Comscore Tracker

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem Imun

Bikin tubuh jauh dari radikal bebas dan virus corona

Beberapa bulan ini seluruh dunia digemparkan dengan virus corona yang mematikan. Pada awalnya virus ini dinyatakan belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan. Tapi kini, seperti yang diungkapkan oleh WHO (World Health Organization) virus ini akan hilang dengan sendirinya dan jauh dari tubuh, asal kamu memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang tinggi dan sehat. 

Nah tak perlu bingung, kamu bisa meningkatkan imunitas dengan konsumsi makanan yang bernutrisi setiap harinya. Berikut ini beberapa daftarnya.

1. Sayur bayam

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPexels.com/Jacqueline

Sayur bayam memiliki kandungan folat, Vitamin A, C, serat dan magnesium yang tinggi. Nutrisi yang terdapat dalam bayam mampu meningkatkan kekebalan tubuh 100 kali lebih efektif. Selain itu, bayam juga mampu memberi nutrisi tubuh yang diperlukan untuk pembelahan sel dan perbaikan DNA. 

Nah untuk mendapatkan secara keseluruhan vitamin dan nutrisi, disarankan masak bayam jangan terlalu matang. Sebaiknya didihkan air terlebih dahulu menggunakan garam. Setelah mendidih, masukkan sayur bayam dan diamkam 2 menit. Setelah itu taruh ke satu wadah, sayur bayam bisa langsung dikonsumsi.

Jika ingin mengonsumsi mentah, sayur bayam menjadi salah satu jenis sayur yang paling recomended untuk dijadikan salad. 

2. Jamur

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPexels.com/Pixabay

Jamur kaya akan vitamin B, polisakarida, dan selenium seperti riboflavin dan niasin. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang memberikan sistem kekebalan tubuh bekerja dalam kondisi efektif.

Disarankan, untuk menyerap vitamin secara keseluruhan sebaiknya mengolah jamur dengan cara direbus. Ketika direbus kandungan polisakarida mampu lebih cepat meningkatan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa mengolah jamur dengan cara ditumis. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan rasa jamur yang gurih. 

3. Ubi jalar

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPixabay.com/Beverly Buckley

Selain bebas kolesterol dan lemak, ubi jalar memberikan 120% vitamin A dan 30% vitamin C. Di mana ke dua vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara cepat. 

Karena bebas kolesterol, mengonsumsi ubi jalar setiap harinya akan menyeimbangkan porsi serat yang menyehatkan tubuh. Mengonsumsi 4 kali dalam seminggu, kandungan vitamin dalam ubi jalar akan bekerja secara cepat. 

Baca Juga: 10 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari agar Tak Mudah Kena Virus Berbahaya

4. Brokoli

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPixabay.com/Shutterbug75

Brokoli menyimpan banyak vitamin, mulai dari Vitamin C, Vitamin B (B1. B2, V3 dan B6). Selain itu brokoli juga tinggi kalium, magnesium, dan zat besi yang secara bersamaan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. 

Ketika mengolah brokoli, disarankan untuk tidak memasak terlalu matang. Untuk menyerap secara keseluruhan vitamin dan nutrisi, sebaiknya masak brokoli selama 5 menit. 

5. Sup ayam

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPixabay.com/Jason Goh

Sup ayam merupakan makanan favorit banyak orang.

Nah siapa sangka, sup ayam ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi flu lebih cepat. Ketika terserang flu, virus menyerang jaringan saluran pernapasan dan tubuh merespon dengan memicu peradangan. Peradangan ini akhirnya memberi sinyal pada sel darah putih yang akhirnya merangsang produksi lendir. Sup ayam pun mampu menghentikan pergerakan sel darah putih sehingga menghambat lendir yang mengakibatkan flu.

Sudah terserang flu? Tak perlu khawatir, kamu harus tetap mengonsumsinya. Sup ayam mampu mengencerkan lendir dan mengeluarkan keseluruhan virus dalam tubuh. 

6. Ekstrak Jahe

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPixabay.com/Ajale

Ketika virus corona sampai ke Indonesia, Kemenkes (Kementerian Kesehatan) langsung menginformasikan bahwa rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan kayu manis menjadi salah satu obat untuk menjauhkan diri dari virus. 

Senyawa antioksidan yang terdapat dalam jahe bisa berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika metabolisme tubuh terinfeksi virus dan racun, senyawa antioksidan dari jahe bisa memadamkan dan menghilangkan semua virus tersebut. Selain itu, jahe juga mampu membunuh radikal bebas dan membantu melindungi diri dari kanker, radang sendi dan flu.

Caranya mengolah jahe sangat mudah, cukup parut atau geprek jahe kemudian rendam dalam air panas. Konsumsilah air jahe setiap pagi untuk hasil yang lebih maksimal.

Jahe parut yang dijadikan bumbu masak juga mampu berkhasiat membunuh bakteri dan virus jahat seperti corona.

7. Jus buah delima

Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem ImunPixabay.com/Michael Tavrionov

Dari hasil penelitian laboratorium, buah delima dipercaya sebagai penghambat masuknya virus seperti H7, salmonella, herpes dan flu. Buah delima merupakan buah yang mengandung ratusan biji yang bisa dikonsumsi. Biji buah delima ini sering disebut arils yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan senyawa tanaman bioaktif. 

Karena kandungan vitamin yang sangat memadai, mengonsumsi buah delima juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Namun kamu harus tahu, buah delima juga mengandung banyak gula jadi untuk mengonsumsinya cukup 3 kali sehari bagi kamu yang punya kasus penyakit kolesterol. 

Yuk, tangkal virus dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh!

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Kulit, Ada Kesukaanmu?

Cahaya Padang Photo Verified Writer Cahaya Padang

We have only today, Let us begin!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya