Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Ceko yang Terkenal Bermutu Tinggi, Rasanya Memesona!

Rasa gurihnya pasti akan bikin kamu ketagihan

Negara Ceko dikenal akan produk-produk olahan susunya yang berkualitas tinggi salah satunya adalah keju. Di beberapa wilayah di Ceko seperti Bohemia hingga Karlovy Vary memiliki produk kejunya masing-masing yang menawarkan cita rasa autentik. Sebagian besar keju tersebut banyak diolah untuk dijadikan makanan dessert dan appetizer yang lezat.

Memiliki bentuk dan tekstur yang beranekaragam serta dijual dengan harga yang sangat terjangkau, inilah lima jenis keju khas Ceko yang paling terkenal kualitasnya.

1. Abertam

5 Jenis Keju Khas Ceko yang Terkenal Bermutu Tinggi, Rasanya Memesona!abertam (instagram.com/juli_pashentseva)

Abertam merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Karlovy Vary. Keju ini terbuat dari susu domba dan dibutuhkan waktu selama dua bulan untuk proses pematangannya. Dari segi tampilan, abertam memiliki tekstur yang padat dan kulit luar berwarna kuning pucat. Selain itu, abertam dikenal akan rasanya yang asam serta aroma yang menyengat.

Dapat meleleh dengan sempurna membuat keju ini sangat cocok untuk diolah ke berbagai jenis hidangan panggang. Abertam dijual berbentuk roda dan sangat mudah sekali dijumpai di pasar hingga supermarket di Ceko. 

2. Jihoceska zlata niva

5 Jenis Keju Khas Ceko yang Terkenal Bermutu Tinggi, Rasanya Memesona!jihoceska zlata niva (instagram.com/juli_pashentseva)

Kepopuleran peternakan sapi di Bohemia membuat daerah tersebut memiliki berbagai produk olahan susu sapi berkualitas tinggi dan salah satunya adalah jihoceska zlata niva. Keju ini merupakan jenis keju biru yang memiliki cita rasa asin dan aromatik.

Seperti jenis keju biru pada umumnya, jihoceska zlata niva memiliki warna pucat dan terdapat urat-urat berwarna biru di sekitarnya.

Jihoceska zlata niva biasanya dijual dalam ukuran besar yang beratnya bisa mencapai 2,8 kilogram. Keju ini dapat kamu nikmati secara langsung sambil ditemani segelas wine.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Ostrava-Ceko, Didominasi Bangunan Bersejarah

3. Jihoceska niva

5 Jenis Keju Khas Ceko yang Terkenal Bermutu Tinggi, Rasanya Memesona!jihoceska niva (instagram.com/thecheeseexplorer)

Jihoceska niva memang lebih terkenal jika dibandingkan jihoceska zlata niva walaupun kedua produk keju ini berasal dari wilayah yang sama yaitu Bohemia.

Jihoceska niva diproduksi sejak tahun 1951 yang terbuat dari susu sapi berkualitas. Memiliki tekstur yang lembut membuat keju ini cocok untuk dioles di atas roti atau biskuit dan dapat juga diolah ke berbagai jenis hidangan dessert yang lezat.

Dari segi penampilan, jihoceska niva memiliki warna krem serta terdapat garis-garis berwarna biru dan hijau.

4. Olomoucke tvaruzky

5 Jenis Keju Khas Ceko yang Terkenal Bermutu Tinggi, Rasanya Memesona!olomoucke tvaruzky (instagram.com/jdetodolu)

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan berat badan, maka olomoucke tvaruzky sangat aman untuk dikonsumsi dikarenakan keju ini tidak mengandung lemak. Dari segi bentuk dan tekstur, olomoucke tvaruzky memiliki warna keemasan dengan tekstur yang rapuh seperti lilin.

Dibutuhkan proses yang cukup rumit dan panjang untuk membuat keju ini karena susu harus diolah terlebih dahulu menjadi dadih kemudian dimatangkan selama berbulan-bulan. Selain itu, olomoucke tvaruzky dikenal akan aromanya yang sangat menyengat namun memiliki rasa yang lezat.

5. Hermelin

5 Jenis Keju Khas Ceko yang Terkenal Bermutu Tinggi, Rasanya Memesona!Hermelin (instagram.com/foodforfoster)

Hermelin memiliki kulit luar berwarna putih dengan tekstur semi-keras. Masyarakat Ceko biasanya menyantap hermelin untuk dijadikan camilan sambil dinikmati dengan segelas bir.

Namun yang menjadi keunikan dari penyajian keju ini adalah sebelum dikonsumsi, keju hermelin direndam terlebih dahulu di dalam minyak yang telah dicampurkan bawang putih dan bawang merah kemudian disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari. Dengan begitu kamu dapat menikmati keju dengan sensasi rasa yang berbeda.

Nah, itulah beberapa keju khas Ceko yang memiliki rasa dan tampilan yang beranekaragam. Produk keju tersebut juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi kamu yang berkunjung ke negara Ceko.

 

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya