Comscore Tracker

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Mata dan Perut

Dicoba dulu, gaes!

Jawa Timur  memiliki segudang wisata kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika kalian berkunjung ke Jawa Timur, kalian akan menemukan berbagai makanan khas, mulai dari mulai makanan yang manis, pedas, gurih, sampai makanan legenda ada di Jawa Timur.

Berikut adalah beberapa makanan yang pantang untuk dilewatkan jika kalian berkunjung ke Jawa Timur.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Siang

1. Soto Lamongan

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Mata dan Perutdoyanresep.com

Soto Lamongan merupakan kuliner khas Jawa Timur yang banyak dijumpai di beberapa kota di Jawa Timur. Soto ini berbeda dengan soto kebanyakan karena pada soto Lamongan terdapat bumbu gurih berupa koya yang berasal dari kerupuk udang dan bawang putih yang di hancurkan. Itulah yang membadakan soto ini berbeda dengan soto kebanyakan dan menjadikan rasanya makin gurih dan nikmat.

Hal lain yang membedakan soto ini dengan soto lainnya adalah aroma dan kuah berwarna kuning yang terbuat dari kunyit yang dihaluskan dan dicampur dengan semua bumbu rahasia hingga memiliki rasa aroma yang khas.

 2. Rawon

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Mata dan Perutdoyanresep.com

Siapa yang tidak kenal dengan masakan khas Jawa Timur satu ini. Rawon dikenal  banyak orang karena memiliki warna hitam agak kekuningan dan memiliki rasanya yang khas. Warna hitam ini di sebabkan oleh kluwek, bumbu khas pada masakan rawon yang menyebabkan rawon menjadi berwarna hitam.

Rawon akan lebih nikmat jika dimakan bersama nasi hangat ditambah dengan tauge dan bawang goreng. Jangan lupa untuk mencoba masakan khas Jawa Timur ini, ya, jika kalian berkunjung ke Jawa Timur! 

3. Pecel Semanggi

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Mata dan Perutsurabayarollcake.com

Mungkin beberapa orang tidak tahu tentang makanan ini. Makanan satu ini sudah sangat jarang ditemui, bahkan di tempat asalnya sekalipun. Pecel semanggi merupakan makanan berupa sayuran, seperti tauge dan kangkung yang dimasak dengan cara dikukus dan kemudian disajikan dengan bumbu pecel diatas sayuran dan ditambah dengan kerupuk uli.

Jika kalian berkunjung ke Jawa Timur dan menemukan makanan ini, kalian harus mencobanya dan merasakan kuliner yang langka di Jawa Timur ini!

4. Nasi Pecel

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Mata dan PerutSejarahUnik.Net

Mungkin sudah banyak orang tahu makanan khas Jawa Timur yang satu ini. Makanan ini dikenal karena menggunakan bumbu kacang yang kental dan sedikit pedas. Makanan yang satu ini paling cocok dimakan bersama dengan peyek karena akan menambah rasa gurih.

Bagi kalian yang akan berkunjung ke Jawa Timur jangan lupa mencicipi makanan ini. Makanan yang satu ini banyak dijumpai di berbagai kota di Jawa Timur, bahkan di berbagai penjuru tanah air.

 5. Nasi Krawu

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Mata dan Perutselerasa.com

Kuliner Jawa Timur selanjutnya adalah nasi krawu. Makanan yang satu ini berasal dari Gresik. Makanan ini disajikan dengan suwiran daging sapi dan jeroan yang rasanya gurih manis. Ditambah dengan sambal terasi dan dilengkapi dengan serundeng kelapa, membuat makanan ini menjadi makin nikmat.

Itulah lima makanan khas Jawa Timur yang sebaiknya kamu coba jika berkunjung ke Jawa Timur. Nah, untuk warga Jawa Timur, makanan apa lagi, ya, yang belum disebut?

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Krawu Khas Gresik yang Menggugah Selera

Akbar Maulana Photo Writer Akbar Maulana

hidup itu usaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya