Comscore Tracker

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolak

Penggemar makanan manis pasti suka

Dessert adalah makanan penutup yang identik dengan cita rasanya yang manis. Tak hanya disajikan dingin, dessert juga ternyata cocok disajikan hangat, lho.Aapalagi kalau dinikmatinya di tengah cuaca dingin.

Nah, salah satu teknik pembuatan dessert adalah dengan cara digoreng atau deep-fried. Dessert yang diolah dengan cara ini biasanya lebih cocok disantap ketika masih hangat karena teksturnya masih terjaga. Teknik mengolah dessert dengan cara ini juga banyak ditemukan di berbagai negara di dunia seperti Indonesia, Italia, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

Penasaran 'kan dessert goreng apa saja yang ada di negara-negara yang dimaksud? Kalau begitu, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

1. Fried ice cream

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi fried ice cream (instagram.com/cookiesandcups)

Fried ice cream atau es krim goreng adalah hidangan penutup yang asal-usulnya masih diperdebatkan hingga saat ini. Beberapa sumber mengatakan dessert ini berasal dari Amerika Serikat, tetapi tak sedikit juga sumber yang mengatakan bahwa sejarah makanan ini erat kaitannya dengan tempura khas Jepang.

Satu hal yang pasti, cita rasa yang manis dan creamy dari fried ice cream serta teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam membuat makanan ini sulit untuk ditolak.

2. Pisang goreng

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi pisang goreng (instagram.com/xiilaaa)

Pisang goreng adalah dessert sederhana khas Indonesia. Makanan ini umumnya disantap sebagai menu sarapan atau sebagai camilan.

Pisang goreng paling nikmat disantap bersama segelas teh atau kopi hangat. Makanan ini mirip maruya khas Filipina.

3. Leche frita

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi leche frita (instagram.com/roberto_ottini)

Leche frita adalah dessert sederhana dari Spanyol. Kalau di Indonesia, makanan ini disebut susu goreng. Rasanya manis dan cocok disajikan bersama sesendok es krim.

Bahan-bahan untuk membuat leche frita terdiri dari tepung serbaguna, tepung maizena, susu, gula, telur, dan minyak zaitun.

4. Yakgwa

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi yakgwa (instagram.com/abckorea.official)

Yakgwa adalah dessert khas Korea Selatan berupa kukis goreng yang dicelupkan ke dalam sirup madu. Bentuknya yang khas menyerupai bunga membuat makanan ini mudah dikenali.

Melansir the spruce eats, yakgwa lebih umum disajikan sebagai dessert daripada sebagai camilan sehari-hari.

5. Struffoli

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi struffoli (instagram.com/bigboxveganeats)

Dessert satu ini adalah dessert yang dipercaya oleh beberapa orang dapat membawa keberuntungan. Makanan ini terbuat dari bola-bola adonan yang digoreng dan direndam dalam sirup atau madu.

Struffoli sendiri adalah dessert khas Italia yang umumnya disajikan saat Natal dengan taburan meses warna-warni.

6. Malasadas

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi malasadas (instagram.com/tidepoolskauai)

Malasadas adalah donat khas Portugal yang terbuat dari adonan ragi, telur, tepung terigu, mentega, gula, dan susu. Setelah digoreng hingga matang, malasadas akan diberikan taburan gula pasir atau bubuk kayu manis.

Selain di Portugal, malasadas juga sangat populer di Hawaii. Hal ini karena adanya migrasi pekerja dari Portugal di abad ke-19.

Baca Juga: 5 Kreasi Dessert berbahan Brownies, Upgrade biar Makin Yummy!

7. Deep-fried Mars bar

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi deep-fried Mars bars (instagram.com/suzybrassey)

Deep-fried mars bar adalah dessert yang terbuat dari cokelat Mars yang dibalut dengan adonan dari campuran susu, tepung terigu, dan telur, yang kemudian dimasak dalam minyak panas. Makanan ini diklaim sebagai dessert khas Skotlandia.

Walaupun deep-fried mars bar mungkin terasa lezat bagi sebagian orang, sangat tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi dessert ini dalam jumlah yang berlebihan mengingat kandungan lemaknya yang tinggi.

8. Strauben

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi strauben (instagram.com/francescarollo)

Dessert satu ini adalah dessert khas Austria yang terbuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, garam, dan white wine. Cara memasaknya adalah dengan menuangkan adonan sedikit demi sedikit ke dalam wajan berisi minyak panas. Setelah matang, strauben umumnya diberikan taburan gula bubuk.

Di Amerika Serikat terdapat dessert serupa dengan nama funnel cake.

9. Mandazi

9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolakilustrasi mandazi (instagram.com/dinewithdina)

Dessert terakhir ini datang dari Afrika. Yup, mandazi namanya. Dessert ini terbuat dari adonan berbahan gula, tepung terigu, air, ragi, dan susu atau santan.

Mandazi juga biasa disajikan dengan taburan gula bubuk atau bubuk kayu manis di atasnya. Melansir tasteatlas, makanan ini sangat populer di Tanzania, Uganda, dan Kenya.

Sangat menggugah selera bukan sembilan dessert di atas? Walaupun demikian, tetap tidak boleh mengonsumsi berlebihan ya karena kandungan gulanya yang tinggi.

 

Baca Juga: 5 Kafe Hits dengan Dessert Terbaik di Singapura, Awas Ngiler!

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya