Comscore Tracker

5 Cara Masak Tahu dan Telur, Biar Jadi Sajian Laris Manis di Rumah

Cocok banget buat mendampingi selama makan siang, nih!

Tahu dan telur adalah dua bahan andalan yang sering dipertemukan dalam satu masakan. Di Indonesia, keduanya sama-sama gampang ditemukan dengan harga yang masih ramah di kantong. Walau ekonomis, tapi jangan ragukan manfaatnya, ya!

Karena memiliki cara masak yang beragam, jangan heran kalau tahu dan telur bisa disulap jadi sajian lezat dalam waktu singkat. Buat kamu yang penasaran bagaimana masakan tersebut dibikin, lima inspirasi ini siap gantikan menu makan siangmu hari ini, deh.

1. Tahu goreng telur 

5 Cara Masak Tahu dan Telur, Biar Jadi Sajian Laris Manis di Rumahilustrasi tahu goreng telur (pexels.com/Riki Risnandar)

Sajian yang satu ini, bukan cuma miliki rasa luar biasa tetapi proses masaknya pun benar-benar kilat. Jadi cocok banget kalau kamu memiliki waktu memasak yang terbatas, namun ingin memberikan hidangan terbaik buat diri sendiri atau keluarga tersayang.

Pembuatan tahu goreng telur ini cuma memerlukan aneka jenis tahu kesukaan. Kemudian pecahkan satu telur di dalam mangkuk, kocok lepas sambil diberi bumbu, baru celupkan tahu sampai merata. Panaskan minyak, kemudian masak tahu permukaan kecokelatan.

2. Puding tahu telur 

5 Cara Masak Tahu dan Telur, Biar Jadi Sajian Laris Manis di Rumahilustrasi puding tahu telur (pixabay.com/Dang Tran)

Mau merasakan puding umami dengan bahan-bahan praktis? Gampang. Sebab kamu dapat menjadikan telur dan tahu sebagai bintang utama dalam sajian. Teksturnya benar-benar lembut dan meleleh saat dikunyah, karena hidangan dimasak dengan cara dikukus atau bisa juga dimasukkan ke dalam microwave.

Sebelumnya, siapkan tahu putih dan hancurkan sampai halus. Campurkan bersama kocokan telur, potongan daun bawang, bumbu perasa, dan masukkan ke dalam mangkuk anti panas. Masak hingga adonan memadat, maka puding siap untuk dicicipi.

3. Semur tahu telur 

5 Cara Masak Tahu dan Telur, Biar Jadi Sajian Laris Manis di Rumahilustrasi semur tahu telur (yummy.co.id)

Semur adalah bumbu andalan di setiap rumah di Indonesia, karena bisa menyulap makanan sederhana jadi lebih nikmat dan kaya rasa. Perpaduan kecap manis dengan aneka bumbu halus, bikin semur cocok banget menemani waktu makan siang bareng nasi hangat.

Nggak harus daging yang diolah menjadi semur, bahan masakan dari telur dan tahu pun tidak kalah enak, lho. Telur yang dipakai biasanya adalah versi rebus biar nggak gampang rusak. Sedangkan bumbunya semakin enak karena ada lengkuas, daun salam, dan serai.

4. Dadar tahu 

5 Cara Masak Tahu dan Telur, Biar Jadi Sajian Laris Manis di Rumahilustrasi dadar tahu (pixabay.com/2313238)

Bikin telur dadar nggak pernah puas karena dirasa kurang bikin kenyang? Jangan sedih, kamu bisa menggabungkan makanan legendaris ini bersama tahu, biar sajian jadi lebih padat dan tetap lezat, walaupun cuma dimakan bersama nasi hangat serta sambal.

Membuat dadar tahu pun sama saja dengan biasanya, akan tetapi tahu perlu dihancurkan biar lebih menyatu bersama adonan. Kalau mau lebih aromatik dan miliki rasa yang tajam, tinggal masukkan potongan daun bawang sebelum digoreng di atas wajan panas.

5. Nasi goreng tahu

5 Cara Masak Tahu dan Telur, Biar Jadi Sajian Laris Manis di Rumahilustrasi nasi goreng tahu (pixabay.com/takedahrs)

Nasi goreng dengan isian telur sudah sangat bersahabat dengan lidah. Makanan ini bisa ditemukan untuk dijadikan ide makan siang atau malam biar kenyang, namun ternyata nasi goreng juga bisa disulap jadi semakin padat karena penggunaan tahu di dalamnya.

Biar sensasi rasa santapan jadi lebih nikmat, jangan lupa menghaluskan bumbu dari bawang-bawangan dan cabai. Tumis beberapa saat, lalu masukkan komponen pelengkap, mulai dari telur, tahu, bumbu perasa, kemudian aduk-aduk bersama nasi.

Tahu dan telur nggak pernah sekalipun mengecewakan, apalagi kalau diolah dengan metode praktis, sudahlah singkat dan bikin kenyang pula. Jadi jangan ragu memasak dua bahan ini di rumah, semisal untuk mengganti daging-dagingan.

Baca Juga: Resep Kalio Cumi isi Tahu Telur, Tekstur Lembut Cuminya Nagih Banget!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya