Comscore Tracker

5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedap

Ada pandan hingga kemangi, mana favorit kamu?

Untuk membuat masakan wangi dan sedap, kita memang bisa menggunakan bumbu penyedap seperti kaldu bubuk maupun vetsin. Namun, ada bumbu dapur alami lainnya yang juga bisa membuat masakan jadi makin wangi dan sedap, lho.

Menambahkan sejumlah bumbu dapur berikut disinyalir akan semakin menggugah selera makan kita, nih. Kira-kira bumbu dapur apa saja sih yang dimaksud? Simak sama-sama penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Pandan 

5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedapilustrasi pandan (vecteezy.com/chormail153750)

Selain masakan bercita rasa gurih, pandan juga biasanya ditambahkan ke dalam masakan bercita rasa manis. Gak hanya memberikan sentuhan agar masakan jadi wangi dan sedap, pada beberapa jajan pasar, pandan juga kerap dijadikan sebagai hiasan.

Supaya aroma pandan lebih keluar, kamu bisa memisahkan antara tulang dan bagian daun pandan. Buat pandan menjadi bentuk simpul sebelum dimasukkan ke dalam masakan.

Beberapa masakan yang dibuat dengan menambahkan pandan agar makin sedap di antaranya nasi ulam, ayam tangkap khas Aceh, kolak, dan aneka jajan pasar seperti kue lumpur hingga dadar gulung.

2. Serai 

5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedapilustrasi serai (vecteezy.com/rutchapong)

Serai punya aroma segar yang khas dan pastinya akan membuat masakan jadi makin wangi dan sedap. Agar aroma serai makin keluar, cobalah untuk memarkan serai terlebih dulu atau menggepreknya. Baru deh setelah itu kamu bisa memasukkan serai ke dalam masakan.

Namun, khusus untuk membuat sambal matah, kamu tak perlu menggepreknya melainkan cukup memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil. Serai sendiri biasanya digunakan sebagai salah satu penyedap alami yang juga bisa untuk menyamarkan aneka bau amis dari beberapa bahan masakan seperti ikan hingga aneka daging.

Adapun sejumlah masakan Indonesia yang membubuhkan serai di dalamnya antara lain soto, tongseng, brongkos hingga sejumlah minuman herbal yang menghangatkan badan.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Bumbu Dapur di Kulkas, Dijamin Awet!

3. Daun jeruk 

5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedapilustrasi daun jeruk (vecteezy.com/samartnn621809)

Daun jeruk merupakan salah satu bumbu dapur sekaligus bahan pelengkap masakan yang kerap  diumpai pada makanan Nusantara. Daun jeruk punya aroma yang khas serta menyegarkan. Gak heran kalau bumbu dapur satu ini jadi salah satu bumbu favorit banyak orang.

Supaya rasanya nikmat dan aroma lebih keluar, buang tulang daun jeruk baru masukkan ke dalam masakan atau cincang daun jeruk jadi bagian yang lebih kecil.

Selain soto, daun jeruk juga ditambahkan pada beberapa masakan seperti nasi daun jeruk, opor, woku, hingga camilan seperti rempeyek. Menambahkan daun jeruk ke dalam masakan dijamin akan bikin makin wangi dan sedap.

4. Daun salam 

5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedapilustrasi daun salam (pixabay.com/kropekk_pl)

Bicara mengenai salah satu bumbu dapur satu ini, jelas bukan hal yang baru dan familiar bagi kita. Daun salam kerap dijadikan salah satu bumbu rahasia ke dalam aneka olahan nasi khas Indonesia misalnya saja nasi liwet, nasi uduk maupun nasi kuning.

Gak hanya digunakan sebagai campuran nasi, daun salam juga bisa digunakan untuk pengharum dan penyedap makanan seperti garang asem, oseng tahu, hingga sayur lodeh.

Supaya aroma daun salam makin tercium dan lebih keluar, kamu bisa merobek sedikit salah satu bagian dari daun salam. Kemudian setelahnya, masukkan daun salam ke dalam masakan.

5. Kemangi 

5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedapkemangi (pixabay.com/kkolosov)

Selama ini banyak orang mengira kemangi digunakan sebagai lalapan pendamping ayam goreng atau bakar hingga olahan ikan. Padahal, daun kemangi juga gak kalah enaknya bila dicampurkan ke dalam masakan secara langsung.

Seperti saat kamu membuat ayam woku, pepes, atau nasi bakar. Menambahkan kemangi langsung ke dalam masakan gak hanya bikin wangi dan sedap melainkan juga bantu untuk menghilangkan bau amis pada masakan. Selain itu, sensasi pedas pada masakan juga bisa bertambah dengan memasukkan kemangi di dalamnya.

Untuk mengeluarkan aroma kemangi, sebaiknya kamu memasukkannya paling akhir pada tahap memasak. Selain aromanya jadi makin tercium, daun kemangi juga jadi gak cepat layu, lho.

Menambahkan sejumlah bumbu dapur di atas dijamin bakal bikin masakan buatanmu jadi makin harum. Kalau menurut kamu sendiri, ada lagi gak nih bumbu dapur yang bisa bikin masakan jadi tambah wangi dan sedap?

Baca Juga: 9 Bumbu Dapur Pengganti Cabai yang Gak Kalah Pedas, Pakai Lada!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya