Comscore Tracker

5 Cara Memasak Nugget dengan Beragam Metode

Hasilnya sama-sama enak, lho

Nugget adalah makanan beku yang paling sering dijadikan lauk makan hingga camilan gurih andalan. Ada beberapa cara memasak nugget dengan beragam metode. Banyak orang menyimpan stok makanan tersebut di lemari es.

Pada proses pematangannya sendiri, rupanya nugget bisa diolah dengan berbagai cara. Terdapat lima teknik memasak nugget yang bikin makanan ini makin praktis dan disukai. Cari tahu, yuk, cara memasak nugget dengan beragam metode!

1. Deep fried

5 Cara Memasak Nugget dengan Beragam Metodeilustrasi nugget deep frying (pixabay.com/Alexander Fox | PlaNet Fox)

Metode deep frying merupakan teknik paling populer ketika memasak nugget. Hal itu karena cara ini akan membuat hasil nugget menjadi crispy pada bagian luarnya sementara di dalamnya cenderung lebih lembut.

Tentunya salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses mengolah menggunakan teknik ini adalah penggunaan minyak yang lebih banyak hingga bisa merendam seluruh nugget. Terkadang nugget pun akan cenderung lebih berminyak jika tidak ditiriskan dengan maksimal.

2. Pan fried

5 Cara Memasak Nugget dengan Beragam Metodeilustrasi nugget goreng (pixabay.com/bremen werda)

Memasak dengan teknik pan fried akan menghemat penggunaan minyak daripada di deep-fried. Itu karena minyak yang digunakan dalam teknik pemasakan ini cukup terbatas, bisa mencapai 2sdm atau lebih sedikit, tetapi nugget yang digoreng akan tetap crispy di bagian luar.

Metode ini cocok digunakan untuk kamu yang tidak ingin terlalu banyak mengonsumsi minyak. Tipsnya dengan memilih tipe nugget yang memiliki ukuran agak kecil supaya lebih gampang matang. Tinggal goreng setiap sisi selama beberapa menit hingga berubah menjadi garing dan warnanya cokelat keemasan. Maka nugget tinggal dinikmati.

Baca Juga: Cara Membuat Pisang Nugget ala Devina Hermawan, Bisa Jadi Ide Bisnis!

3. Masak di air fryer

5 Cara Memasak Nugget dengan Beragam Metodeilustrasi nugget di wadah alumunium (pixabay.com/Engin Akyurt)

Teknik memasak nugget berikutnya melibatkan alat air fryer. Saat ini benda tersebut sering digunakan untuk mengurangi penggunaan minyak dalam masakan tetapi hasil hidangan crispy dan enak seperti digoreng. Oleh sebab itu, banyak orang beralih menggunakan alat tersebut yang memerlukan sumber daya listrik untuk bisa bekerja.

Tips menggunakan air fryer untuk memasak nugget adalah pastikan bahwa kondisi makanan dalam keadaan beku, kemudian jangan memadatkan basket supaya makanan matang merata. Kamu bisa mengatur suhu air frayer di angka 205 derajat celcius selama kurang lebih 8 menit kemudian shake basket dan balik nugget. Lalu masak kembali selama 2 atau 5 menit tergantung kematangan yang diinginkan.

4. Panggang di dalam oven

5 Cara Memasak Nugget dengan Beragam Metodeilustrasi nugget di atas loyang (pixabay.com/congerdesign)

Nugget juga bisa dimasak dengan proses pemanggangan. Metode ini akan memerlukan lebih sedikit minyak daripada ketika memutuskan untuk menggorengnya. Kamu hanya menggunakan minyak di dalam loyang supaya tidak lengket dan hasilnya bisa maksimal. 

Proses memanggang nugget ini memakan waktu 15 menit atau lebih, tergantung lebar dan ketebalan makanan. Biasanya suhu oven yang dipakai berada dikisaran 200 derajat celcius namun jangan ragu untuk mengecek apakah nugget sudah dalam kondisi matang atau belum, supaya tidak gosong. 

5. Gunakan microwave

5 Cara Memasak Nugget dengan Beragam Metodeilustrasi nugget di wadah alumunium (pixabay.com/Engin Akyurt)

Microwave menjadi alat penyelamat ketika hendak menghangatkan makanan. Namun siapa sangka bahwa benda ini juga dapat digunakan untuk memasak nugget. Kematangan nugget yang dimasak menggunakan benda tersebut ditentukan oleh banyak faktor, misalnya dari segi ukuran seperti ketebalan dan lebarnya.

Microwave perlu diatur supaya panasnya cukup tinggi. Setelah itu, kamu bisa menggunakan wadah yang aman untuk dialasi menggunakan tisu makan. Berikutnya kamu dapat meletakkan setidaknya lima buah nugget di atas wadah lalu masukkan ke dalam microwave dengan durasi waktu sekitar satu setengah menit.

Ternyata ada banyak cara seru mengolah nugget supaya matang sempurna. Gak heran kalau bahan masak ini menjadi lauk makan favorit yang sangat praktis.

Baca Juga: Resep Nugget Cabe Garam Praktis untuk Makan Siang

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya