Comscore Tracker

5 Makanan Populer Khas Uruguay, Perpaduan Kuliner Berbagai Negara

Sudah pernah cobain lima makanan ini?

Kita semua pasti sudah pernah dengar nama negara satu ini sebelumnya. Yup, Uruguay, negara seluas 181,034 km persegi yang membentang di bagian selatan wilayah Amerika Selatan. Ada berbagai makanan populer khas Uruguay yang recommended banget.

Di negara ini, selain dapat menemukan tempat-tempat wisata menarik, kamu juga dapat menemukan berbagai kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan, lho.

Uniknya, kuliner Uruguay ternyata cukup banyak dipengaruhi banyak negara, seperti Spanyol, Italia, Portugal, dan Prancis. Nah lho, semakin penasaran 'kan dengan kuliner khas negara satu ini? Kalau begitu, langsung saja kepoin lima makanan populer khas Uruguay berikut ini, yuk!

1. Chajá

5 Makanan Populer Khas Uruguay, Perpaduan Kuliner Berbagai Negarailustrasi chaja (instagram.com/pastry_tales)

Siapa sih yang tidak akan suka dengan kue manis yang lembut dan creamy, serta memiliki potongan buah segar di atasnya? Mendengarnya saja sudah bikin ngiler ya. Nah, Uruguay ternyata punya kue seperti itu, lho. Namanya adalah chajá. Kue tradisional Uruguay yang terdiri dari lapisan sponge cake lembut dan krim kocok manis yang dibaluri dengan meringue renyah di sekelilingnya, kemudian diberikan topping potongan buah persik di atasnya.

Kue ini diciptakan oleh seorang pemilik toko pastry di Paysandú yang bernama Orlando Castellano. Ia menamai kue ciptaannya dengan nama chajá karena kue tersebut mengingatkannya kepada salah satu spesies burung lokal dengan nama serupa.

2. Chivito

5 Makanan Populer Khas Uruguay, Perpaduan Kuliner Berbagai Negarailustrasi chivito (instagram.com/que.paladar)

Dari sekian banyak hidangan yang dimiliki Uruguay, chivito merupakan salah satu yang paling populer. Hidangan ini bahkan kerap disebut sebagai hidangan nasional dari negara tersebut. Chivito sendiri adalah sandwich yang isiannya terdiri dari irisan churrasco (daging sapi panggang), irisan daging ham, bacon, irisan tomat segar, beberapa lembar daun selada, lelehan keju mozzarella, dan juga telur mata sapi.

Mengonsumsi chivito saja sebenarnya sudah cukup mengenyangkan, tetapi jika ingin menyantapnya dengan makanan pelengkap, seporsi kentang goreng atau salad kol bisa jadi pilihan yang pas.

Baca Juga: 5 Dessert Klasik Khas Uruguay yang Wajib Dicoba, Manis Banget! 

3. Garrapiñada

5 Makanan Populer Khas Uruguay, Perpaduan Kuliner Berbagai Negarailustrasi garrapiñada (instagram.com/aldcocina)

Garrapiñada merupakan sejenis camilan yang terbuat dari kacang panggang yang dimasak dalam campuran air, gula, dan juga vanilla essence. Untuk membuat garrapiñada, mula-mula masak kacang dengan gula dan air dengan api sedang selama 8 menit. Setelahnya, masukkan vanilla essence dan aduk kembali.

Setelah gula mengkristal, besarkan api hingga gula meleleh dan melapisi kacang dengan sempurna. Terakhir, matikan api dan letakkan kacang yang telah dimasak di atas papan kayu yang telah diminyaki. Tunggu hingga lapisan karamel mengeras dan garrapiñada pun siap disantap.

Jenis kacang yang umumnya digunakan untuk membuat makanan ini adalah kacang tanah, tetapi kamu dapat menggunakan kacang almond atau walnut sebagai substitusinya. Di Uruguay dan Argentina, makanan ini telah menjadi street food yang sangat populer. Para pedagang yang menjual makanan ini biasanya disebut sebagai garrapiñeros.

4. Torta pascualina

5 Makanan Populer Khas Uruguay, Perpaduan Kuliner Berbagai Negarailustrasi torta pascualina (instagram.com/legalmentesaludable)

Torta pascualina adalah hidangan khas Italia berupa pai dengan isian keju, daun bayam, Swiss chard, arugula, dan telur. Walaupun berasal dari Italia, hidangan ini kini telah populer di Uruguay dan Argentina berkat kedatangan para imigran Italia pada awal abad ke-20.

Di Italia, torta pascualina umumnya disajikan selama libur Paskah. Sementara di Uruguay, pai ini dapat dikonsumsi sepanjang tahun. Menemukan makanan ini di Uruguay bukanlah hal yang sulit. Kamu dapat menemukannya di toko-toko roti, kafe, ataupun di warung-warung kaki lima.

5. Churros with dulce de leche

5 Makanan Populer Khas Uruguay, Perpaduan Kuliner Berbagai Negarailustrasi churros with dulce de leche (instagram.com/bobsredmill)

Churros yang renyah di luar dan lembut di dalam dipadukan dengan saus dulce de leche yang manis yang creamy. Inilah churros with dulce de leche. Makanan yang tak hanya populer di Spanyol dan Portugal, tetapi juga di negara-negara Amerika Selatan, termasuk Uruguay.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari dua komponen, yaitu churros dan saus dulce de leche. Churros sendiri adalah camilan yang terbuat dari adonan pastry yang digoreng memanjang. Sementara dulce de leche adalah panganan yang terbuat dari gula dan susu, atau juga dengan kental manis.

Dari dessert manis hingga sandwich yang mengenyangkan. Semuanya dapat kamu temukan di Uruguay. Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi kelima hidangan di atas, ingat selalu untuk mengonsumsinya sesuai porsi, ya!

Baca Juga: 5 Street Food Populer Khas Uruguay, Menggoda Banget!  

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer | deleanour@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya