Comscore Tracker

5 Menu Sarapan untuk Lawan Kantuk di Pagi Hari

Biar berenergi sepanjang hari

Ada saat-saat hari ketika kita tidak bisa berhenti menguap dan terus mengantuk, bahkan meskipun telah mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. Bahkan, minum kopi mungkin tidak menyelesaikan masalah. Kopi mungkin membuat kamu merasa berenergi untuk sementara waktu, tetapi nantinya kelelahan dan kantuk yang kamu rasakan akan semakin parah ketika efek kopi mereda.

Rasa kantuk di pagi hari sangat dipengaruhi oleh makanan yang kamu santap saat sarapan. Ya, beberapa menu sarapan bisa membuat kamu merasa semakin mengantuk, sementara sebagian lainnya bisa meningkatkan energi dan membantu melawan kantuk di pagi hari. Nah, di bawah ini akan disajikan beberapa daftar makanan yang bisa membantu melawan kantuk di pagi hari yang dirangkum dari laman Healthline dan Women's Health.

1. Telur

5 Menu Sarapan untuk Lawan Kantuk di Pagi Hariilustrasi telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Satu butir telur utuh mengandung protein berkualitas tinggi dan lemak sehat, gabungan nutrisi ini akan membuat kamu kenyang dan berenergi sepanjang hari. Selain itu, telur merupakan sumber banyak vitamin dan mineral penting, seperti zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B-12.

Pastikan kamu selalu makan telur utuh. Sebab, kuning telur merupakan bagian yang paling bergizi, yang mengandung sebagian besar vitamin dan mineral dalam telur dan jumlah protein total yang besar. Namun, jika kamu khawatir tentang kolesterol, kamu tidak perlu takut karena kolesterol yang berasal dari makanan tidak berkorelasi dengan kolesterol dalam darah.

2. Biji chia

5 Menu Sarapan untuk Lawan Kantuk di Pagi Hariilustrasi biji chia (pexels.com/Castorly Stock)

Biji chia tinggi akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak serta dapat membantu menangkal kelelahan dan membuat kamu merasa lebih waspada. Namun, manfaat biji chia tidak berhenti di situ, biji chia mampu menyerap air hingga 10 kali lipat dari beratnya, yang dapat membantu proses mengubah makanan menjadi energi dan membuat kamu tetap terhidrasi dan terjaga.

Biji chia juga mengandung dengan antioksidan, vitamin, mineral, protein, lemak, dan serat. Untuk menikmati biji chia, cobalah tambahkan beberapa sendok biji chia ke resep smoothie atau puding untuk memberikan dorongan semangat di pagi hari.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Chia, Bahan Makanan yang Mirip Selasih

3. Oatmeal

5 Menu Sarapan untuk Lawan Kantuk di Pagi Hariilustrasi oat (pixabay.com/haaijk)

Semangkuk oatmeal masih menjadi salah satu menu klasik terbaik yang bisa kamu makan di pagi hari. Oatmeal adalah pembangkit energi yang hebat berkat indeks glikemiknya yang rendah. Rendahnya indeks glikemik ini berarti oatmeal dicerna dengan lambat, sehingga akan membuat kamu terus berenergi sepanjang pagi.

Dengan mengonsumsi oatmeal di pagi hari, ini juga bisa menghindarkan kamu dari keinginan minum kopi di pagi atau siang hari karena oatmeal sudah cukup membuat kamu merasa bertenaga dan waspada.

4. Pisang

5 Menu Sarapan untuk Lawan Kantuk di Pagi Hariilustrasi pisang (pexels.com/Vanessa Loring)

Pisang merupakan menu pembangkit energi yang cocok dikonsumsi saat sarapan maupun sebagai camilan sehat saat berada dalam perjalanan. Buah ini mengandung banyak serat, yang bisa memperlambat pelepasan gula ke aliran darah, dan menyediakan magnesium dan vitamin B.

Pisang yang matang menawarkan lebih banyak energi dalam bentuk gula dibandingkan dengan pisang mentah. Pisang yang baik juga harus berbintik-bintik dan kuning, bukan berwarna hijau. Begitulah cara mengetahui bahwa pati dalam pisang telah diubah menjadi gula yang dapat kamu cerna dengan baik dan digunakan sebagai energi.

5. Semangka

5 Menu Sarapan untuk Lawan Kantuk di Pagi Hariilustrasi semangka (pexels.com/Any Lane)

Bahkan dehidrasi ringan saja dapat menyebabkan kamu bangun tidur dengan perasaan tidak enak badan. Jadi, penting untuk mengemas diet dengan makanan tinggi air, dan semangka adalah salah satu sumber air terbaik.

Buah lezat berwarna merah ini mengandung lebih dari 90 persen air, menawarkan berbagai vitamin, mineral, antioksidan, serta asam amino L-citrulline, yang dapat membantu mengurangi nyeri otot. Mulailah harimu dengan sarapan semangkuk penuh semangka untuk hidrasi terbaik dan dorongan energi.

Memperbaiki diet dapat membuat perubahan besar dalam menstabilkan gula darah dan meningkatkan tingkat energi. Cobalah memasukkan makanan ini ke dalam rutinitas pagi untuk melawan kelelahan dan merasa berenergi sepanjang hari.

Baca Juga: Resep Krim Sup ala KFC, Cocok untuk Menu Sarapan yang Menghangatkan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya