Comscore Tracker

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk Sarapan

Nikmat tapi gak bikin worry

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh, meski begitu efek menikmatinya tidak lantas membuat perut kamu gemuk, tapi justru bikin badan sehat. Buat kamu yang terbiasa menikmati buah alpukat sebagai camilan secara langsung, cobalah beberapa kreasi.

Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat dengan berbagai macam kreasi olahan enak dan sehat seperti berikut ini. Dijamin gak bikin worry. Kira-kira ada apa saja? Yuk, simak!

1. Es alpukat mutiara

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanEs alpukat mutiara (instagram.com/yscooking)

Sensasi rasa gurih dan manis menjadi salah satu ciri khas yang bakal kamu dapat ketika mencoba nikmati es alpukat mutiara. Yap, minuman menyegarkan ini terdiri dari sagu mutiara, santan, dan potongan daging alpukat.

Meski isiannya terbilang sederhana, namun kamu akan mendapatkan kesegaran dan khasiat baik dari buah alpukat itu sendiri. Cocok dijadikan sebagai minuman pelega tenggorokan kala hawa panas melanda maupun menu takjil buka puasa.

2. Alpukat telur panggang

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanAlpukat telur panggang (instagram.com/iindapur)

Bisa dibilang olahan alpukat yang satu ini sangat simpel, karena kamu cukup membutuhkan alpukat, telur, dan bumbu. Alpukat tersebut nantinya dibelah menjadi dua bagian, lalu satu bagian buah alpukat ini diberi satu butir telur.

Bumbui dengan sedikit garam, merica bubuk, dan oregano kemudian panggang sampai matang. Baked egg avocado alias alpukat telur panggang siap kamu nikmati sebagai menu sarapan sehat.

3. Puding alpukat oreo

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanPuding alpukat oreo (instagram.com/sucenlim_ind)

Tampilannya triple baris yang terdiri dari hijau alpukat, oreo, dan cokelat. Puding alpukat oreo menjadi salah satu pilihan dessert paling fancy yang worth it buat kamu jajal. Masak bubuk agar, susu putih, dan gula pasir sampai mendidih, biarkan uap panasnya mengurai. 

Campurkan dengan daging alpukat yang telah diblender, aduk rata lalu tuang ke dalam cetakan. Untuk lapisan oreo, masak susu cair, bubuk agar, susu kental manis, dan sedikit garam, tiriskan lalu beri remahan oreo dan tuang di atas lapisan alpukat.

Terakhir, campurkan bubuk agar cokelat, susu cair cokelat, skm cokelat, dan sedikit gula pasir, masak sampai mendidih. Tuang perlahan di atas lapis oreo, biarkan uap panasnya mengurai lalu diamkan dalam kulkas hingga set. Puding alpukat oreo siap disajikan.

Baca Juga: 12 Olahan Alpukat untuk Buka Puasa, Gak Bakal Nyangka Seenak Itu!

4. Alpukat kocok

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanAlpukat kocok (instagram.com/kokobuncit)

Alpukat kocok menjadi salah satu minuman segar yang tengah hype di berbagai kalangan masyarakat. Terdiri dari daging buah alpukat yang dihaluskan kasar, lalu diberi berbagai topping meriah memikat selera.

Isiannya bisa berupa es batu serut, saus cokelat, susu cair, hingga taburan cokelat bubuk. Tampilannya terlihat apik menjadi perpaduan manis yang seketika gak bisa menolak kenikmatan alpukat kocok. Kira-kira kamu sudah pernah menjajal kesegaran dari minuman hits ini belum, nih?

5. Avocado cheese cake

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanAvocado cheese cake (instagram.com/fitwithrestu)

Kreasi dari buah alpukat berikutnya ini juga terbilang gak ribet, namanya adalah avocado cheese cake. Dalam pembuatan dessert bercita rasa manis dan bertekstur lembut ini diperlukan biskuit, alpukat, keju ricotta, madu, dan choco chips. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah memblender biskuit dengan sedikit air, lalu tuang ke dalam cetakan.

Selanjutnya, haluskan pula daging alpukat menggunakan blender, campurkan bersama keju ricotta, madu, dan choco chips, aduk rata lalu tuang ke dalam lapisan biskuit kemudian diamkan di dalam kulkas selama 2 jam sampai set. Avocado cheese cake siap dinikmati.

6. Avocado toast

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanAvocado toast (instagram.com/hippieshooray)

Selain sarapan dengan alpukat telur panggang, kamu juga bisa menjadikan avocado toast sebagai menu sarapan sehat pilihanmu kali ini, lho. Hidangan sehat nan simpel ini terdiri dari roti tawar panggang lalu diberi telur orak-arik, daging alpukat, parmesan, dan nori boncabe.

Terdapat cita rasa asin, gurih, dan sedikit manis membuat sesi santap sarapan pagi dengan avocado toast kian bersemangat untuk menjalani rutinitas harian. Patut kamu coba, nih!

7. Es mambo alpukat

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanEs mambo alpukat (instagram.com/riasanggun)

Salah satu jajanan semasa SD ini juga tak jauh-jauh dari penggunaan buah alpukat, dia adalah es mambo alpukat. Seketika bikin nostalgia saat membahas es mambo karena memiliki cita rasa manis menyegarkan yang mampu membuat nuansa hati makin ceria. Bisa dibilang traditional dessert ini pun kini agak susah untuk ditemui, meski begitu kamu bisa kapan saja membuatnya sendiri di rumah.

Sebab tahap pembuatannya sangat simpel, yakni cukup blender halus daging alpukat lalu saring kemudian bungkus menggunakan plastik transparan khusus es yang sebelumnya telah diberi lumuran saus cokelat. Setelah itu, simpan dalam kulkas sampai beku. Voila! Es mambo alpukat siap dinikmati.

8. Dalgona alpukat

8 Olahan Buah Alpukat, Semuanya Enak dan Worth It untuk SarapanDalgona alpukat (instagram.com/helen_ranap)

Beberapa waktu lalu tengah viral minuman kopi yang diberi nama dalgona coffee, terdiri dari kopi instan tanpa ampas lalu diberi gula pasir dan sedikit air panas kemudian kocok atau mixer sampai mengembang.

Nah, jika itu merupakan dalgona coffee yang sudah biasa kamu nikmati, cobalah kali ini membuatnya agak menyehatkan dengan tambahan buah alpukat. Dijamin, deh berkat penambahan buah kaya lemak tak jenuh ini membuat sensasi menikmati minuman dalgona makin autentik.

Gak hanya sekedar dinikmati langsung maupun dibuat jus, ternyata alpukat juga bisa dikreasikan menjadi berbagai macam dessert hingga opsi menu sarapan yang menyehatkan. Tergugah selera dengan olahan buah alpukat yang mana, nih?

Baca Juga: Cara Memilih Alpukat dan Memotong Alpukat yang Matang, Sudah Tahu?

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya