Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurna

#RamadanMasaKini Bisa untuk bikin sop buah nih gengs

Buah nanas merupakan salah satu buah yang tumbuh di iklim tropis. Buah berwarna kuning ini berasal dari Brazil, Paraguay, dan Bolivia. Buah ini juga kerap dijadikan rujak, salad, atau campuran sop buah.

Selain itu, buah nanas juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1 yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, sudahkah kamu mengetahui tips untuk memilih nanas yang matang sempurna? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Pilih nanas dengan warna kuning keemasan

5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurnainstagram.com/evisdewi

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, nanas dengan kematangan sempurna memiliki warna kulit yang keemasan. Sedangkan nanas yang belum matang, kulitnya cenderung berwarna kehijauan. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa nanas yang kulitnya tetap berwarna hijau meskipun sudah matang.

2. Pilih nanas dengan mata yang berdekatan

5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurnainstagram.com/teras_mariarumi

Pada kulit nanas, terdapat banyak tambalan bulat yang biasa disebut mata. Mata nanas yang sangat berdekatan, menandakan bahwa nanas sudah sepenuhnya matang. Sedangkan mata nanas yang renggang, menandakan bahwa nanas belum cukup matang.

3. Pilih nanas yang sedikit lebih berat

5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurnainstagram.com/tuti_yogana

Berat dan ringannya nanas juga dapat menentukan tingkat kematangan nanas. Nanas yang berat, biasanya memiliki kualitas daging yang baik. Sedangkan nanas yang ringan, biasanya kandungan airnya hanya sedikit.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Selai Nanas yang Legit dan Harum, Favorit Kamu?

4. Pilih nanas dari aromanya

5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurnainstagram.com/teras_mariarumi

Untuk menentukan tingkat kematangan nanas, kamu bisa mencium bagian bawah nanas. Jika tercium aroma segar, tandanya nanas sudah matang sempurna. Namun jika aromanya seperti cuka, maka tandanya nanas sudah terlalu matang atau busuk.

5. Pilih nanas yang berbentuk bulat penuh

5 Tips Cerdas Memilih Nanas yang Matang Sempurnainstagram.com/family.and.home

Bentuk nanas juga bisa menentukan tingkat kematangan nanas. Nanas dengan bagian bawah yang bulat dan penuh, pertanda bahwa nanas sudah matang. Sedangkan nanas yang masih berbentuk lonjong, menandakan bahwa nanas belum matang sempurna.

Nah, itu dia 5 tips cerdas memilih nanas matang yang sempurna. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Nanas Bagi Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui

Aulia Maharani Photo Community Writer Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You