Comscore Tracker

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!

Bisa banget dijadikan oleh-oleh saat ke Medan #LokalIDN

Selain diakui sebagai kota terbesar urutan ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya, Medan juga terkenal memiliki aneka kuliner yang enak dan lezat, lho. Sehingga saat berkunjung ke sana, dengan mudahnya kamu bakal menemukan ragam kuliner yang sangat menggugah selera, salah satunya ada camilan dengan cita rasa manis.

Jadi buat kamu penggemar camilan manis dan kebetulan banget sedang berada di Medan, jangan lupa nih untuk mencicipi beragam camilan ini. Selain bisa dimakan langsung, camilan manis ini juga bisa banget dijadikan sebagai oleh-oleh lho.

Penasaran apa saja camilan manis khas Medan? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Bika ambon

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Bika ambon (instagram.com/foodlover.plg)

Camilan manis pertama adalah bika ambon. Menjadi salah satu kue paling legendaris di Medan, bika ambon terbuat dari adonan tepung, gula pasir, santan, serai, daun jeruk, telur, serta kunyit bubuk.

Memiliki ciri khas bersarang dengan tampilan warna kekuningan, bika ambon tentu punya tekstur lembut dan rasa manis legit di lidah. Maka dari itu, bika ambon wajib banget nih untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sini. Dijamin, semuanya pasti suka!

2. Bolu meranti

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Bolu meranti (instagram.com/bolumerantimedan)

Camilan berikutnya dari Medan ialah bernama bolu meranti. Bolu meranti merupakan sejenis bolu gulung yang di dalamnya berisikan krim manis dan terdapat berbagai macam topping di bagian luarnya.

Selain memiliki rasa yang manis, tentu saja bolu meranti punya tekstur yang lembut pula. Cocok banget nih untuk dinikmati sambil ditemani segelas teh hangat ataupun kopi. Rasanya makin jos!

3. Pancake durian

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Pancake durian (instagram.com/lowongankerja.bali)

Buat kamu penggemar buah durian, sekali-kali berkunjunglah ke kota Medan. Sebab di sini ada olahan buah durian yang rasanya istimewa banget, namanya pancake durian.

Berbahan dasar adonan tepung terigu, telur, garam, susu cair, mentega tawar cair, dan pewarna makanan. Lalu adonan ini dibuat dadar, kemudian hasil kulit dadar inilah diberi isian campuran daging durian, gula bubuk, susu kental manis, serta whipped cream.

Memiliki tekstur kulit yang tipis dengan dipadu rasa manis nan lembut, pancake durian terasa lumer di lidah!

4. Bakpia

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Bakpia (instagram.com/betamakan.mdn)

Bakpia gak hanya jadi camilan khas Jogja, melainkan di Medan pun ada bakpia juga lho. Berukuran sedikit lebih besar, ciri khas lain dari bakpia khas Medan adalah diberi taburan wijen di atasnya dengan isian yang beragam pula seperti kacang hijau, cokelat, keju, kacang merah, hingga pandan.

Rasanya yang manis berpadu tekstur kulit lembut nan renyah, kamu harus mencobanya nih saat berkunjung ke Medan. 

Baca Juga: 7 Kuliner Oriental Medan yang Bikin Penikmatnya Lupa Diri

5. Lapis legit

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Lapis legit (bolumeranti.co.id)

Selain bolu gulung meranti, ada juga lapis legit yang bisa kamu coba saat berada di Medan nih.

Memiliki tampilan berlapis-lapis dengan tekstur lembut serta rasa manis legit, camilan khas Medan ini pun hadir dengan beragam topping unik lho. Dijamin deh bikin memikat lidah seketika!

6. Kue lupis

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Kue lupis (instagram.com/betamakan.mdn)

Berbeda dengan kue lupis khas Jawa, kue lupis asal Medan dibuat dari beras ketan sebagai bahan dasarnya lho.

Sementara itu dari segi penyajian sama saja seperti kue lupis pada umumnya, yakni dengan diberi tambahan topping saus gula merah serta parutan kelapa. Perpaduan manis gurihnya, lembut banget di lidah!

7. Ombus-ombus

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Ombus-ombus (instagram.com/dapursicongok)

Ombus-ombus merupakan salah satu camilan unik khas Medan, lho.

Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula pasir, garam, serta vanili. Selanjutnya dimasukkan ke dalam daun pisang, lalu diberi gula merah di atasnya. Setelah itu ditutup kembali dengan adonan dan dikukus sampai matang.

Memiliki bentuk kerucut dengan memadukan tekstur lembut gurih serta isian gula merah yang manis, sensasi ombus-ombus lumer di mulut.

8. Putu bambu

8 Ragam Camilan Manis Khas Medan yang Lezat, Wajib Coba Pokoknya!Putu bambu (instagram.com/meufood)

Ini camilan manis yang terakhir dari Medan, namanya putu bambu. Berbeda dengan putu bambu dari daerah lain, putu bambu khas Medan identik memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Memadukan rasa manis gurih serta tekstur lembut, gak heran kalau camilan ini selalu diburu oleh para wisatawan saat berada di Medan.

Nah, dari kedelapan camilan manis khas Medan di atas, mana nih yang bikin kamu penasaran banget buat mencobanya saat berkunjung ke sana?

 

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Horor di Medan yang Penuh dengan Aura Mistis

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya