Comscore Tracker

Gak Bikin Melar, 5 Menu Buka Puasa Ini Cocok untukmu yang Lagi Diet! 

Bye-bye tubuh melar!

Di bulan puasa ini sebagian umat muslim memang wajib berpuasa. Namun berlebihan mengonsumsi makanan saat berbuka tentunya akan membuat tubuh mudah melar dan program diet pun gagal total. Oleh sebab itu pemilihan makanan yang bergizi seimbang tentunya sangat diperlukan selama bulan puasa.

Berikut 5 makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka agar program dietmu berjalan sukses, sudah tahu?

1. Sup 

Gak Bikin Melar, 5 Menu Buka Puasa Ini Cocok untukmu yang Lagi Diet! Pexels/Cook Eat

Saat berbuka puasa ada baiknya kamu langsung mengonsumsi sup jika sedang dalam program diet. Hal ini karena sup akan mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa dan suhu hangatnya akan membuat perut terasa nyaman. Dengan begitu program dietmu akan berhasil meski sedang menjalani puasa.

2. Nasi merah 

Gak Bikin Melar, 5 Menu Buka Puasa Ini Cocok untukmu yang Lagi Diet! Pexels/Nastasya Day

Nasi merah mengandung serat yang tinggi dan membuat kadar glukosa tetap stabil saat berbuka puasa. Kandungan seratnya sangat baik bagimu yang sedang diet karena nasi merah akan langsung mengubah glukosa menjadi energi. Bahkan nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang akan membantumu tetap kenyang dalam waktu yang lumayan lama setelah berbuka sehingga program dietmu tidak berantakan.

Baca Juga: 7 Ide Resep Minuman dari Buah Naga untuk Buka Puasa, Segar dan Sehat!

3. Salad 

Gak Bikin Melar, 5 Menu Buka Puasa Ini Cocok untukmu yang Lagi Diet! Pexels/Dana Tentis

Berbuka dengan salad akan membantu berat badanmu cenderung stabil. Tak hanya mengandung kadar lemak yang sedikit, salad pun akan semakin menyehatkan tubuhmu karena mengandung buah dan sayuran yang bervitamin. Hanya saja perhatikan seberapa banyak dressing yang kamu gunakan karena salad dressing mengandung gula yang tinggi yang bisa menghancurkan dietmu.

4. Daging ayam atau sapi 

Gak Bikin Melar, 5 Menu Buka Puasa Ini Cocok untukmu yang Lagi Diet! Pexels/Pixabay

Saat diet, pastikan kadar protein dalam tubuhmu tetap seimbang. Cobalah untuk tetap mengonsumsi daging ayam atau sapi namun di bagian rendah lemak seperti bagian dada. Dengan begitu tubuhmu tetap mendapatkan gizi yang seimbang terlebih saat ini sedang di bulan puasa.

5. Ikan kukus 

Gak Bikin Melar, 5 Menu Buka Puasa Ini Cocok untukmu yang Lagi Diet! Pexels/Huy phan

Selain daging cobalah untuk mengonsumsi ikan dengan cara dikukus. Bukan hanya protein, ikan mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu tubuhmu tidak akan kekurangan gizi meski harus menjalani diet ketat selama bulan puasa. Dijamin berat badanmu akan turun bahkan seimbang jika kamu menerapkan tips-tips di atas ini.

Meski sedang berpuasa, kamu tetap bisa menjalankan diet dengan sukses. Jangan berlebihan saat berbuka puasa dan pilihlah makanan yang sehat dan tidak mengandung lemak yang tinggi.

Baca Juga: Resep Es Kopyor Imitasi, Sajian Buka Puasa Legendaris yang Bikin Nagih

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya