Comscore Tracker

5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedap

Sudah pernah menggunakan olahan susu fermentasi ini belum?

Buttermilk adalah sebutan bagi suatu produk minuman hasil fermentasi yang berbahan dasar susu sapi. Komponen ini memiliki rasa sedikit asam dan biasanya digunakan untuk bahan masakan.

Buttermilk sendiri dikenal sering dijadikan salah satu bahan penting dalam pembuatan kue, sebab ia bisa membuat hidangan menjadi tambah lembut dan enak.

Selain itu, terdapat beragam masakan yang juga cocok untuk dimasak bersama buttermilk, hingga menghasilkan rasa lebih nikmat, seperti lima makanan berikut ini.

1. Jalapeno buttermilk cornbread

5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedapilustrasi jalapeno buttermilk cornbread (unsplash.com/Rafael Cisneros Méndez)

Cornbread menjadi salah satu makanan nikmat bertekstur lembut yang memiliki sentuhan rasa jagung cukup kuat. Hidangan tersebut umumnya diolah menggunakan cornmeal dan bisa dibuat sebagai roti asin atau manis.

Bahan yang diperlukan dalam olahan kali ini sedikit unik, lantaran tak cuma cornmeal serta tepung yang dihadirkan. Melainkan terdapat penggunaan bubuk jalapeno, buttermilk, telur, mentega, dan baking soda.

2. Grilled buttermilk chicken

5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedapilustrasi grilled buttermilk chicken (pixabay.com/Rebecca Withey Studios)

Mengonsumsi ayam bakar memang paling nikmat bila bumbu marinasinya diolah secara tepat, sehingga mampu membuat daging jadi lebih lembut serta mengeluarkan aroma yang menggugah selera.

Hal tersebut pun bisa dilakukan dengan membuat marinasi dari campuran antara buttermilk, jintan, bawang putih, bubuk paprika, dan bahan penambah rasa lainnya. Sehingga olahan ayam bakar jadi semakin nikmat.

3. Bacon buttermilk scones

5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedapilustrasi bacon buttermilk scones (unsplash.com/Charisse Kenion)

Scones adalah suatu olahan quick bread yang memiliki bentuk relatif kecil, dan makanan ini kerap disajikan sebagai menu sarapan, bersama aneka pendamping yang mampu membuat kamu kenyang lebih lama.

Dalam salah satu kreasi scones, kamu bisa menggunakan bacon dan buttermilk sebagai bahan untuk menciptakan rasa roti yang cenderung gurih. Selain itu, ada pula tambahan tepung, baking powder, mentega, dan telur.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Buttermilk untuk Kecantikan Kulit!

4. Eggplant with buttermilk sauce

5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedapilustrasi eggplant with buttermilk sauce (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Selain ditambahkan ke dalam adonan utama, buttermilk pun cocok untuk dimasak sebagai saus. Bersama yogurt, bawang putih, dan minyak zaitun, kamu akan mendapatkan saus segar yang menggugah selera.

Hidangan utama yang bisa ditemani menggunakan saus tersebut adalah terung ungu. Cukup belah sayur sesuai selera, marinasi menggunakan garam dan lada, lemon, serta daun timi. Kemudian panggang beberapa saat.

5. Buttermilk fried shrimp

5 Kreasi Santapan dengan Buttermilk, Bikin Lembut dan Sedapilustrasi buttermilk fried shrimp (pixabay.com/Erika Tanith)

Olahan berbahan dasar buttermilk selanjutnya bisa dicampurkan dalam adonan pelapis, sehingga rasa makanan menjadi lebih nikmat, gurih, dan lembut. Hidangan yang dimaksud adalah udang goreng.

Dalam membuat makanan ini, sebaiknya pilih udang yang memiliki ukuran kecil atau sedang. Kemudian tambahkan buttermilk ke dalam tepung terigu, bumbu perasa, dan rempah-rempah, lalu goreng udang yang telah diberi pelapis tersebut.

Buttermilk mungkin masih cukup terdengar asing di kalangan pegiat kuliner tanah air, namun fungsinya yang bagus untuk makanan membuat komponen ini sering diperlukan dalam membuat kudapan makin lezat, seperti kelima hidangan di atas.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Ini 5 Manfaat Buttermilk untuk Kecantikan Kulit!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya