Comscore Tracker

Bukan Cuma Daging, 5 Buah Ini Juga Mengandung Protein

Bisa jadi alternatif untuk kamu yang vegetarian

Protein merupakan bahan kimia yang dibutuhkan oleh hampir semua bagian tubuh. Karenanya, mencukupi kebutuhan protein adalah hal yang sangat penting.

Umumnya, kita mendapatkan protein dari sumber hewani, seperti daging, ikan, dan telur. Akan tetapi, sebenarnya kita juga bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi buah-buahan. Walaupun kandungan protein dalam buah tidak sebanyak protein dalam produk hewani, konsumsi buah-buahan ini dapat membantu meningkatkan asupan protein harian. 

Apa sajakah buah yang mengandung protein? Berikut penjelasannya.

1. Jambu biji

Bukan Cuma Daging, 5 Buah Ini Juga Mengandung Proteinunsplash.com/Jethro Carullo
Jambu biji adalah buah yang memiliki kulit kuning atau hijau dengan daging buah yang warnanya berkisar dari putih hingga merah muda. Jambu biji telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Studi penelitian dalam Pharmacognosy Reviews menemukan bahwa makan buah jambu biji mengurangi risiko penyakit tidak menular, seperti menurunkan gula darah, memperbaiki diabetes, dan menurunkan kolesterol secara keseluruhan sekaligus meningkatkan jenis kolesterol baik.
 
Jambu stroberi adalah varietas jambu biji yang memiliki ciri kulit merah dan mengandung lebih banyak protein. Dalam satu cangkir jambu biji terdapat 4,21 gram protein. Sementara, dalam satu cangkir jambu stroberi mengandung 6,22 gram protein.
 

2. Delima

Bukan Cuma Daging, 5 Buah Ini Juga Mengandung Proteinunsplash.com/Laura
Delima adalah sumber vitamin C, serat, folat, dan vitamin K. Penelitian dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity  mengungkapkan bahwa delima memberikan efek perlindungan pada DNA dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat kanker atau stres oksidatif. Yang lebih menarik lagi, jus buah delima memiliki kapasitas antioksidan 300 persen lebih besar dari teh hijau dan anggur merah.
 
Selain itu, delima juga mengandung protein. Adapun, satu cangkir delima mengandung sekitar 3 gram protein.

Baca Juga: 5 Manfaat Tersembunyi Buah Nanas untuk Kesehatan Rambut

3. Kelapa

Bukan Cuma Daging, 5 Buah Ini Juga Mengandung Proteinunsplash.com/Free To Use Sounds

Kelapa telah mendapatkan popularitas sebagai obat untuk berbagai penyakit dan telah dibuktikan dengan banyak penelitian. Sifat antioksidan dalam kelapa bermanfaat untuk melawan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Penelitian dalam Brazilian Journal of Medical and Biological Research menunjukkan bahwa kelapa dapat menenangkan sistem saraf pusat dan mencegah kejang. Kelapa juga melindungi dari infeksi bakteri dan virus. 

Kelapa juga bisa menjadi sumber protein nabati karena satu cangkir daging kelapa parut segar mengandung 2,66 gram protein.

4. Blackberry

Bukan Cuma Daging, 5 Buah Ini Juga Mengandung Proteinunsplash.com/Nick Sarro
Blackberry merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi, salah satunya protein. Satu cangkir blackberry mengandung sekitar 2 gram protein.
 
Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Sciences menjelaskan blackberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Blackberry mengandung banyak antioksidan, termasuk antosianin, flavonol, dan asam ellagic. Senyawa ini secara efektif mengumpulkan dan membersihkan radikal bebas yang muncul sebagai produk limbah dalam proses biologis, yang pada gilirannya menjaga fungsi sel dengan melindunginya dari kerusakan.

5. Labu

Bukan Cuma Daging, 5 Buah Ini Juga Mengandung Proteinunsplash.com/Karalina S

Studi yang diterbitkan di jurnal Molecules membahas berbagai khasiat obat dari labu. Misalnya, labu dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes dan memperbaiki sindrom metabolik. Cucurbitacins, senyawa spesifik yang ditemukan dalam labu, memblokir jalur molekuler tertentu yang bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan kanker dan tumor.

Bahkan, labu yang dijual dalam bentuk kalengan tetap memiliki nutrisi penting, agen antiinflamasi, hingga protein. Dalam setengah cangkir labu kalengan mengandung 2 gram protein.

Nah, ternyata protein tidak hanya bisa ditemukan di dalam daging saja, melainkan juga buah-buahan. Jadi, untuk kamu yang sedang mencari alternatif sumber protein selain daging, kamu bisa perbanyak konsumsi buah-buahan di atas.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Mangga yang Matang dan Manis, Mudah Banget!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya