Comscore Tracker

5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Aja

Gak cukup kalau cuma icip satu potong, nih

Wijen menjadi salah satu biji-bijian yang sangat populer di dunia kuliner, karena bisa ditambahkan ke dalam aneka masakan sebagai penguat aroma, serta mampu menambah tekstur hidangan saat dinikmati.

Untuk memanfaatkan pemakaian wijen sendiri, terdapat aneka olahan yang bisa dikombinasikan, terutama untuk aneka camilan serba goreng.

Macam-macam masakan tersebut sudah dirangkum di dalam lima pilihan berikut, agar kamu bisa mencobanya segera.

1. Roti goreng wijen

5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Ajailustrasi roti goreng wijen (pixabay.com/Pacto Visual)

Makanan ringan pertama yang bisa dikombinasikan barang wijen bukan lain adalah roti goreng. Camilan ini termasuk ke makanan yang cocok sekali disantap saat siang hari untuk menuntaskan lapar terutama bila kamu sedang terburu-buru.

Makanan tersebut dibuat dari perpaduan antara tepung-tepungan, ragi, susu dan lain sebagainya. Kemudian adonan itu nantinya perlu diistirahatkan sebelum digoreng, lalu tambahkan wijen agar sajian yang satu ini jadi semakin yummy dan bertekstur.

2. Pisang goreng wijen

5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Ajailustrasi pisang goreng wijen (unsplash.com/Stanislav Ivanitskiy)

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan pisang goreng? Makanan populer yang satu ini hampir setiap waktu dijadikan penganan bersantai di Indonesia, karena memiliki kombinasi rasa manis dan ringan yang cocok dinikmati barang minuman favorit.

Gorengan sendiri umumnya dibuat dari campuran antara pisang matang yang sudah dipotong-potong dan adonan tepung basah. Namun demikian, kamu bisa juga menambahkan biji wijen di dalam santapan tersebut biar terasa makin unik.

3. Keciput

5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Ajailustrasi keciput (pixabay.com/Anita Szilagyi)

Keciput adalah salah satu makanan hits yang memiliki ukuran super mungil dan bisa dibentuk sesuai selera, agar lebih mudah dimakan. Hidangan ini sangat fenomenal sehingga cocok sekali untuk dijadikan stok camilan praktis di rumah.

Selain memerlukan wijen sebagai bahan utama dalam proses pengolahan keciput, ada tambahan dari tepung ketan, tapioka, mentega, dan perasa. Nantinya adonan dari keciput wijen ini perlu digoreng sampai berubah jadi keemasan.

Baca Juga: 7 Jajanan Indonesia Bertabur Wijen, Teksturnya Unik saat Digigit

4. Ubi goreng wijen

5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Ajailustrasi ubi goreng wijen (unsplash.com/Rajesh Kavasseri)

Gorengan berikutnya yang juga bisa dimaksimalkan menggunakan wijen bukan lain terdiri dari ubi. Makanan yang satu ini pas sekali dinikmati barang kopi atau teh manis, makanya cocok sekali dinikmati saat suasana santai.

Terlebih dahulu ubi perlu dikukus atau direbus agar lebih lunak, kemudian nantinya perlu dicampur menggunakan adonan tepung beras atau bisa pula memakai tepung terigu. Jangan lupa untuk menambahkan wijen agar sensasi gorengan ini tambah sedap.

5. Kembang goyang wijen

5 Kreasi Camilan dengan Biji Wijen, Tinggal Goreng Ajailustrasi kembang goyang wijen (unsplash.com/kaouther djouada)

Di Indonesia nama kembang goyang sudah begitu akrab, lantaran sebutan ini mengacu pada hidangan populer berbentuk bunga. Selain itu, olahan yang digoreng dalam rendaman minyak tersebut memiliki kombinasi rasa yang nikmat dan garing.

Ragam modifikasi dari kembang goyang juga sudah banyak ditemui di masayrakat, salah satunya adalah dengan mencampurkan tepung terigu, tepung beras, dan kelapa sebagai adonan utama bersama wijen, biar olahan ini tambah enak saat dicicipi.

Macam-macam olahan serba goreng di atas dapat dijadikan makanan ringan favorit masyarakat Indonesia. Terlebih dengan tambahan wijen, maka hidangan pun jadi lebih nikmat dan memiliki aroma super lezat.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencicipinya?

Baca Juga: Resep Onde-onde Wijen Hitam-Putih Isi Kacang Hijau Pandan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya