Comscore Tracker

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selera

Hidangan pembuka hingga penutup, lengkap!

Bicara soal kuliner Asia, ragam makanan khas Tiongkok memang gak boleh dilewatkan. Pasalnya, banyak makanan di beberapa negara Asia yang dipengaruhi oleh Tiongkok, termasuk Indonesia. Salah satu makanan asal Tiongkok yang banyak ditemukan di Indonesia, yakni tahu.

Kamu biasa memasak tahu menjadi hidangan Indonesia? Coba deh mengolahnya menjadi makanan khas Tiongkok. Berikut ini daftar olahan tahu khas Tiongkok yang menggugah selera. Let's check this out!

1. Kung pao tofu

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Seleraseriouseats.com

Kung pao tofu menjadi salah satu makanan klasik Tiongkok yang bisa menjadi pendamping nasi. Ini merupakan olahan tahu dan sayur yang ditumis dengan kung pao. Kung pao merupakan kuah berwarna kecokelatan dengan rasa pedas, asin, dan agak manis. 

Buat kamu yang mau memasak kung pao tofu, pastikan memilih tahu yang agak keras. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan bentuknya supaya tidak hancur saat ditumis.

2. Mapo tofu

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selerajamesstrange.com

Kalau kamu suka sajian pedas, mapo tofu ini gak boleh dilewatkan. Yups, ini hidangan Tiongkok yang populer dari Provinsi Sichuan. Salah satu bumbu khas yang bikin hidangan ini pedas, yakni lada Sichuan. Semakin segar lada tersebut, makan rasanya akan semakin kuat.

Hidangan satu ini mirip dengan mabo dofu khas Jepang. Tentu bumbu yang digunakan keduanya berbeda. Mabo dofu tidak menggunakan lada dan cabai, sedangkan rasa pedasnya hanya berasal dari pasta kacang yang difermentasi. 

3. Tumis hoisin tofu

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selerajoyfoodsunshine.com

Tumis hoisin tofu ini mengacu pada saus yang digunakan, yakni saus hoisin. Saus satu ini berwarna cokelat tua, kental dengan rasa pedas manis. Kerap digunakan sebagai cocolan saat menikmati bebek Peking. 

Selain hoisin dan tahu sebagai bahan wajib, kamu bisa menambahkan sayuran. Kalau mau lebih lengkap, bisa menambahkan sumber protein lain seperti udang atau daging. 

Baca Juga: 7 Kuliner Daging Khas Tiongkok yang Terkenal Enak, Ada Ayam Pengemis!

4. Tso tofu

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selerathevword.net

Tso tofu menjadi salah satu hidangan renyah dengan rasa manis yang menggugah selera. Pada dasarnya ini merupakan tahu krispi yang dibuat dengan saus tso. Bisa dinikmati dengan mie, nasi, atau tumis sayuran.

Tahu tersebut dibalut dengan tepung maizena yang telah diberi bumbu seperti garam, lada hitam, dan bawang putih. Sedangkan sausnya terbuat dari kecap yang telah dicampur dengan gula merah, jahe parut, saus housin, dan bumbu lainnya. 

5. Tahu busuk

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selerataiwannews.com

Tahu busuk atau stinky tofu menjadi salah satu street food khas Tiongkok yang banyak digemari. Meski namanya tahu busuk, namun bau tersebut berasal dari dadih kacang fermentasi. Tahu yang sudah dipotong-potong, direndam dalam campuran mineral terpentin dan dadih kacang fermentasi.

Tahu direndam selama 24 jam. Semakin lama waktu rendaman maka akan semakin kuat aromanya. Kamu perlu meniriskannya terlebih dahulu sebelum digoreng. Supaya makin sedap, goreng kembali dengan bawang putih, bubuk adas, dan saus tiram.

6. Sup tahu

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selerafusioncraftiness.com

Sup tahu menjadi makanan khas yang gak bisa dipisahkan dari ragam kuliner Asia Timur. Pasalnya, hidangan satu ini gak cuma terkenal di Tiongkok, tapi juga Jepang dan Korea. Sup ringan ini pun bisa menjadi makanan pembuka atau makan siang yang menyegarkan.

Buat kamu yang mau membuatnya di rumah, gak perlu ribet. Cukup masak tahu dengan air dan bawang bombay yang telah dicincang. Kamu pun bisa menambahkan sayuran dan jamur sebagai pelengkapnya.

7. Tahu annin

7 Olahan Tahu Khas Tiongkok, Cita Rasanya Menggugah Selerabravocooking.com

Tahu annin atau tahu almond berbeda dari hidangan tahu sebelumnya. Tahu ini tidak terbuat dari biji kedelai, melainkan dari biji aprikot manis. Hidangan satu ini populer di musim panas dan bisa dianggap sebagai panna cotta versi Tiongkok.

Tahu annin dianggap lebih sehat dibandingkan panna cotta, sebab tidak menggunakan krim kental. Selain itu, pembuatannya menggunakan agar-agar sebagai koagulator. Kamu bisa menyajikannya dengan sirup, buah-buahan segar, atau bubuk matcha.

Nah, itulah tadi ketujuh olahan tahu khas Tiongkok yang menggugah selera. Sebelum memasak tahu, perlu kamu pahami dulu jenis tahu yang digunakan. Sebab, jenis tahu yang berbeda akan berpengaruh pada cita rasa dan tekstur makanan. Selamat mencoba di rumah!

Baca Juga: 7 Kuliner Berkuah Akulturasi Budaya Indonesia dan Tiongkok, Nikmat!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya