Comscore Tracker

5 Aneka Kudapan Manis dari Buttermilk, Rasanya Menggugah untuk Dicoba

Kudapan manis dari buttermilk, dijamin buatmu suka! 

Tekstur kental yang creamy dari buttermilk memiliki aroma tajam dengan perpaduan rasa mentega dan asam yang memikat, sering kali dijadikan bahan untuk melembutkan adonan kue. Cita rasa kudapan manis yang diciptakan dari buttermilk juga terasa lebih lembut, creamy, dan lezat. 

Rasa lezat dari kudapan manis berbahan buttermilk, sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat atau dingin favoritmu. Beberapa rekomendasi kudapan manis yang punya tekstur lembut dengan cita rasa lezat berbahan buttermilk dapat kamu lihat daftarnya di bawah ini untuk dijadikan inspirasi! Simak yuk!

1. Lemon buttermilk pudding with blueberry whipped cream 

5 Aneka Kudapan Manis dari Buttermilk, Rasanya Menggugah untuk Dicobailustrasi lemon buttermilk pudding with blueberry whipped cream (www.finecooking.com/Jessie Sheehan)

Olahan kudapan manis yang bisa kamu praktikkan di rumah berbahan buttermilk yaitu puding dari perpaduan lemon dan buttermilk yang disajikan dengan whipping cream dan buah blueberry. Sari lemon yang berpadu dengan buttermilk, menghasilkan rasa segar dan creamy yang meleleh di lidah saat dicicipi. 

Untuk membuat puding, campur buttermilk dengan gula pasir, tepung maizena, heavy cream, telur, perasan lemon, dan parutan kulit lemon di atas api kecil lalu setelah matang tambahkan juga butter dan aduk merata.

Tuang adonan puding yang sudah matang ke mangkuk dan tunggu sampai dingin. Barulah siap disajikan dengan whipping cream dan taburan buah blueberry segar. 

2. Buttermilk marble cake 

5 Aneka Kudapan Manis dari Buttermilk, Rasanya Menggugah untuk Dicobailustrasi buttermilk marble cake (cooking.nytimes.com/Craig Lee)

Marble cake lembut yang menggunakan buttermilk sebagai bahan utamanya mempunyai cita rasa lezat yang cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat. Apalagi ditambah kelegitan icing rasa cokelat di atas permukaan buttermilk marble cake, tentu rasanya makin memikat lidahmu. 

Adonan cake dibuat dari perpaduan tepung terigu, baking powder, baking soda, gula pasir, mentega, buttermilk, telur, dan vanilla essense. Lalu ambil wadah dan bagi menjadi dua bagian untuk ditambahkan bubuk kokoa. Tuang adonan ke loyang bundar bergantian untuk mendapatkan hasil marble yang cantik.

Panggang beberapa menit buttermilk marble cake dan selama menunggu cake matang, buat icing cokelat berbahan krim manis dan lelehan cokelat. Setelah cake matang, tunggu sampai cake menyesuaikan suhu ruangan, barulah guyur permukaannya dengan icing cokelat. 

Baca Juga: 5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedap

3. Maple buttermilk tart 

5 Aneka Kudapan Manis dari Buttermilk, Rasanya Menggugah untuk Dicobailustrasi maple buttermilk tart (www.foodnetwork.com/Food Network Kitchen)

Tart renyah yang punya cita rasa manis dari sirup maple dengan aroma creamy hasil perpaduan buttermilk dan bahan-bahan tart lainnya, bisa kamu coba buat di rumah, nih. Tekstur renyah dengan rasa buttermilk yang menggoda, buat maple buttermilk tart ini dijamin buatmu ketagihan akan rasanya. 

Langkah pertama dimulai dari mengolah bagian crust tart yang renyah. Campurkan tepung terigu, gula pasir, mentega cair, kuning telur lalu uleni dan cetak pada loyang. Panggang crust tart beberapa saat dan selama menunggu buatlah filling berbahan buttermilk, sirup maple, tepung terigu, mentega cair, vanilla essense, dan telur.

Angkat crust tart, kemudian tuang adonan filling secara merata dan panggang kembali sampai warna permukaan maple buttermilk tart menjadi kecokelatan.

4. Peach buttermilk muffins 

5 Aneka Kudapan Manis dari Buttermilk, Rasanya Menggugah untuk Dicobapeach buttermilk muffins (www.taste.com.au/Michelle Noerianto)

Perpaduan buah peach manis dengan rasa asam dan creamy buttermilk yang diolah menjadi muffin lembut adalah rekomendasi kudapan manis berikutnya yang dapat kamu coba buat di rumah. Rasa lezat yang memikat dari peach buttermilk muffins, bisa kamu jadikan kudapan menemani kopi hangat atau dijadikan menu praktis saat sarapan. 

Buah peach yang sudah dicincang lalu campurkan pada adonan berbahan buttermilk, tepung terigu, gula pasir, telur, baking powder, vanilla essense, dan susu cair. Tuang adonan pada cetakan muffin lalu panggang sampai matang dan menguarkan wangi lezat. 

5. Buttermilk scones

5 Aneka Kudapan Manis dari Buttermilk, Rasanya Menggugah untuk Dicobailustrasi buttermilk scones (www.taste.com.au/Liz Macri)

Scone berbahan buttermilk memiliki cita rasa lezat yang cocok menjadi kudapan manis menemani waktu bersantaimu. Tekstur buttermilk scone yang renyah di luar dan lembut di dalam akan terasa meleleh di lidah, apalagi ditambah aroma wangi buttermilk pada scone makin buatmu penasaran dengan cita rasanya, bukan?

Untuk mengolah buttermilk scones, uleni adonan yang berbahan tepung terigu, tepung gandum, gula pasir, baking powder, mentega, dan buttermilk. Iris adonan menjadi beberapa bagian lalu susun di loyang dan panggang sampai mengembang dan warnanya berubah menjadi lebih kecokelatan. 

Aroma buttermilk yang mendominasi kelima kudapan manis di atas tentu memiliki cita rasa lezat yang dijamin buatmu suka. Tak hanya itu, buttermilk juga dapat melembutkan kudapan manis yang dapat melelehkan lidah saat mencicipinya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Buttermilk untuk Kecantikan Kulit!

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

Instagram: @mayang.ariin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya