Comscore Tracker

5 Menu Masakan yang Mudah Dibuat oleh Pemula, Simpel!

Masak itu gampang, semua orang pasti bisa

Memasak kerap kali dianggap sebagai kegiatan yang sulit. Padahal sebenarnya memasak itu sangat gampang kalau kita mau coba mempraktikkannya. Memasak juga perlu ada tahapan rendah yang bisa dilakukan, seperti contohnya membuat makanan yang paling mudah terlebih dahulu.

Khususnya bagi pemula, ada lima makanan yang bisa dibuat dengan cara sederhana, dan tetap bisa menghasilkan cita rasa yang lezat. Lantas, makanan apa saja yang mudah dibuat pemula agar bisa belajar masak? Yuk, simak dibawah ini!

1. Tumis sayur kangkung 

5 Menu Masakan yang Mudah Dibuat oleh Pemula, Simpel!plecing kangkung (instagram.com/eatingoutisoverrated)

Makanan yang gampang dibuat oleh pemula adalah menu tumis sayur kangkung. Makanan ini terbilang mudah banget untuk dimasak dengan bahan-bahan sederhana. Sajian sederhana yang murah meriah namun rasanya lezat dan menggugah selera. Persiapkan bahan seperti sayur kangkung, bawang, cabai, baso, garam, gula dan penyedap.

Sayur kangkung dicuci bersih lalu dipotong-potong, kemudian bawang dan cabai diiris-iris. Masukkan bawang dan cabai ke minyak panas untuk ditumis, masukkan baso atau bahan pelengkap lain sesuai selera, tumis hingga matang. Masukkan sayur kangkung, aduk, tambahkan garam, gula dan penyedap, aduk hingga rata dan masak sebentar sampai kangkung layu, setelah itu sajikan.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Bolu Kopi yang Istimewa, makin Enak!

2. Oseng tempe 

5 Menu Masakan yang Mudah Dibuat oleh Pemula, Simpel!Ilustrasi oseng tempe (pexels.com/Markus Winkler)

Oseng tempe termasuk menu masakan yang gampang dibuat oleh pemula. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat oseng tempe adalah tempe, cabai, bawang, dan kecap manis. Tempe dipotong-potong kotak, lalu cabai dan bawang diiris-iris, dan masukkan sedikit minyak ke wajan untuk dipanaskan.

Masukkan cabai dan bawang, tumis sampai harum, lalu masukkan tempe yang sudah dipotong, aduk rata hingga tempe agak matang, beri tambahan garam, gula, penyedap dan kecap manis. Aduk dan masak oseng tempe sampai bumbunya merata. Jika bumbu sudah menyerap, sajikan ke piring.

3. Sayur sop 

5 Menu Masakan yang Mudah Dibuat oleh Pemula, Simpel!Ilustrasi sayur sup (pixabay.com/aranha)

Sayur sop merupakan masakan sederhana yang mudah dibuat oleh semua orang termasuk pemula sekalipun. Makanan ini meliputi dari berbagai macam sayuran yang digabung menjadi sajian sup kuah yang segar. Sayurannya terdiri dari wortel, kol, seledri, lobak, dan tambahan lainnya seperti bakso, sosis, atau ayam. Sayuran mentah dicuci bersih, lalu dipotong-potong.

Setelah menyiapkan sayurannya, sekarang tuangkan air ke dalam panci, masukkan bawang putih yang sudah digeprek, rebus sampai mendidih. Selanjutnya masukkan sayuran, masak hingga agak lunak, dan jangan lupa beri tambahan garam, gula dan kaldu bubuk, diaduk sampai bumbu larut. Biarkan masak sampai sayurannya matang, setelah itu sajikan ke mangkuk.

4. Nasi goreng 

5 Menu Masakan yang Mudah Dibuat oleh Pemula, Simpel!ilustrasi nasi goreng (pexels.com/Trista Chen)

Nasi goreng sering kali menjadi masakan yang paling praktis dibuat, seorang pemula juga pasti bisa membuatnya. Nasi goreng bisa dibuat dengan cara yang mudah, yaitu hanya menggunakan bahan sederhana tapi cita rasanya mahal di lidah. Siapkan saja bahan-bahannya seperti nasi dingin, bawang, cabai, bakso, dan kecap manis.

Masukkan irisan bawang dan cabai ke dalam minyak yang sudah dipanaskan, tumis sampai harum. Kemudian masukkan potongan bakso, aduk hingga matang, setelah itu masukkan nasi dan aduk rata. Beri garam, kecap manis, kaldu bubuk, aduk kembali hingga rata, dan jika sudah matang lalu sajikan ke piring.

Baca Juga: 5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!

5. Ayam goreng 

5 Menu Masakan yang Mudah Dibuat oleh Pemula, Simpel!ilustrasi daging ayam (pexels.com/Harry Dona)

Ayam goreng adalah salah satu makanan yang banyak penikmatnya dan juga mudah dimasak oleh siapa pun. Pemula bisa membuat ayam goreng yang gurih dan lezat secara sederhana, dengan bumbu dapur yang praktis. Caranya cucilah ayam mentah dengan cara direbus, masaklah sampai kotoran lemaknya keluar ke permukaan air.

Setelah itu, buanglan air rebusan tersebut, lalu tuangkan dengan air bersih lagi secukupnya, masukkan garam dan bumbu ayam goreng satu bungkus, aduk rata dan biarkan masak hingga bumbunya menyerap dan airnya menyusut.

Jika ayamnya sudah matang dan berubah warna kekuningan, selanjutnya ayam di goreng di dalam minyak panas, masak hingga berwarna kecoklatan. Ayam goreng pun sudah matang dan siap dinikmati.

Lima menu masakan di atas sebagai contoh untuk pemula yang ingin belajar memasak. Gak perlu takut dengan hasilnya, yang penting lakukan apa yang kamu bisa lakukan untuk memasak makanan yang enak. Masak itu gampang!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya