5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Mulai dari cabai hingga sawi, ada semua lho!

Vitamin C adalah salah satu zat gizi yang berperan sebagai antioksidan dan efektif mengatasi radikal bebas yang dapat merusak sel atau jaringan. Kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang berdampak pada munculnya beberapa jenis penyakit.

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin C, selain dari suplemen kamu juga bisa memperolehnya dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Nah berikut ini 5 sayuran yang bisa kamu konsumsi guna memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu.

1. Cabe hijau

5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!unsplash.com/Melina Yakas

Sayuran yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin C adalah cabai hijau. Dalam 100gram cabai hijau terdapat 120mg vitamin C. Vitamin C pada cabai memiliki fungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh

2. Brussel’s sprout

5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!unsplash.com/Keenan Loo

Sayuran lainnya yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi adalah brussel’s sprout. Sayuran berjenis kecambah yang masuk dalam subspesies kubis ini memiliki kandungam 94mg dalam setiap 100gram sayur. Kandungan vitamin C yang dimiliki brussel sprout dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen.

3. Selada air

5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!unsplash.com/Brooke Lark

Tak banyak yang tau, selada air juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yaitu 77mg dalam setiap 100gram bahan. Vitamin C yang tinggi tersebut mampu berfungsi melindungi beberapa sel molekul seperti, protein, lipid, karbohidrat dan asam nukleat. Selain itu vitamin C dapat menjaga kehamilan, mencegah dari diabetes.

4. Kol kembang

5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!unsplash.com/PHÚC LONG

Kol kembang juga merupakan salah satu sayuran yang bika kamu jadikan sebagai sumber vitamin C. Sebagai sayuran, kol kembang dapat membantu pencernaan, menetralkan zat asam dan memperlancar buang air besar. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam 100gram sayur kol adalah 69mg.

5. Sawi

5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!unsplash.com/Soo Ann Woon

Jenis sayuran berikutnya yang juga mempunyai kandungan vitamin C tinggi adalah sawi. Vitamin C tersebut dapat berfungsi dalam penangkal radikal bebas dalam fasa cair sel dalam sistem peredaran darah. Kandungan vitamin C dalam 100gram sawi adalah 50mg.

Nah itulah lima sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu. Tunggu apa lagi nih, yuk perbanyak konsumsi sayuran!

Baca Juga: Segar dan Kaya Vitamin C, Coba 6 Kue Enak dari Buah Kiwi Ini Yuk!

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You