Comscore Tracker

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!

Bahkan picu obesitas dan darah tinggi juga lho

Serangan jantung terjadi akibat penyumbatan aliran darah ke jantung, yang menyebabkan sel-sel jantung mati. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit pada jantung, seperti merokok, gaya hidup tidak aktif, dan pola makan yang tidak sehat. Kendati penyebab masalah kesehatan jantung ada bermacam-macam, tapi salah satu yang paling berpengaruh adalah berat badan.

Menurut WebMD, obesitas meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. Untuk itu, memerhatikan pola makan mutlak diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang tinggi kalori, lemak trans, dan garam karena ketiganya merupakan pemicu masalah pada jantung.

Nah, lantas apa saja makanan yang perlu dibatasi konsumsinya demi kesehatan jantung? Mengutip dari WebMD dan Eat This Not That! berikut beberapa di antaranya.

1. Krimer kopi

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!beveragedaily.com

Krimer kopi adalah salah satu sumber utama lemak trans yang biasa ditemukan dalam produk makanan sehari-hari. Lemak trans sendiri merupakan pemicu meningkatnya kadar kolesterol dan penurunan daya ingat pada orang dewasa. Sebagai pengganti krimer pada kopi, kamu bisa menggunakan susu rendah lemak, karena selain memiliki cita rasa yang mirip, susu rendah lemak juga jauh lebih sehat.

2. Ayam goreng

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!juliegoodwin.com.au

Dada ayam adalah salah satu sumber protein terbaik untuk menurunkan berat badan dan pembentukan otot. Tapi tidak demikian jika kamu turut mengonsumsi kulitnya dan mengolahnya dengan cara digoreng. Proses seperti ini justru akan menyebabkan lemak jenuh dada ayam jadi meningkat tajam.

Faktanya, 4 ons ayam goreng dengan kulit mengandung kolesterol sebanyak 11 strip daging babi goreng. Untuk itu, selain memilih makanan yang kaya nutrisi, pastikan juga kamu mengolahnya dengan cara yang tepat.

3. Margarin

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!guff.com

Margarin umumnya dibuat dari minyak yang dihidrogenasi sebagian, hal ini menyebabkan margarin menjadi salah satu sumber lemak trans yang paling umum. Lemak trans sendiri merupakan jenis lemak yang terkait erat dengan berbagai macam penyakit jantung.

Tapi tak hanya itu, jenis lemak ini juga mempercepat proses penuaan kulit karena membuat kulit lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet. Sebagai alternatif, lebih baik gunakan minyak zaitun sebagai pengganti margarin, sebab minyak zaitun mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Terbukti Bisa Bersihkan Pembuluh Darah, Sehatkan Jantung

4. Garam

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!foodnavigator-asia.com

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa konsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Akan tetapi, tidak semua orang menyadari bahwa tekanan darah tinggi dapat menjadi pemicu arteri mengeras dan menyempit, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, penelitian yang diterbitkan di PLoS One juga mengaitkan obesitas dengan asupan natrium yang tinggi, sementara sebuah studi di JAMA menemukan bahwa laki-laki yang kelebihan berat badan dengan asupan garam tertinggi 61 persen lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit garam

5. Sayuran kaleng

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!foodnavigator.com

Selama ini, sayuran dianggap sebagai makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sedang diet. Akan tetapi tidak demikian dengan sayuran kaleng. Sebab sayuran yang dikemas dalam kaleng umumnya sudah diberi banyak garam natrium dan pengawet, sehingga makanan ini menjadi tidak baik bagi kesehatan jantung.

Sebagai alternatif, lebih baik pilih sayuran beku yang lebih ramah bagi jantung. Atau jika kamu terpaksa membeli sayuran kaleng, pastikan kamu membilasnya terlebih dahulu dengan air mengalir untuk menghilangkan kelebihan garam dan pengawet.

6. Keju lembut (cottage cheese)

6 Makanan Lezat yang Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Batasi Konsumsinya!openfit.com

Kendati makanan ini tidak terasa asin, tapi satu cangkir sajian jenis keju ini mengandung hampir 700 miligram mineral, lebih dari sepertiga dari yang dibutuhkan individu setiap harinya. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan greek yogurt sebagai pengganti cottage cheese. Karena selain kaya akan protein, greek yogurt juga rendah garam. Atau, kamu juga bisa memilih cottage cheese rendah mineral sebagai pilihan yang lebih baik.

Demikian tadi beberapa makanan yang memicu berbagai penyakit jantung. Kamu tidak harus secara total menghindari semua makanan di atas, hanya saja kamu perlu memerhatikan batasan dalam konsumsi makanan di atas.

Baca Juga: Awas, 7 Makanan Ini Jadi Bahaya jika Dikonsumsi Saat Naik Pesawat!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya