Comscore Tracker

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsi

Ayo mulai hidup sehat!

Di era modern sekarang, konsumsi junk food sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat. Padahal makanan cepat saji sendiri jika dikonsumsi secara terus-menerus akan menimbulkan efek negatif untuk tubuh. Apalagi untuk efek jangka panjangnya.

Untuk itu, sangat perlu untuk mengurangi konsumsi junk food. Karena makanan cepat saji dapat merusak tubuh secara perlahan. Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik kamu menggantinya dengan 7 makanan sehat di bawah ini.

1. Mangga

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/liwanchun

Mangga adalah buah yang kaya akan serat, antioksidan serta vitamin A dan Vitamin C. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah mangga membuatnya sangat layak untuk dikonsumsi setiap hari. Kalori buah mangga juga terhitung sedikit. Tentunya aman untuk kamu konsumsi meski sedang diet.

2. Kacang almond

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/stevepb

Kacang almond memiliki banyak benefit untuk tubuh. Karena mengandung lemak baik, antioksidan, mineral seperti vitamin E dan magnesium. Almond juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah risiko kolesterol. Jadi, boleh banget nih nyetok banyak kacang almond di rumah.

3. Strawberry

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/pasja100

Perpaduan rasa asam dan manis dari buah strawberry pasti membuat siapa pun menyukainya. Gk hanya enak, strawberry juga kaya akan nutrisi. Strawberry mengandung vitamin C, asam folat, potasium, dan antioksidan. Rutin mengonsumsi strawberry ternyata juga dapat mencegah risiko penyakit gula darah dan kanker. 

Baca Juga: Pengen Gemuk Sehat? Konsumsi 8 Makanan Enak Ini Saja!

4. Cokelat

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/alexander stein

Banyak studi yang menyatakan cokelat sangat menyehatkan dan terbukti dapat mengurangi beberapa macam penyakit. Cokelat juga kaya akan antioksidan, mineral dan magnesium. Mengonsumsi cokelat dapat melancarkan aliran darah dan mempertajam fungsi otak. Selain itu, cokelat juga sangat baik dikonsumsi saat kamu sedang memiliki mood buruk.

5. Popcorn

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/stevepb

Banyak orang tidak tahu bahwa sebenarnya popcorn memiliki banyak manfaat. Karena popcorn sendiri hanya terbuat dari jagung. Sehingga membuatnya rendah kalori. Jagung memiliki manfaat seperti melancarkan pencernaan dan mencegah diabetes tipe 2. Popcorn juga dapat menurunkan berat badan. Namun, pastikan kamu memasak popcorn dengan minyak yang sehat.

6. Kentang

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/JamesHills

Kentang sangat bernutrisi dan tentunya mengenyangkan. Kentang mengandung vitamin A, C, antioksidan dan juga mineral. Karena kaya akan antioksidan, kentang sangat baik dikonsumsi karena dapat mencegah risiko penyakit kanker. Kentang juga terbukti dapat menurunkan gula darah. Jadi, ada baiknya mengganti nasi dengan kentang nih.

7. Yogurt

Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsipixabay.com/RitaE

Yogurt merupakan susu fermentasi yang lezat dan juga menyehatkan. Karena yogurt mengandung protein, lemak baik, kalsium, dan vitamin. Sehingga membuat yogurt aman dikonsumsi ketimbang junk food. Mengonsumsi yogurt dapat memperkuat tulang dan melancarkan pencernaan.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi yogurt yang mengandung gula buatan.

Itulah  makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi untuk menggantikan junk food. Yuk, praktikkan hidup sehat mulai dari sekarang.

Baca Juga: Resep Bakso Sehat ala Yummy, Makanan Spesial Saat Musim Hujan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya