Comscore Tracker

Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan 

Bagus untuk penderita diabetes dan ibu hamil lho!

Pir merupakan buah pomaceous yang memiliki rasa manis, dengan dagingnya yang berair. Buah yang memiliki nama spesies Pyrus communis ini, termasuk anggota keluarga tumbuhan Rosaceae. Pir memiliki banyak spesies, dan semuanya tersebar di seluruh dunia.

Di antara semua spesies pir yang dikenal, terdapat 3 varietas utama pohon pir, yaitu pir Eropa, Asia dan juga hibrida. Buah pir dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi lho, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Serat yang ada pada makanan, mampu untuk melancarkan proses pencernaan, dan mengatasi atau mencegah sembelit.

Selain kaya akan serat, buah pir juga mengandung vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang tinggi, yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan begitu, buah pir gak hanya dapat mencegah sembelit, namun juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat buah pir selain mencegah sembelit? Yuk, simak saja ulasannya berikut ini!

1. Membantu menurunkan berat badan

Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan leafy.com

Buah pir merupakan buah yang rendah kalori lho, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet karena tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan.

Selain itu, kandungan serat yang ada pada buah pir mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama, dan menurunkan keinginan untuk makan kembali. Pada akhirnya nanti dapat memicu penurunan berat badan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Pexels.com/@olly

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah pir, mampu untuk merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yang akan mendeteksi dan melawan virus penyakit.

Baca Juga: Wajib Coba, 5 Olahan Buah Persik yang Dijamin Bikin Ketagihan

3. Mencegah bayi lahir cacat

Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan todaysparent.com

Selain mengandung serat, antioksidan, dan vitamin C yang tinggi, buah pir juga kaya akan asam folat. Asam folat dapat berkolerasi positif dengan mengurangi cacat tabung saraf pada bayi yang baru saja dilahirkan. Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak asam folat, akan dapat melindungi kesehatan janin dalam kandungan, sehingga dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat maupun lahir secara prematur.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan theconversation.com

Buah pir termasuk salah satu buah yang aman dan baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Buah pir rendah kalori dan karbohidrat, sehingga cocok dijadikan camilan yang sehat untuk para penderita diabetes. Selain itu, kandungan serat yang ada pada buah pir dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL), dan mengontrol gula darah.

Makanan dan camilan yang kaya akan serat, dapat memperlambat penyerapan karbohidrat pada aliran darah lho, sehingga akan membuat kenaikan glukosa menjadi lebih lambat dalam jangka waktu yang lama, yang nantinya dapat mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darah.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan cenegenics-denver.com

Tak hanya dapat mengontrol kadar gula darah saja, buah pir juga mampu menjaga kesehatan tulang. Buah pir merupakan sumber utama dari dua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, yaitu vitamin K dan boron. Vitamin K bekerja dengan nutrisi lainnya, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang.

Vitamin K pada buah pir juga lebih mampu membangun tulang dengan lebih baik daripada kalsium. Para peneliti juga beranggapan bahwa vitamin K, berpotensi sebagai nutrisi yang sangat penting, untuk melawan osteoporosis.

Nah, itulah ulasan singkat tentang lima manfaat buah pir untuk kesehatan, selain mencegah sembelit. Dengan rutin mengonsumsi buah pir, kesehatanmu akan lebih terjaga. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Sajian Es Krim dari Buah yang Rendah Gula, Gak Bikin Gemuk!

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina
  • Septi Riyani
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra

Berita Terkini Lainnya