Comscore Tracker

Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!

Nyesel banget deh kalau gak sempat mencobanya #LokalIDN

Sumatera Barat menjadi salah satu sekian banyak dari daerah di Indonesia yang juga memiliki beragam jajanan tradisional.

Saat berkunjung ke Sumatera Barat, kamu bisa menemukan beragam jajanan manis yang tentu saja recommended untuk dicoba bahkan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh lho.

Nah, buat kamu yang ingin tahu apa saja sih jajanan manis khas Sumatera Barat, langsung saja simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Pisang kapik

Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!Pisang kapik (instagram.com/manang_kabau)

Jajanan manis khas Sumatera Barat yang pertama ada pisang kapik. Makanan ini dibuat dari pisang yang dibakar hingga terkaramelisasi dan berwarna kecokelatan.

Setelah dibakar matang, pisang dijepit terlebih dahulu dengan alat khusus hingga pipih. Barulah pisang kapik disajikan dengan taburan unti kelapa di atasnya.

2. Bika padang

Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!Bika padang (instagram.com/cookingwithpoe)

Mendengar nama kue bika, yang ada di benakmu pastilah bika ambon dari Medan bukan? Namun ini bukanlah bika ambon ya, melainkan bika padang.

Bika padang sendiri memiliki warna putih dengan tekstur dan bentuk layaknya apem. Nah, jika bika ambon dibuat dengan cara dikukus, lain halnya bika padang yang diolah dengan cara dibakar ataupun dipanggang.

Baca Juga: 5 Trivia Lontong Sadah Khas Daerah Darek di Sumatera Barat, Mau Coba?

3. Pinyaram

Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!Pinyaram (instagram.com/dangnadiah)

Pinyaram merupakan penganan manis yang dibuat menggunakan tepung beras, santan, serta gula merah. Pinyaram bisa dibilang kue cucurnya Sumatera Barat karena memang memiliki bentuk dan tampilan yang sangat mirip.

Bercita rasa manis gurih, pinyaram biasa disajikan dalam upacara adat Minangkabau, pesta pernikahan, hajatan, hingga acara keagamaan.

4. Pinukuik

Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!Pinukuik (instagram.com/hennylzebua)

Masyarakat Sumatera Barat menyebut serabi sebagai pinukuik. Pinukuik dibuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula pasir yang kemudian dipanggang hingga matang.

Rasa manis gurih dan tekstur empuk, membuat pinukuik biasa dinikmati bareng segelas teh talua. Jadi perpaduan paling pas di lidah nih!

5. Galamai

Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!Galamai (instagram.com/yodiatmodjo)

Dodol khas Sumatera Barat ini namanya galamai. Menjadi salah satu camilan manis yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh, galamai dibuat menggunakan adonan tepung beras ketan, gula aren, dan santan.

Berwarna kecokelatan seperti dodol pada umumnya, galamai biasanya disajikan di dalam wadah yang terbuat dari daun kelapa berbentuk takir atau kemasan plastik.

Itulah dia beberapa jajanan manis khas Sumatera Barat yang sudah kamu ketahui. Nah, seandainya jika kamu sedang berada di sana, kamu pengin mencoba jajanan manis yang mana dulu nih?

Baca Juga: 5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Barat

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya