Comscore Tracker

Bisa Bikin Sakit, 5 Bahan Makanan Sisa Ini Baiknya Tidak Dipanaskan!

Karena makanan sisa memang sebaiknya dibuang!

Memanaskan kembali makanan sisa memang merupakan kebiasaan yang sering banyak orang lakukan. Namun tidak semua makanan sisa bisa dipanaskan dan disantap kembali karena beberapa di antaranya justru bikin sakit. Seperti 5 makanan berikut ini yang sebaiknya tidak kamu panaskan. Kira-kira apa saja ya?

1. Nasi

Bisa Bikin Sakit, 5 Bahan Makanan Sisa Ini Baiknya Tidak Dipanaskan!Pexels/Buonesia Carol

Nasi merupakan jenis makanan yang sering tersisa karena umumnya banyak orang yang menanak nasi dalam porsi yang lebih.

Memang sih jika dibuang tentunya mubazir namun memanaskan nasi hanya akan membuat munculnya spora bakteri berbahaya dan dapat menyebabkan keracunan. Spora bakteri tersebut bisa muncul karena proses penyimpanan nasi yang kurang baik.

Jika memang mubazir, lebih baik menanak nasi dalam porsi yang kecil saja supaya tidak ada nasi yang tersisa.

2. Telur

Bisa Bikin Sakit, 5 Bahan Makanan Sisa Ini Baiknya Tidak Dipanaskan!Pexels/Jenna Hamra

Telur merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang banyak entah itu protein, vitamin maupun mineral. Namun memanaskan telur sisa dan dikonsumsi kembali adalah hal yang kurang tepat karena di dalam telur terdapat kandungan protein yang tinggi.

Sebagaimana kita tahu jika protein mengandung nitrogen dan proses pemanasan telur sisa hanya akan membuat nitrogen dalam telur teroksidasi sehingga akhirnya telur tersebut justru bersifat karsinogen.

Baca Juga: 10 Penyedap dan Pengawet Kimia Makanan yang Sebaiknya Dihindari

3. Ayam

Bisa Bikin Sakit, 5 Bahan Makanan Sisa Ini Baiknya Tidak Dipanaskan!Pexels/Harry Dona

Ayam merupakan makanan lezat namun harganya tentu tak semahal daging sapi. Selain itu daging ayam memiliki gizi yang banyak dan disukai oleh semua orang. Namun berbeda dengan daging ayam sisa jika kamu memanaskannya lagi justru protein dalam ayam tersebut bisa rusak atau terdenaturasi. Selain itu mengonsumsinya setelah memanaskan daging tersebut akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaanmu.

4. Santan

Bisa Bikin Sakit, 5 Bahan Makanan Sisa Ini Baiknya Tidak Dipanaskan!Pexels/Buonesia Carol

Makanan yang mengandung santan merupakan salah satu makanan favorit. Bahkan kebanyakan kuliner asli Indonesia mengandung santan di dalamnya. Namun ada baiknya kamu tidak memanaskan kembali makanan sisa yang mengandung santan. Hal ini karena kandungan lemak dalam makanan tersebut bisa berubah hingga memicu kolesterol.

5. Kentang

Bisa Bikin Sakit, 5 Bahan Makanan Sisa Ini Baiknya Tidak Dipanaskan!Pexels/Suzy Hazelwood

Meski kentang merupakan makanan yang lezat namun lebih baik tidak dipanaskan kembali jika bersisa. Hal ini karena pemanasan dalam kentang hanya akan memicu terbentuknya senyawa akrilamida yang merupakan senyawa pemicu kanker. Belum lagi kentang sisa tersebut mengandung banyak bakteri yang tak kasat mata. Oleh sebab itu lebih baik tidak kamu konsumsi kembali.

Itulah 5 bahan makanan sisa yang lebih baik tidak dipanaskan kembali apalagi dikonsumsi lagi. Karena apapun yang namanya makanan sisa tentunya sudah terkontaminasi oleh bakteri dan sering kali mengalami perubahan komposisi senyawa bila dipanaskan!

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Seafood Aneh yang Ternyata Bisa Diolah Jadi Makanan, Pernah Coba?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya