Comscore Tracker

5 Cara Berkreasi dengan Kulit Semangka yang Bikin Sajian Tambah Cantik

Setelah diambil daging buahnya, kulitnya jangan dibuang ya!

Semangka merupakan salah satu buah berdaging merah dengan ukuran besar yang dilindungi oleh kulit berwarna hijau. Oleh sebab besarnya cangkang tersebut, kulit semangka kerap digunakan dalam berbagai hiasan untuk aneka makanan.

Bila kamu ingin berkreasi sedemikian rupa menggunakan kulit buah tersebut, maka cobalah untuk mengolah semangka berikut dengan kulitnya menjadi lima sajian menarik berikut ini.

1. Watermelon basket

5 Cara Berkreasi dengan Kulit Semangka yang Bikin Sajian Tambah Cantikilustrasi watermelon basket (tasteofhome.com/Taste of Home)

Watermelon basket ini merupakan salah satu cara berkreasi dengan kulit semangka yang dihias sedemikian rupa, seperti dengan membentuk keranjang cantik untuk diisi menggunakan aneka buah-buahan segar yang disimpan bersama potongan es batu agar tetap segar ketika dikonsumsi.

2. Watermelon smoothie

5 Cara Berkreasi dengan Kulit Semangka yang Bikin Sajian Tambah Cantikilustrasi watermelon smoothie (unsplash.com/Adrienne Leonard)

Seperti beragam buah sejenis, semangka cukup akrab bila diolah menjadi smoothie. Yakni olahan bertekstur kental yang dibuat menggunakan buah atau sayur. Bahkan, kamu dapat sekaligus menggunakan kulit dari semangka untuk menyajikan makanan tersebut, sama seperti tempurung kelapa yang lebih banyak digunakan.

Baca Juga: 5 Dessert Segar Berbahan Semangka, Pas Untuk Cuaca Panas!

3. Giant watermell-o shot

5 Cara Berkreasi dengan Kulit Semangka yang Bikin Sajian Tambah Cantikilustrasi giant watermelon o-shot (delish.com/Ethan Calabrese)

Mengolah cangkang semangka menjadi pegangan bagi suatu olahan berbasis jelly bisa pula dibuat untuk kudapan akhir pekan atau ketika cuaca sedang terik lho. Supaya jelly dapat terbentuk sempurna dalam cangkang, kamu pun dapat menambah gelatin terhadap adonan.

4. Watermelon punch

5 Cara Berkreasi dengan Kulit Semangka yang Bikin Sajian Tambah Cantikilustrasi watermelon punch (foodnetwork.com)

Punch ialah sebutan bagi suatu olahan minuman dengan alkohol ataupun tidak, dan biasanya disertai menggunakan jus buah yang segar. Dalam sajian berbasis semangka, kamu bisa mengolah buah tersebut sebagai jus utama, ditambahi dengan aneka buah kesukaan supaya makin enak, lalu sajikan dalam kulit buah.

5. Watermelon bingsu

5 Cara Berkreasi dengan Kulit Semangka yang Bikin Sajian Tambah Cantikilustrasi watermelon bingsu (freepik.com/topntp26)

Bingsu adalah makanan berupa serutan es batu yang disertai buah dan susu kental manis dari Korea Selatan. Hidangan ini cukup populer dalam beberapa situasi seperti musim panas. Salah satu varian bingsu yang tak dapat dilewatkan adalah dengan isian semangka di dalam cangkangnya langsung.

Tak hanya daging buahnya saja, ternyata kulit semangka pun tetap bisa dimanfaatkan. Semoga menginspirasi!

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kita

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya