Comscore Tracker

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di Dunia

Kita patut bangga! #LokalIDN

Sebagai orang Indonesia kita patut bangga karena mempunyai beragam masakan Nusantara yang enak-enak. Hal ini terjadi karena Indonesia adalah gudangnya rempah alami Indonesia. Pokoknya kalau sudah ngomongin tentang masakan kuliner khas Indonesia pasti tidak ada habisnya.

Seperti yang kita ketahui masakan Nusantara sekarang sudah merajalela ke berbagai belahan dunia. Bahkan masakan Nusantara kita sudah beberapa kali dipredikat sebagai makanan favorit dunia.

Lantas, apa sajakah masakan Nusantara yang punya banyak penggemar di seluruh dunia?

1. Gado-gado

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di Duniamedium.com

Menu campuran sayuran dengan bumbu kacang ini memang enak karena memiliki cita rasa yang tinggi dan sudah menjadi makanan yang disukai banyak orang Indonesia. Bahkann gado-gado pernah mengikuti ajang perlombaan masak ditingkat Internasional dan meraih juara 1 (kategori tampilan sajian) di Napoli, Italia pada tahun 2010 silam.

Hingga seiring waktu berjalan, gado-gado pun sudah merajai se-Asia hingga Amerika. Dan di kota New York tepatnya di lokasi Manhattan kamu bisa menemukan Wayan Restaurant yang menyajikan masakan nusantara termasuk gado-gado.

2. Gudeg

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di Duniainstagram.com/gudeg_yu_djum_pusat

Kenikmatan sayur nangka muda khas Yogyakarta ini tidak kalah mendunia juga lho karena gudeg pun sudah banyak disukai oleh masyarakat Indonesia dan begitu pun di luar sana. 

Seperti di Australia gudeg diolah dalam bentuk kalengan, karena mereka telah mengakui kalau gudeg memiliki cita rasa yang tinggi. Kalau restorannya, kamu bisa mampir ke daerah Clayton yang membuka "Warung Gudeg." Dan sama, kini gudeg pun telah merajai ke jalanan kota New York.

3. Tempe

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di DuniaInstagram.com/lovekuliner.id

Sudah menjadi makanan pokok sederhana oleh masyarakat Indonesia, tempe pun tak kalah tandingannya dengan beragam olahannya.

Si olahan kedelai ini pun banyak penikmatnya di negara lainnya seperti Jepang dan hingga ke wilayah negara Inggris. Masyarakatnya pun menyukai tempe. Di situ pun kamu bisa bertemu William Mitchell seorang bule Inggris yang dulu sempat pernah tinggal di Indonesia beberapa tahun dan kini ia membangun tempat makan yang bernama "Warung Tempeh" karena ia seorang pencinta tempe.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Sudah Tahu Belum?

4. Bakso

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di DuniaInstagram.com/hobi_bakso
Terkenal dengan bulatan daging giling yang bercita rasa serta dilengkapi dengan siraman kuah kaldu bening, bakso sudah menjadi primadona umat manusia. Apalagi bakso khas Indonesia tak kalah menggiurkan karena dicampur dengan bumbu rempah-rempah asli. Buktinya, seorang mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama paling suka dengan sajian Bakso khas Nusantara. 
 
Hingga kini bakso telah banyak hadir di berbagai tempat makan di wilayah Amerika. Begitu pun di Jerman, di salah satu tempat yang bernama "Nusantara Restaurant"  telah menyediakan mi ayam bakso dan banyak disukai oleh warga setempat.

 

5. Sop buntut

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di Duniamuybuenocookbook.com
Sop buntut dengan kemewahan rasanya juga banyak penikmatnya di benak masyarakat Indonesia. Terkenal dengan cita rasa yang tinggi, siapa sangka sop buntut ini sudah menggoyangkan lidahnya di Negeri Matador, Spanyol dan hingga kini sudah merajai ke Selandia Baru. 
 
Tak hanya di negara tersebut, di negara Amerika pun telah banyak menyajikan sop buntut nusantara di beberapa tempat makan, salah satunya di restoran "Bali Nusa Indah." 

 

6. Soto

6 Masakan Nusantara yang Banyak Digemari Beberapa Tempat di Duniainstagram.com/idemakansiang
Kuliner dari berbahan campuran bihun, sayuran, dan suwiran ayam ini sekarang banyak ditemui di warung makan hingga restoran mewah. Dari berbagai macam soto yaitu ada soto betawi, soto kudus, coto makassar, hingga soto padang, masing-masing mempunyai kenikmatan yang berbeda-beda karena rempahnya. 
 
Kini tidak hanya di Indonesia, sajian soto pun ternyata banyak di berbagai negara. Seperti di Polandia, ada tempat makan bernama "Warung Jakarta" yang menyediakan menu soto ayam yang terkenal dan laris manis. Ternyata yang menjajakan soto ayam tersebut adalah Mateusz Rybinski seorang pria asli Polandia yang pernah juga menjadi mahasiswa di Universitas Airlangga.
 
Itulah dari beberapa masakan nusantara yang telah membawa produknya hampir ke seluruh dunia dan selain penjelasan di atas juga masih banyak lagi tempat-tempat yang menyediakan menu lengkap masakan Nusantara lainnya.

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia Ini Mirip Kuliner Asing, Apa Bedanya Ya?

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

hanya ingin berbagi kebaikan untuk banyak orang/founder/ig:@gebigram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya