Comscore Tracker

Bebas Bau, Ini 5 Buah yang Dapat Membuat Kamu Jadi Lebih Harum

Bisa segarkan mulut maupun tubuh

Kadang, kita mengalami masalah bau yang kurang segar dan ini sebenarnya adalah hal yang normal. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi bau tubuh maupun mulut, salah satunya makanan. Beberapa makanan dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, seperti bawang, daging, dan beberapa jenis karbohidrat. Sebaliknya, beberapa makanan lainnya mampu membuat badan dan napas menjadi lebih segar.

Buah merupakan salah satu makanan yang ampuh untuk menyegarkan aroma kulit maupun mulut. Untuk tahu buah apa saja yang dapat membuatmu menjadi lebih harum, simak penjelasan di bawah ini.

1. Apel

Bebas Bau, Ini 5 Buah yang Dapat Membuat Kamu Jadi Lebih Harumunsplash.com/Krishnam Moosaddee

Konsumsi satu butir apel setiap hari bukan hanya mampu mencegah berbagai macam penyakit tapi juga ampuh dalam memerangi bau mulut. Ini karena apel memiliki sifat detergen alami, menurut laman Eat This Not That. Selain itu, aktivitas menggigit apel juga dapat membuat plak menjauh dari gigi serta bahan makanan apa pun yang dapat menyebabkan bakteri di sela-sela gigi.

2. Jeruk

Bebas Bau, Ini 5 Buah yang Dapat Membuat Kamu Jadi Lebih Harumunsplash.com/Bruna Branco

Jeruk bukan hanya makanan yang menyegarkan tapi juga dapat membantu mengatasi bau pada kulit. Dilansir laman Women's Day, ini karena asam dalam buah jeruk membantu menyiram air ke seluruh tubuh. Karena jeruk juga mengandung serat, buah akan bergerak melalui sistem pencernaan secara perlahan dan membuang racun yang berkontribusi pada bau badan.

Jadi, jika kamu ingin tubuh menjadi lebih wangi, mulailah makan jeruk saat sarapan atau sebagai pencuci mulut.

Baca Juga: Resep Selai Stroberi untuk Teman Menyantap Roti di Rumah

3. Ceri

Bebas Bau, Ini 5 Buah yang Dapat Membuat Kamu Jadi Lebih Harumunsplash.com/svklimkin

Ceri dapat menghilangkan bau mulut dengan menghancurkan bau metil merkaptan, sejenis gas bau yang dikeluarkan oleh penumpukan bakteri mulut. Penelitian ini dipresentasikan oleh ahli gizi sekaligus penulis buku The Best Things You Can Eat yang mengklaim bahwa makanan penghancur metil merkaptan mampu memecah bau gas yang ditimbulkan oleh perkembangan bakteri mulut.

Intinya, ceri mampu memecah gas dan membantu mencerna makanan yang menyebabkan bau busuk secara efektif.

4. Melon

Bebas Bau, Ini 5 Buah yang Dapat Membuat Kamu Jadi Lebih Harumpexels.com/alleksana

Bakteri tidak dapat tumbuh subur di lingkungan yang kaya vitamin C. Penelitian dalam jurnal Nutrients menyimpulkan bahwa banyak peneliti terdahulu yang menunjukkan bahwa vitamin C mampu mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan protozoa.

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Buah ini juga memiliki kandungan air yang tinggi, yang menghidrasi mulut dan menjauhkan bakteri. Selain mengatasi bau tak sedap akibat infeksi bakteri, melon juga membantu melawan radang gusi.

5. Stroberi

Bebas Bau, Ini 5 Buah yang Dapat Membuat Kamu Jadi Lebih HarumUnsplash.com/Alexander Mils

Seperti banyak buah lainnya, stroberi memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah mulut kering. Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga membantu menciptakan lingkungan yang tidak disukai bakteri dan kuman di mulut. Selain itu, menurut laman Eat This Not That, stroberi juga mempercepat proses penyembuhan di mulut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, kalau kamu ingin menyegarkan aroma tubuh maupun mulut, perbanyak konsumsi buah-buahan ini, ya!

Baca Juga: Bukan Hanya Jeruk, 7 Buah Ini Juga Banyak Mengandung Vitamin C

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya