Comscore Tracker

Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi setelah Berolahraga

Bikin olahraga jadi sia-sia

Setelah melakukan olahraga yang intens, kamu pasti merasa perlu mengembalikan tenaga dan ingin makan sesuatu yang memuaskan. Tapi, meskipun kamu telah membakar sekian kalori selama berolahraga, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan pasca olahraga.

Kamu membutuhkan makanan khusus pasca-latihan untuk memulihkan energi, membangun otot, dan meningkatkan metabolisme, dan makan makanan yang salah dapat membuat kerja keras yang kamu lakukan menjadi sia-sia. Jadi, penting untuk mengetahui apa saja makanan yang perlu dihindari setelah berolahraga.

Dikutip dari laman Eat This Not That dan Byride, inilah beberapa makanan yang perlu dihindari setelah berolahraga.

1. Makanan pedas

Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi setelah Berolahragapexels.com/Lovefood Art

Makanan pedas sulit dicerna dan kamu sebaiknya menghindari makanan pedas setelah berolahraga. Sebab, saat berolahraga, tubuh melakukan pekerjaan besar, dan saat istirahat berarti tubuh dalam kondisi perbaikan.

Makanan yang dibutuhkan tubuh usai menjalani latihan fisik adalah makanan yang mudah dicerna, protein, dan sedikit gula untuk mengembalikan tingkat energi.

2. Sayuran mentah

Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi setelah Berolahragapixabay.com/RitaE

Sayuran dikenal sebagai pilihan yang bagus untuk menjaga kesehatan. Tapi, ternyata sayuran mentah tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Ini bukan masalah nilai gizi dalam sayuran. Hanya saja, setelah latihan yang berat, tubuh membutuhkan kalori, karbohidrat berkualitas tinggi, dan protein. Jika kamu mengisi sayuran mentah yang mengecilkan perut dan membuat kamu merasa kenyang dengan sangat cepat, kamu tidak akan mendapatkan nutrisi dan kalori sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan setelah olahraga.

Baca Juga: 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes, Lebih Sehat Lho

3. Permen

Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi setelah Berolahragaunsplash.com/Joanna Kosinska

Makan apa pun yang akan menyebabkan kenaikan dan penurunan energi secara signifikan adalah hal yang dilarang setelah berolahraga. Artinya, kamu harus menghindari gula rafinasi, seperti yang ditemukan dalam permen.

Permen tidak menyediakan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk segera pulih setelah berolahraga. Sebaliknya, yang terbaik adalah mengonsumsi smoothie dengan protein setelah latihan. Ini tidak hanya akan membuat kamu kenyang, tapi juga menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk memperbaiki otot dan mempercepat waktu pemulihan.

4. Makanan berlemak tinggi

Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi setelah Berolahragaunsplash.com/Silvia Yohani

Makanan tinggi lemak, baik itu lemak sehat seperti minyak kelapa, atau lemak jahat seperti pada gorengan bukanlah makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Sebab, makan lemak setelah latihan memperlambat pencernaan tubuh.

Lebih lanjut, dibutuhkan sembilan kalori energi bagi tubuh untuk mencerna satu gram lemak. Hal ini tentunya akan membuat olahraga yang kamu lakukan berpotensi menjadi sia-sia.

5. Soda

Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi setelah Berolahraganypost.com

Minuman bersoda mungkin terasa menyegarkan dan nikmat jika diminum setelah berolahraga. Namun, kamu tidak boleh minum soda setelah berolahraga.

Sebab, tubuh memerlukan hidrasi setelah sesi olahraga yang menguras tenaga, dan soda tidak akan membuat tubuh terhidrasi. Sebaliknya, soda justru bersifat diuretik yang mungkin akan menyebabkan tubuh mengalami gejala dehidrasi. Ditambah, soda bisa membuatmu kembung yang tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Selain soda, minuman lain yang juga bersifat diuretik dan harus kamu hindari setelah berolahraga adalah kopi.

Jadi, agar olahraga yang kamu lakukan memberikan hasil yang optimal, pastikan kamu menghindari semua makanan di atas setelah berolahraga, ya.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Aman Dikonsumsi Usai Pasang Behel

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya