Comscore Tracker

5 Jenis Hidangan Khas Denmark yang Paling Populer, Bikin Ngiler!

Lezat dan mengenyangkan!

Denmark menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi favorit para pecinta kuliner di benua Eropa. Di sepanjang jalan kota-kota besar di Denmark seperti Kopenhagen, kamu akan dengan mudah menjumpai berbagai makanan-makanan tradisional yang menggugah selera yang terdapat di restoran hingga warung pinggir jalan.

Dengan porsi yang tidak terlalu besar, beberapa hidangan khas Denmark tersebut sangat cocok dinikmati sambil ditemani minuman seperti teh dan kopi.

Nah, dari sekian banyak jenis hidangan lezat yang dapat kamu nikmati di negara Denmark, inilah lima makanan khas Denmark yang paling populer di kalangan pencinta kuliner, sebagai berikut.

1. Risengrod

5 Jenis Hidangan Khas Denmark yang Paling Populer, Bikin Ngiler!nordicfoodliving.com

Risengrod merupakan hidangan klasik khas Denmark yang bahan utamanya terbuat dari beras. Di Denmark, risengrod diketegorikan sebagai hidangan langka dan mewah yang biasanya disajikan saat perayaan hari Natal.

Cara pembuatan risengrod sebenarnya cukup mudah yakni dengan cara memasak beras khusus berukuran pendek kemudian dicampur dengan susu, garam, dan vanila.

Hidangan ini berbentuk seperti puding beras yang memiliki tekstur kental dan lembut. Untuk menambah kelezatannya, tambahkan juga taburan gula pasir serta kayu manis agar lebih memberikan aroma yang harum.

2. Rugbrod

5 Jenis Hidangan Khas Denmark yang Paling Populer, Bikin Ngiler!tasteatlas.com

Biasa digunakan sebagai bahan pembuat sandwich, rugbrod adalah jenis roti gandum yang memiliki warna hitam. Rugbod disajikan dengan cara diiris tipis-tipis kemudian dioleskan  mentega dan ditambahkan berbagai macam isian seperti ikan, timun, telur, udang, dan mayones.

Jenis roti ini sangat digemari dikarenakan memiliki kandungan lemak rendah yang membuatnya cocok dikonsumsi bagi kamu yang lagi diet.

Robgrod biasanya banyak dijual di supermarket yang ada di negara Denmark dengan berbagai macam variasi di antaranya dark rye bread dan coarse rye bread. 

Baca Juga: 6 Jenis Danish Pastry, Kue Khas Denmark yang Beragam dan Lezat!

3. Polser

5 Jenis Hidangan Khas Denmark yang Paling Populer, Bikin Ngiler!jakli.at

Polser merupakan makanan ringan favorit di kalangan masyarakat Denmark. Hidangan ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1921 dan merupakan makanan cepat saji paling laris.

Dari segi penyajian, polser memiliki tampilan yang mirip dengan makanan khas Amerika yaitu hot dog yang diisi dengan daging sosis, saus tomat, dan mustard. Namun, resep polser tradisional biasanya ditambahkan ketimun, bawang cincang, dan acar.

Masyarakat Denmark sangat suka mengonsumsi polser ditemani dengan minuman bir dingin.

4. Frikadeller

5 Jenis Hidangan Khas Denmark yang Paling Populer, Bikin Ngiler!opskrifter.dk

Frikadeller mirip dengan makanan bakso yang terbuat dari bahan utama yaitu daging sapi giling. Frikadeller merupakan jenis meatballs yang paling disukai oleh masyarakat Denmark selama lebih dari 200 tahun lamanya.

Proses pembuatan frikadeller cukup mudah yakni dengan mencampurkan berbagai bahan seperti daging, tepung, garam, dan bawang lalu dibentuk seperti bola-bola. Sebagai pelengkap, hidangan ini disajikan dengan roti gandum, mustard, dan berbagai jenis sayur-sayuran lainnya.

5. Steak flaesk

5 Jenis Hidangan Khas Denmark yang Paling Populer, Bikin Ngiler!madensverden.dk

Kepopuleran dari steak flaesk tidak perlu diragukan lagi dikarenakan pernah terpilih menjadi ikon utama dari kuliner negara Denmark. Hidangan steak ini sangat mudah sekali ditemukan di banyak restoran yang ada di negara Denmark.

Steak flaesk termasuk jenis hidangan kuno yang telah dikonsumsi oleh masyarakat Denmark selama berabad-abad lamanya. Steak flaesk biasanya disajikan bersama saus peterseli yang kental dan kentang rebus sebagai sumber karbonhidrat yang memberi energi pada tubuh.

Nah, itulah beberapa hidangan khas Denmark paling populer yang wajib untuk kamu coba. Selain memiliki cita rasa yang menggugah selera, hidangan tersebut juga kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 10 Restoran Halal Terbaik di Copenhagen, Denmark Versi Tripadvisor

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya