya serat, daun apel juga bisa jadi solusi untuk menurunkan berat badan. Itu karena makanan yang mengandung tinggi serat akan membuatmu cepat kenyang tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak kalori. Kalian dapat mengolah daun apel menjadi jus. 

Itulah tadi tujuh manfaat dari daun apel yang tidak disadari oleh penikmatnya. Sekarang, kamu sudah tahu, kan, jika ternyata daun ini sama seperti daun jambu biji yang punya berbagai manfaat. Oleh karena itu, jangan sia-siakan keberadaanya untuk dijadikan obat herbal di rumah, ya!

Baca Juga: Meski Ilegal, Ini Manfaat Positif dari Daun Ganja

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya