Comscore Tracker

5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Barat

Kunjungi untuk buktikan seberapa miripnya #LokalIDN

Pesisir Selatan adalah salah satu kabupaten yang terletak di sebelah selatan kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini sebagian besar wilayahnya berupa pesisir pantai. Sehingga tidak heran, wisata bahari menjadi andalan di kabupaten ini.

Gugusan pulau-pulau yang cantik dengan air laut yang jernih serta pengelolaan pariwisata yang mulai meningkat membuat banyak terdapat objek wisata hits di daerah ini. Selain pantai dan lautnya, kabupaten Pesisir Selatan juga terkenal dengan wisata keindahan alam lainnya. Berikut pesona Pesisir Selatan.

1. Wisata Mandeh

5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Baratinstagram/wisatamandeh.nagarikami

Hanya berjarak kurang lebih satu jam perjalanan darat dari kota Padang, kawasan Wisata Mandeh dapat ditempuh dengan menyusuri punggung bukit Mandeh dengan suguhan pemandangan laut yang biru, jernih, dan gugusan pulau-pulau kecil dengan pasir putih yang cantik.

Gugusan pulau inilah yang membuat wisata Mandeh dijuluki Raja Ampat-nya Sumatera. Fasilitas sekelas resort juga telah tersedia di sini, sehingga pengunjung dapat berlama-lama menikmati keindahan potongan surga di pesisir Sumatera Barat ini dengan menginap di sana.

2. Masjid Terapung

5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Baratinstagram/shella_aii

Terletak di Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan, masjid cantik ini dibangun menjorok ke bibir laut hingga hampir seperti mengapung. Masjid ini diberi nama Masjid Samudera Ilahi dan baru diresmikan oleh Bupati Pesisir Selatan pada 8 Februari 2021 lalu.

Masjid Samudera Ilahi sekarang menjadi ikon wisata halal di kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga: 5 Wisata Alam dengan Pemandangan Memesona di Agam, Sumatera Barat 

3. Jembatan Akar Bayang

5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Baratinstagram/edmundlou

Jembatan ini terbuat dari jalinan akar dua pohon beringin yang melintasi sebuah sungai kecil yang cukup deras airnya. Jembatan ini berlokasi di daerah Puluik Puluik Nagari Bayang, Kecamatan IV Jurai kabupaten Pesisir Selatan.

Walaupun terbuat dari jalinan akar, namun jembatan ini cukup kuat menampung pengunjung yang melintas. Jembatan akar atau titian akar ini sudah berumur lebih dari satu abad, lho.

4. Air terjun Bayang Sani

5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Baratinstagram/zorfandafi

Hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer dari Jembatan Akar Bayang. Air terjun ini  bagian bawahnya berbentuk kolam, sehingga pengunjung dapat berenang di sini. Bebatuan di air terjun ini cukup licin sehingga dapat digunakan sebagai perosotan alami bagi pengunjung yang ingin berenang.

Di atas air terjun ini terdapat air terjun lainnya yang dinamakan Palangai Sani yang berjarak kurang lebih 15 menit dengan perjalanan menanjak.

5. Pulau Pamutusan

5 Pesona Wisata Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera Baratinstagram/ceb0l

Pulau ini berjarak kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan boat dari dermaga Tarusan, Pesisir Selatan. Pulau ini secara administratif berada di bawah desa Sungai Pinang kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Dengan laut yang indah dan pantai yang cantik, banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini seperti memancing, banana boat, berenang, atau snorkeling. Di pulau ini juga terdapat penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata hits di kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Kawasan ini memang belum begitu terkenal seperti Raja Ampat atau Lombok, tetapi dengan pengelolaan pariwisata yang semakin baik dan meningkat, bukan tidak mungkin, kawasan ini kelak akan menjadi destinasi baru incaran wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. 

Baca Juga: 8 Wisata Alam ala Kabupaten di Sumatera Barat Ini Dijamin Bikin Senang

muthia prima Photo Writer muthia prima

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya