Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!

Bikin penasaran pengin coba

Berlibur ke negara Senegal tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi berbagai macam hidangan kulinernya yang menggugah selera.

Senegal memang menjadi tujuan favorit bagi para pecinta kuliner di benua Afrika, kaena memiliki makanan dengan perpaduan cita rasa antara masakan Portugis, Timur Tengah, dan Amerika.

Dengan begitu, dapat dipastikan jika hidangan khas Senegal akan cocok di lidah semua orang. Terdiri dari beberapa jenis hidangan mulai dari dessert hingga makanan besar, inilah 5 hidangan khas Senegal yang paling terkenal dan wajib untuk dicoba.

1. Banana glace

5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!banana glace (instagram.com/ginger.plane)

Bahan utama dari pembuatan banana glace adalah pisang yang menjadi salah satu makanan pokok dari masyarakat Senegal. Cara pengolahannya pun cukup mudah, yaitu pisang dipotong-potong menjadi beberapa bagian lalu disiram dengan krim kental dan gula.

Sebagai pelengkap, banana glace sering juga ditambahkan dengan kacang dan beberapa jenis manisan buahan. Dengan cita rasanya yang manis, banana glace sering disajikan untuk hidangan penutup. Sedangkan nama dari makanan ini diambil dari penciptanya, yaitu Glace Mamadou.

2. Bassi salte

5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!bassi salte (instagram.com/lesateliersdeiba)

Dengan cita rasanya yang autentik, bassi salte menjadi salah satu menu makanan paling populer di Senegal. Hidangan ini terbuat dari beberapa bahan utama di antaranya daging kambing dan pasta tomat.

Cara pembuatannya, daging kambing dimasak bersama pasta tomat kemudian dicampurkan dengan potongan ubi jalar, kentang, dan berbagai jenis sayur-sayuran, seperti wortel serta kol.

Selain daging kambing, kamu juga bisa menggunakan daging ayam sebagai pengganti. Bassi salte sangat cocok, jika disajikan bersama sepiring couscous agar lebih kenyang setelah menyantapnya.

Baca Juga: 5 Fakta Bunny Chow, Hidangan Kari di Dalam Roti Khas Afrika Selatan

3. Mulet farci à la Saint-Louisienne

5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!mulet farci à la saint-louisienne (dumplingsandmore.fr)

Untuk orang asing, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan saat mengucapkan nama hidangan ini. Mulet farci à la Saint-Louisienne dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan protein karena terbuat dari ikan.

Sedangkan ikan yang diolah merupakan jenis ikan belanak yang banyak ditemukan di perairan tropis. Cara pembuatannya, tulang ikan dipisahkan dari dagingnya kemudian diisi dengan berbagai bahan dan bumbu, seperti bawang putih, ketumbar, peterseli, dan tomat yang telah dicincang. Setelah itu, proses terakhir adalah pemanggangan di atas loyang panas.

4. Ndambe

5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!ndambe (instagram.com/the_4th_earl_of_sandwich)

Ndambe terbuat dari kacang polong yang telah direbus, setelah itu disiram dengan saus. Sedangkan saus ndambe terbuat pasta tomat yang kemudian dicampur dengan berbagai bumbu-bumbu dapur, lainnya seperti bawang putih, cuka, daun salam, merica, dan garam.

Ndambe termasuk hidangan yang mengenyangkan dan sangat direkomendasikan untuk disajikan dalam keadaan hangat. Biasanya, ndambe juga sering dimakan bersama roti dan couscous.

5. Chicken yasa

5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!Chicken yasa (instagram.com/selfish_on_purpose)

Bagi kamu para penikmat olahan daging ayam, maka chicken yasa menjadi menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Senegal. Hidangan ini sangat dikenal dengan cita rasanya yang kaya akan bumbu.

Untuk proses pengolahan, daging ayam yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian direndam dalam bumbu yang terdiri dari bawang, air jeruk nipis, cuka, dan lain-lain. Setelah itu, daging ayam dipanggang di atas bara api hingga matang.

Nah, itulah beberapa hidangan khas Senegal paling terkenal yang memiliki tampilan menggugah selera. Dengan cara pembuatan yang mudah, kamu juga dapat membuatnya sendiri di dalam rumah.

Baca Juga: 5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! 

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya