Comscore Tracker

5 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perbanyak Konsumsinya

Semuanya mudah didapat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pendengaran. Melindungi telinga dari paparan kebisingan yang berkelanjutan dan mencegah infeksi telinga sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Namun, menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin olahraga, diet seimbang, dan konsumsi vitamin untuk pendengaran dapat membantu mencegah atau menunda gangguan pendengaran.

Beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan organ pendengaran. Apa sajakah makanan tersebut? Baca sampai selesai untuk tahu jawabannya.

1. Kalium

5 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perbanyak Konsumsinyaunsplash.com/Thought Catalog

Kalium berfungsi mengatur jumlah cairan di jaringan tubuh dan darah. Menurut University of Rochester Medical Center, kalium penting untuk menjaga kesehatan pendengaran karena adanya cairan di telinga bagian dalam. 

Telinga bagian dalam adalah bagian dari telinga yang bertugas menerjemahkan suara yang kita dengar di sekitar kita menjadi impuls yang diartikan oleh otak sebagai suara. Telinga bagian dalam bergantung pada kalium.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan kaya kalium. Adapun, beberapa makanan kaya kalium, seperti pisang, alpukat, kentang, bayam, melon, susu, jeruk, aprikot, tomat, kacang lima, dan yoghurt.

2. Asam folat

5 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perbanyak Konsumsinyaunsplash.com/Louis Hansel

Studi dalam The FASEB Journal menunjukkan bahwa asam folat sangat penting untuk kemampuan tubuh menghasilkan pertumbuhan sel baru. Orang dewasa dengan kadar asam folat rendah dalam darah lebih mungkin mengembangkan presbycusis.

Asupan suplemen asam folat dapat memperlambat gangguan pendengaran. Sebab, tubuh menggunakan asam folat untuk memetabolisme homosistein, yaitu senyawa inflamasi yang mengurangi sirkulasi. Sirkulasi yang baik penting untuk menjaga sel-sel rambut di telinga bagian dalam tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Beberapa makanan yang kaya folat, di antaranya daging, asparagus, brokoli, dan bayam.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Berbahan Ikan Makerel, Sehat dan Lezat!

3. Seng

5 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perbanyak Konsumsinyaunsplash.com/Mgg Vitchakorn

Seng meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan penyembuhan luka, menurut laman Health24. Karenanya, seng dapat membantu menangkal kuman penyebab infeksi telinga. 

Beberapa makanan yang kaya seng, di antaranya daging sapi, daging ayam hitam, kacang mete, almon, kacang tanah, kacang polong, lentil, tiram, cokelat hitam, gandum, quinoa, kismis, cranberry kering, dan serpihan kelapa.

4. Omega-3

5 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perbanyak Konsumsinyaunsplash.com/Caroline Attwood

Omega-3 terkenal akan sifat antiinflamasi dan antipenuaan yang dimilikinya. Selain itu, omega-3 juga terbukti membantu mencegah gangguan pendengaran.

Menurut situs Hidden Hearing, penelitian menemukan bahwa mineral ini dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran terkait usia. Omega-3 juga dapat membantu fungsi otak: mengirimkan sinyal antara otak dan telinga dengan lebih efektif. Omega-3 ini dapat ditemukan dalam ikan salmon, sarden, dan minyak kedelai.

5. Magnesium

5 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perbanyak Konsumsinyaunsplash.com/Gabrielle Henderson

Penelitian yang dilakukan di University of Michigan Kresge Hearing Research Institute telah menunjukkan bahwa orang yang diobati dengan magnesium terlindung dari gangguan pendengaran terkait kebisingan. Para peneliti percaya ini karena kemampuan magnesium untuk melawan efek radikal bebas yang dihasilkan oleh suara keras yang bertindak sebagai penghalang yang melindungi sel-sel rambut di telinga bagian dalam. 

Sebaliknya, kekurangan magnesium di telinga bagian dalam menyebabkan pembuluh darah menyusut akibat kekurangan oksigen. Beberapa makanan yang kaya magnesium, antara lain pisang, artichoke, kentang, bayam, tomat, dan brokoli.

Jika kamu makan sehat, dengan diet seimbang, tubuh dapat memproduksi mineral penting ini agar tetap berfungsi secara normal. Akan tetapi, jauh lebih baik jika kamu rutin memeriksakan kondisimu dengan profesional medis, terlebih bagi kamu yang banyak beraktivitas menggunakan headset atau di tempat yang bising.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Baiknya Dikonsumsi dalam Jumlah Sedikit   

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya