Comscore Tracker

5 Jenis Lettuce untuk Bahan Salad, Segar dan Sehat

Warna dan rasanya menggugah selera dan tentu menyehatkan

Tren makanan sehat selalu berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan salad. Berbagai macam bahan makanan bisa dijadikan salad sehat, baik yang berasal dari buah maupun sayur. Salah satu jenis sayur yang biasa dijadikan bahan membuat salad adalah lettuce atau selada.

Lettuce bisa dipadukan dengan tomat cherry, paprika, atau apa pun buah dan sayur yang kita suka. Untuk dressing salad sehat bisa kita pakai perasan lemon ditambah olive oil dan sedikit madu, atau bisa juga kita pakai cuka apel diencerkan dengan air dan ditambah madu. Banyak jenis lettuce yang bisa dijadikan bahan salad, dan ini dia lima di antaranya yang bisa ditemukan, baik di pasar tradisional maupun supermarket.

1. French Lettuce

5 Jenis Lettuce untuk Bahan Salad, Segar dan SehatFrench Lettuce(instagram.com/akbarnofallah)

French Lettuce atau selada keriting banyak ditemukan di pasar. Biasanya dijadikan bahan lalapan dan sambal pendamping makan penyetan ayam goreng atau bebek goreng.

Selada keriting rasanya ringan agak manis cenderung tawar. Selada jenis ini ada yang berwarna hijau dan ada yang merah kecoklatan.

2. Romaine Lettuce

5 Jenis Lettuce untuk Bahan Salad, Segar dan SehatRomaine Lettuce(instagram.com/minimal_saien)

Romaine Lettuce memiliki daun yang lebar, agak tebal, dan membentuk kuntum. Sekilas mirip sawi putih. Rasa lettuce ini renyah dan manis. Sekarang banyak kita temukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket.

Baca Juga: Resep Chicken and Mango Lettuce Cups, Selada Segar yang Penuh Isi

3. Head Lettuce

5 Jenis Lettuce untuk Bahan Salad, Segar dan SehatHead Lettuce(instagram.com/rasakihydrofarm)

Head Lettuce biasa disebut selada bokor. Sama seperti selada keriting, selada bokor juga mudah ditemukan di pedagang sayur di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Bentuknya bulat berlapis-lapis seperti kol/kubis.

Rasa head lettuce renyah dan manis. Hanya saja, karena lettuce ini helainya agak tipis sehingga cepat layu, jadi harus segera dikonsumsi setelah disiapkan.

4. Frisee Lettuce

5 Jenis Lettuce untuk Bahan Salad, Segar dan SehatFrisee Lettuce(instagram.com/spatula_and_chopsticks)

Frisee Lettuce atau disebut juga endives belum banyak ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket. Hanya beberapa supermarket yang menyediakan lettuce jenis ini.

Bentuk lettuce ini panjang bergerombol mirip seledri. Pangkal batangnya berwarna putih, daun berwarna hijau menyirip. Rasanya tidak terlalu renyah dan ada sedikit rasa pahit.

5. Arugula Lettuce

5 Jenis Lettuce untuk Bahan Salad, Segar dan SehatArugula Lettuce(instagram.com/teresafood_1)

Sama seperti frisee, lettuce arugula juga belum banyak ditemukan di pasar atau supermarket di Indonesia. Bentuk daun menyirip, warna daun hijau tua. Rasa lettuce ini sedikit renyah, agak pahit dan agak pedas/peppery. Selain untuk salad, lettuce arugula juga biasa digunakan untuk isian burger.

Itulah beberapa jenis lettuce yang bisa kita pakai untuk membuat salad. Rasanya segar dan tentu saja menyehatkan karena kandungan serat yang tinggi.

Baca Juga: Resep Selada Tahu, Menu Sehat yang Murah Meriah 

Annyta Haryati Photo Writer Annyta Haryati

annyta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya