Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Hungaria yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba!

Rasa, aroma, dan teksturnya sangat bervariasi

Masyarakat Hungaria dikenal gemar sekali mengonsumsi keju yang membuat negara ini banyak sekali memproduksi berbagai jenis keju. Hal ini dapat dibuktikan dari hidangan kuliner di Hungaria didominasi oleh makanan yang berbahan dasar keju.

Secara kualitas, keju khas Hungaria mempunyai mutu yang sama dengan negara penghasil keju di Eropa lainnya seperti Italia, Prancis, dan Swiss.

Diolah dengan menggunakan teknik khusus serta membutuhkan waktu produksi yang bervariasi, inilah lima jenis keju khas Hungaria yang paling terkenal.

1. Ranolder

5 Jenis Keju Khas Hungaria yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba!Ranolder (instagram.com/sumegtej)

Ranolder merupakan jenis keju tradisional yang berasal dari wilayah Veszprem. Keju ini terbuat dari susu sapi yang telah melalui tahap pasteurisasi secara khusus oleh sebuah perusahaan susu yang terletak di pedesaan kecil. Akan tetapi, jenis keju ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjaga berat tubuh.

Untuk proses pematangan, keju ini membutuhkan waktu selama tujuh bulan sebelum dijual. Ranolder dikenal dengan teksturnya yang keras serta aroma seperti susu.

2. Balaton

5 Jenis Keju Khas Hungaria yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba!Balaton (instagram.com/balatonikor_official)

Pemberian nama keju balaton diambil dari sebuah danau yang paling terkenal di negara Hungaria yaitu Danau Balaton. Keju ini mempunyai kulit luar yang tipis dan berminyak. Sedangkan tekstur dari balaton sangat padat dan keras serta terdapat lubang-lubang kecil pada bagian dalamnya. Hal inilah yang membuatnya banyak digunakan pada jenis hidangan panggang karena dapat meleleh dengan sempurna.

Balaton memiliki rasa yang sedikit asam dengan aroma yang tidak terlalu menyengat. Keju ini masih diproduksi dengan peralatan yang terlihat tradisional.

Baca Juga: 9 Fakta Dobos Torte, Dessert Manis nan Lezat dari Hungaria   

3. Rogos turo

5 Jenis Keju Khas Hungaria yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba!Rogos turo (instagram.com/tejsziv)

Rogos turo dikenal dengan aromanya yang fresh dan wangi seperti buah. Dari segi tampilan, keju ini memiliki warna putih kekuningan dengan tekstur lembut serta rasa asam yang segar. Kelezatan dari keju ini membuatnya banyak diekspor ke berbagai negara di benua Eropa terutama Jerman.

Rogos turo dibuat dari campuran susu sapi, cream, dan asam laktat. Di pasaran, rogos turo dibanderol dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis keju khas Hungaria lainnya.

4. Lajta

5 Jenis Keju Khas Hungaria yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba!Lajta (instagram.com/beermagazin)

Lajta mempunyai tekstur yang creamy dan lembut dengan aroma yang menyengat akan tetapi memiliki cita rasa yang lezat. Sedangkan untuk proses pembuatan, lajta terbuat dari susu sapi mentah dan membutuhkan waktu pematangan selama 4-6 minggu.

Keju ini dicetak dalam bentuk persegi panjang dengan ciri khas terdapat banyak lubang-lubang kecil di dalamnya. Biasanya lajta dibungkus dengan kertas warna emas sehingga terkesan lebih premium.

5. Panarella

5 Jenis Keju Khas Hungaria yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba!Panarella (instagram.com/goddard_page_cheese)

Dengan cita rasanya yang manis, membuat panarella sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat Hungaria. Sama dengan jenis keju lajta, panarella juga membutuhkan waktu pematangan yang cukup singkat yakni 6 minggu.

Dari segi tampilan, keju ini mempunyai warna putih dan kulit luar yang terlihat keriput serta tekstur cukup keras. Kepopuleran dari paranella membuatnya pernah meraih penghargaan dalam beberapa kontes keju yang diselenggarakan di benua Eropa.

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Hungaria yang paling terkenal. Mengunjungi negara Hungaria memang tidak lengkap rasanya jika belum mencoba produk-produk kejunya yang berkualitas tinggi.

 

Baca Juga: 5 Trivia Keju Vegan, Keju Alternatif dari Tumbuhan yang Dairy Free!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya