Comscore Tracker

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di Mulut

Cocok dijadikan camilan saat santai

Ada beragam camilan masa kini yang bisa kita cicip. Jenisnya banyak membuat kita dibuat leluasa untuk memilihnya sesuka hati. Di antara berbagai jenis yang ada, salah satunya camilan dengan isian.

Camilan tipe ini dinilai lebih disukai karena di dalamnya terdapat beragam isian, salah satunya diberi isi abon. Dari asin hingga manis, berikut beragam camilan dengan isian abon yang patut buat kamu coba.

1. Sumpia isi abon

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di Mulutsumpia isi abon (instagram.com/loiswij)

Jika piscok identik diberi isian pisang dan selai, maka berbeda dengan kue sumpia yang diisi abon. Dalam membuat sumpia sama seperti untuk pembuatan piscok, yakni selembar kulit lumpia siap pakai diberi isian abon.

Selanjutnya, lipat rapi kulit lumpia kemudian goreng sampai matang berwarna kuning keemasan. Teksturnya renyah dengan cita rasa gurih dan asin, cocok dinikmati dengan cocolan saus sambal.

2. Samosa isi abon

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di Mulutsamosa isi abon (instagram.com/rumahsnackmakassar)

Jika biasanya samosa identik diberi isian daging, ternyata camilan khas India ini juga tak kalah lezat kalau diisi isian abon. Samosa isi abon bisa menjadi pilihan alternatif jika kamu dirasa bosan dengan samosa isi daging, nih.

Untuk membuat samosa isi abon sama seperti pembuatan samosa pada umumnya, bedanya kamu cukup menggantikan isian daging dengan abon. Dinikmati bareng cocolan saus makin nampol, deh.

3. Pastel isi abon

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di Mulutpastel isi abon (instagram.com/sevania_almira_gunawi)

Tekstur renyah pastel didapat dari adonan tepung terigu, di mana adonan tepung terigu tersebut lalu diberi isian sayuran dan daging. Namun kalau kamu merasa bosan dengan isian biasanya, pastel juga dapat dikreasikan isiannya menggunakan abon. 

Cita rasa abon yang cenderung manis, pedas, serta gurih sangat cocok dipadukan dengan kerenyahan kulit pastel yang melumer di dalam lidah. Bisa juga dicocol bersama cocolan saus sambal, lho.

Baca Juga: Resep Roll Pao Abon Camilan Lembut, Gak perlu Pakai Oven

4. Kue bawang isi abon

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di MulutKue bawang isi abon (instagram.com/zahrinaazhar)

Kue bawang terbuat dari kulit pangsit yang berbahan dasar tepung terigu, tak selalu berbentuk lembaran atau stik ternyata kue bawang juga bisa diisikan abon. 

Siapkan selembar kulit pangsit, lalu taruh beberapa sendok pangsit di atas lembaran kulit pangsit. Jika sudah, lipat rapi kemudian goreng sampai matang.

Kue bawang isi abon siap dijadikan stok camilan di rumahmu, nih.

5. Roti goreng isi abon

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di MulutLuti gendang (instagram.com/the.lucky.belly)

Sudah biasa kan kalau roti diberi isian cokelat, selai, maupun keju. Maka dari itu, ada kreasi roti goreng dengan isian abon agar tidak membosankan. Bahkan saking nikmatnya, roti goreng isi abon menjadi salah satu jajanan khas Riau yang diberi nama luti gendang, lho.

Mempunyai bentuk mungil dengan tekstur empuk dipadu rasa manis gurih dan sedikit pedas, layak menjadikan luti gendang sebagai oleh-oleh ketika melancong ke Riau, nih.

6. Nastar isi abon

6 Camilan dengan Isian Abon, Gurih dan Manisnya Terasa Lumer di MulutNastar isi abon (instagram.com/1stcooking)

Nastar menjadi salah satu jenis kue kering  hidangan favorit Lebaran dengan memadukan tekstur lembut dan rasa selai nanas yang manis. Kalau bosan nastar bercita rasa legit, ada juga kreasi nastar dengan isian abon.

Memiliki perpaduan rasa gurih sedikit pedas abon dan juga tekstur lembut dari kulit nastar, cocok dihidangkan sebagai isian toples kosong di rumahmu.

Gak selalu dijadikan untuk pelengkap menikmati nasi putih, ternyata bisa juga mengkreasikan abon sebagai isian camilan bercita rasa gurih serta manis. Ragam camilan ini cocok dijadikan sebagai teman santaimu, lho.

Baca Juga: Resep Abon Ikan Cakalang Khas Manado, Pedas dan Kaya Rempah

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya