Comscore Tracker

5 Kreasi Panettone Menggugah Selera, Kudapan Buah Kering dari Milan

Makanan ini bisa pula dijadikan bread pudding yang nikmat

Menilik daftar kue dan roti berisikan buah-buahan yang populer di dunia kuliner, belum lengkap bila tidak mengenal panettone. Sebuah sajian asal Milan ini menjadi salah satu hidangan Natal yang sangat ikonik.

Sebab perkembangan industri kuliner yang menjamur setiap waktu, panettone pun akhirnya memiliki beberapa inovasi yang menarik untuk diketahui. Berikut 5 kreasi panettone, kudapan buah kering yang menggugah selera.

1. Classic panettone

5 Kreasi Panettone Menggugah Selera, Kudapan Buah Kering dari Milanilustrasi classic panettone (unsplash.com/Massimo Adami)

Kreasi panettone kali ini merupakan versi klasik yang banyak dimasak menjelang acara-acara penting. Terdapat dua bahan baku utama yang tidak dapat dipisahkan pada olahan, yaitu kismis dan buah kering.

Sementara untuk bahan utama lainnya yang digunakan dalam panettone adalah tepung terigu, mentega, susu, gula, garam, dan telur. Adonan perlu dicampur dan diaduk sampai kalis. Setelah itu, baru kudapan ini dapat dipanggang selama beberapa saat.

2. Panettone french toast

5 Kreasi Panettone Menggugah Selera, Kudapan Buah Kering dari Milanilustrasi panettone french toast (pexels.com/Sean Stevens)

Panettone yang sudah matang rupanya masih bisa dikreasikan dengan berbagai cara seru. Salah satunya diolah sebagai french toast yang terkenal garing, manis, dan cocok dijadikan menu sarapan sehari-hari.

Seperti proses pengolahan french toast lainnya, kamu perlu membuat bahan cair dari krim, susu, telur, sampai gula. Rendam panettone dalam adonan, kemudian masak di atas wajan panas hingga permukaannya renyah.

Baca Juga: 5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selera

3. Panettone bread pudding

5 Kreasi Panettone Menggugah Selera, Kudapan Buah Kering dari Milanilustrasi panettone bread pudding (pixabay.com/Digna Cassens)

Kenikmatan panettone ternyata tidak berhenti dalam olahan french toast saja. Sebab hidangan ini juga dapat dimasak menjadi bread pudding yang tidak kalah lembut.

Hampir mirip dengan olahan sebelumnya, dalam membuat makanan ini pun kamu perlu membuat adonan cair yang terdiri dari telur, krim, gula, dan susu. Campurkan ke dalam loyang panettone dan panggang beberapa saat.

4. Panettone layer cake

5 Kreasi Panettone Menggugah Selera, Kudapan Buah Kering dari Milanilustrasi panettone layer cake (pixabay.com/Luiz Felipe Felipe Vibber)

Bila kamu ingin berkreasi dalam membuat panettone yang pas buat menyambut hari perayaan tertentu dengan kreasi sederhana. Maka panettone layer cake dapat dijadikan salah satu solusi.

Dalam pembuatan kudapan ini, kamu hanya perlu memotong panettone menjadi beberapa bagian. Kemudian setiap lapisan perlu diisi menggunakan frosting, baik itu cream cheese, selai buah, atau buttercream, sehingga rasa makanan jadi tambah lezat.

5. Dark chocolate panettone

5 Kreasi Panettone Menggugah Selera, Kudapan Buah Kering dari Milanilustrasi dark chocolate panettone (unsplash.com/Reddgio)

Dark chocolate dapat dijadikan salah satu bahan penambah rasa terhadap aneka kreasi panettone. Sehingga rasa makanan akan terkesan lebih nikmat dan tentunya bisa disantap oleh pencinta cokelat kapan saja.

Supaya tampilan roti ini menjadi semakin cantik, kamu bisa memakai dark chocolate berbentuk chocolate chips yang ditambahkan pada saat membentuk adonan menjadi kalis. Selain itu, kamu pun bisa turut memasukkan irisan kacang agar tekstur panettone lebih ramai.

Panettone menjadi salah satu olahan roti berisikan buah kering yang bisa menginspirasi kamu dalam memasak. Apalagi, kudapan ini bisa dikreasikan dengan berbagai cara. Sehingga kamu bebas berinovasi untuk menghasilkan sajian yang berbeda setiap waktu.

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Moho, Rasa Pisang hingga Buah Naga yang Menggugah Selera

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya