Comscore Tracker

5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enak

Ada bumbu dari Timur Tengah sampai Jepang, lho

Biji wijen adalah salah satu bahan pendamping untuk aneka masakan yang sukses membuat olahan apa pun terasa lebih wangi dan bertekstur. Penggunaan biji wijen dapat digunakan secara langsung atau diolah kembali jadi bumbu andalan lainnya.

Bagi kamu yang ingin memaksimalkan penggunaan biji wijen tersebut, lima bumbu berikut ini dapat kamu kreasikan.

1. Iri goma

5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enakilustrasi iri goma (pixabay.com/dabok2014)

Iri goma adalah olahan biji wijen yang dimasak dengan metode pemanggangan sampai warnanya keemasan. Lalu, bahan tersebut akan dipakai sebagai pelengkap untuk ditabur di atas olahan nasi, salad sayur, maupun penganan populer seperti dessert.

Modal membuat iri goma cuma satu yakni biji wijen yang masih dikuliti. Tinggal siapkan wajan anti lengket dan nyalakan kompor dengan api sedang, masak biji wijen sampai beberapa menit hingga penampilannya berubah menjadi lebih gelap dan wangi.

2. Tahini biji wijen

5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enakilustrasi tahini biji wijen (pexels.com/Shameel mukkath)

Tahini adalah bumbu masak sekaligus perasa yang berasal dari Timur Tengah. Penganan ini acapkali digunakan untuk membuat hummus atau dijadikan pelengkap untuk kreasi falafel yang begitu mendunia karena kelezatannya.

Proses pembuatan tahini sendiri dapat dilakukan dalam sekejap mata. Cukup siapkan blender atau food processor, tambahkan biji wijen, garam, dan air. Haluskan sampai benar-benar mirip pasta. Di tengah pengadukkan masukkan juga minyak wijen biar sedap.

Baca Juga: 9 Olahan Unik dari Bahan Biji Wijen, Gak Hanya Onde-onde

3. Goma dressing

5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enakilustrasi goma dressing (pexels.com/Loren Castillo)

Berbagai macam masakan ala Jepang memang gak bisa dijauhkan dari penggunaan biji wijen, agar makanan-makanan tersebut terasa lebih sedap, wangi, dan bikin siapapun tertarik untuk mencicipinya.

Salah satu olahan biji wijen yang sangat populer dikenal dengan sebutan goma dressing. Saus ini cocok dicampur ke dalam olahan salad, dan dibuat dari biji wijen sangrai yang sedikit dihaluskan lalu dicampur cuka beras, kecap asin, gula cokelat, dan minyak wijen.

4. Sesame butter

5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enakilustrasi sesame butter (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sesame butter sangat pas sekali untuk dijadikan olesan roti ataupun cocolan bagi macam-macam biskuit. Sensasi rasa yang menarik dan didukung oleh aroma yang memikat membuat sesame butter ini direkomendasikan untuk dijadikan stok.

Bahan-bahan pembuatan sesame butter terdiri dari biji wijen yang sudah disangrai atau dipanggang, kemudian tambahkan minyak kelapa, madu, dan haluskan bersama di dalam blender ataupun food processor sampai lunak.

5. Gomashio

5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enakilustrasi gomashio (pexels.com/ready made)

Gomashio adalah bumbu penyedap lainnya yang sangat populer dalam tradisi masakan ala masyarakat Jepang. Bumbu tersebut umum digunakan untuk memberikan rasa terhadap olahan serba tumis, nasi, sushi, ataupun aneka kreasi sayuran.

Pertama-tama tinggal siapkan wajan anti lengket dan panggang biji wijen sampai berubah menjadi keemasan. Kemudian masukkan ke dalam blender namun jangan terlalu halus. Setelah itu campurkan adonan biji wijen menggunakan sea salt alias garam laut.

Biji wijen dapat disulap menjadi bumbu penyedap yang berbeda dan serbaguna. Mulai dari bumbu berbentuk pasta hingga bubuk pun tersedia, dan cocok dicampurkan ke dalam masakan andalan kamu di rumah.

Baca Juga: 5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Aja

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya