Comscore Tracker

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di Rumah

Menurutmu, mana nih yang paling enak? #LokalIDN

Gak cukup disangrai, kacang tanah juga bisa diolah jadi aneka camilan enak. Baik bercita rasa asin maupun manis, sensasi rasa olahan dari kacang tanah ini pun memang nikmat disantap kapan saja. Bahkan, camilan dari kacang tanah juga cocok banget disuguhkan unuk sajian jamuan di momen spesialmu lho.

Berikut ini beberapa olahan camilan dari kacang tanah yang bisa kamu dijadikan inspirasi, dijamin rasanya enak.

1. Ampyang

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahAmpyang (instagram.com/jakulpandaan)

Gula kacang atau bisa juga disebut sebagai ampyang adalah salah satu kue kering jadul khas Jawa yang bercita rasa manis gurih. Memiliki tampilan kecokelatan dengan tekstur keras, ampyang menjadi salah satu jajanan unik yang hingga kini masih cukup bisa ditemukan.

Jadi buat kamu yang pengin mencicipi, kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh di daerah Jawa atau bisa bikin sendiri dengan mudah di rumah. Cukup siapkan kacang tanah sangrai lalu dicampurkan ke dalam gula merah yang telah terkaramelisasi, setelah itu diaduk merata dan didiamkan sampai mengeras. Gula kacang pun sudah siap untuk disajikan.

2. Kacang disco

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahKacang disco (instagram.com/dapurkobe)

Camilan ini namanya kacang disco; terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung lalu digoreng hingga matang.

Memiliki bentuk keriting yang unik nan krispi, kacang disco pun ada cita rasa gurih dan tekstur renyah. Cocok banget dijadikan sebagai camilan santai bersama keluarga atau suguhan tamu.

3. Kacang bawang

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahKacang bawang (instagram.com/aguswatis)

Momen Lebaran kurang lengkap tanpa adanya kacang bawang. Kacang goreng dengan tekstur renyah nan bercita rasa asin gurih memang bisa membuat siapa saja pasti ketagihan.

Kacang bawang terbuat dari kacang tanah yang direndam ke dalam santan sampai meresap lalu digoreng hingga matang, setelah itu diberi taburan bawang putih goreng. Dijamin, aromanya semakin memikat lidah!

Baca Juga: Tinggi Nutrisi, Ini 5 Manfaat Makan Kacang Tanah Rebus bagi Kesehatan

4. Kacang telur

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahKacang telur (instagram.com/elliyeyin)

Perpaduan cita rasa manis gurih dan tekstur garing yang renyah membuatnya gak ada yang bisa menolak kelezatan kacang telur ya.

Makanan ini dibuat dari kacang tanah yang dibalut tepung tapioka, gula, dan telur lalu digoreng sampai matang. Kiruknya menggoyang lidah!

5. Kacang rebus

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahKacang rebus (instagram.com/nyonyabaking)

Buat kamu yang sering nongkrong di warkop ataupun berkunjung ke puncak, pasti gak asing dong dengan kacang rebus.

Disajikan hangat-hangat dengan cita rasa asin, kacang rebus jadi camilan sederhana tapi kenikmatannya gak perlu diragukan lagi deh.

6. Kacang sembunyi

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahKacang sembunyi (instagram.com/noviely1127)

Siapa sih yang gak ngiler dengan penampilan kacang sembunyi? Camilan berbalut karamel dengan isian kacang tanah plus dilapisi kulit pangsit yang renyah, pasti rasanya pun manis legit.

Kacang sembunyi jadi salah satu camilan paling worth it untuk kamu stok di rumah nih. Dijamin, semuanya pasti dibuat ketagihan!

7. Kacang atom

7 Ragam Camilan dari Kacang Tanah, Cocok Jadi Ide Sajian di RumahKacang atom (instagram.com/gunculinary)

Kacang atom memang menjadi salah satu camilan paling legendaris. Ya, camilan berbalut tepung tapioka dengan berwarna keputihan.

Kacang atom memiliki tekstur renyah nan garing dan tak lupa pula rasanya yang asin gurih. Asli, enak banget dinikmati sebagai kudapan atau pelengkap lauk nasi.

Nah, dari ketujuh camilan olahan kacang tanah di atas, mana yang jadi kesukaan kamu nih?

Baca Juga: 10 Camilan Lokal dari Kacang Tanah yang Bikin Kamu Betah Ngemil 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya