Comscore Tracker

5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!

Kamu bisa membuat adonan meringue pakai alat ini, lho

Di dunia kuliner, peralatan masak yang lengkap adalah impian bagi semua orang untuk bisa menghasilkan makanan yang lezat. Namun jika diteliti lebih jauh banyak sekali alat-alat simpel yang sangat multifungsi untuk digunakan dalam membuat suatu hidangan.

Salah satu benda yang mudah ditemukan dan memiliki harga sangat terjangkau adalah balloon whisk. Alat ini merupakan gabungan antara jaring-jaring besi dan gagang panjang yang kerap kali dipakai sebagai alternatif untuk menggantikan keberadaan mikser.

Namun, tahukah kamu ternyata balloon whisk memiliki banyak manfaat untuk membuat macam-macam santapan di dapur? Lima fungsi tersebut sudah tertera di dalam rangkuman berikut ini.

1. Mengocok adonan telur

5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!ilustrasi adonan meringue (pexels.com/Katerina Holmes)

Balloon whisk dapat digunakan untuk mengocok telur supaya tercampur rata. Biasanya proses ini dilakukan untuk membuat beberapa jenis makanan, termasuk kue dan aneka dessert. Selain menggunakan garpu, pemakaian ballon whisk cenderung lebih praktis lantaran bisa mengocok beberapa telur sekaligus tanpa bantuan mikser.

Bentuknya yang efisien juga memudahkan alat ini untuk dipegang sehingga tidak membuat adonan luber kemana-mana jika dilakukan sesuai instruksi dengan tenaga yang ringan. Bukan cuma telur utuh, whisk dapat pula dipakai dalam membuat adonan meringue yang berbahan dasar putih telur

2. Menyatukan adonan kering dan basah

5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!ilustrasi mengocok adonan (pexels.com/ Vlada Karpovich)

Saat membuat suatu hidangan, terkadang bahan cair dan kering akan dimasukkan secara bertahap supaya tidak ada yang menggumpal dan hasilnya maksimal. Oleh sebab itu, selain penggunaan mikser, ballon whisk juga berfungsi untuk meratakan adonan cair dan kering ini supaya lebih halus.

Biasanya metode seperti ini diperuntukkan bagi proses pembuatan aneka macam kue, termasuk bolu. Dengan menggunakan ballon whisk, kamu bisa mengukur kecepatan dan penyatuan seluruh adonan sehingga tidak overmix saat hendak dimasak.

3. Mengembangkan whipping cream

5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!ilustrasi whipping cream (pixabay.com/HomeMaker)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat membuat whipping cream, mikser kerap kali dibutuhkan supaya adonan bisa mengembang sempurna. Alih-alih menggunakan mesin elektronik yang memakan daya listrik tersebut, kamu bisa memanfaatkan whisk yang ada di rumah supaya makanan tetap berhasil.

Whipping cream terdiri dari dua bentuk, ada yang cair dan bubuk. Keduanya bisa diaduk menggunakan balloon whisk sehingga volumenya naik dan teksturnya berubah menjadi lebih ringan. Hal yang perlu diperhatikan adalah waktu dan kecepatan pengocokan supaya bahan yang kamu olah tersebut bisa mengembang secara maksimal.

Baca Juga: 5 Jenis Alat Masak untuk Metode Deep Frying, Nyaman Saat Menggoreng

4. Mengocok saus

5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!ilustrasi merebus (unsplash.com/Gaelle Marcel)

Bukan cuma membantu dalam proses pembuatan kue, ternyata balloon whisk juga bermanfaat dalam pengolahan aneka saus. Seperti diketahui, kadang-kadang saus harus dimasak di atas api kompor dan diaduk terus-menerus supaya seluruh bahan tercampur secara merata.

Aktivitas ini terasa kurang maksimal jika hanya dibantu menggunakan sendok besi atau sepatu. Diperlukan alat kuat yang bisa mengaduk bahan-bahan secara maksimal. Maka dari itu, balloon whisk adalah pilihan alat yang bisa membantu kamu menghasilkan saus yang enak dari segi tekstur maupun penampilan.

5. Sebagai alat pembuat es krim

5 Fungsi Balloon Whisk di Dunia Memasak, Bisa Gantikan Mikser!ilustrasi choco malt ice cream (pexels.com/Kate Trifo)

Benda yang satu ini menjadi salah satu alat penunjang favorit untuk membuat es krim homemade. Saat ini resep es krim banyak bertebaran di sosial media maupun buku populer, oleh sebab itu banyak orang yang menyediakan alternatif alat-alat sederhana supaya resep bisa ditiru secara maksimal.

Dengan begini, kamu tidak memerlukan es krim maker berharga mahal untuk bisa membuat makanan ringan tersebut. Cukup bermodalkan balloon whisk kamu bisa mengaduk seluruh adonan dengan berbagai tekstur untuk menghasilkan es krim yang lembut dan manis.

Balloon whisk adalah salah satu alat masak tanpa listrik yang bisa digunakan untuk membuat aneka hidangan agar terasa maksimal. Benda ini cocok dipakai untuk membuat kue maupun makanan utama. Selain praktis, harganya pun murah meriah dan bisa kamu temukan dengan mudah dimana-mana.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 7 Jenis dan Perbedaan Coating pada Alat Masak

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya