Comscore Tracker

5 Hidangan dengan Bumbu Mala, Kesukaannya Para Penikmat Pedas!

Yuk, coba berkreasi dengan bumbu berisikan aneka cabai ini

Bumbu mala beberapa waktu belakangan memang sempat mencuri perhatian para pecinta kuliner. Sebab, bumbu tersebut disinyalir begitu pedas sehingga bisa menghasilkan sensasi yang begitu luar biasa terhadap hidangan yang disuguhkan.

Diketahui, mala sendiri adalah salah satu olahan tradisional dari masakan China. Sehingga terdapat bumbu-bumbu dan bahan yang terbilang menarik, salah satunya adalah cabai Sichuan.

Penggunaan mala sendiri bisa diperuntukkan untuk lima olahan berikut. Cocok banget untuk kamu si pecinta pedas.

1. Mala hot pot 

5 Hidangan dengan Bumbu Mala, Kesukaannya Para Penikmat Pedas!ilustrasi mala hot pot (pixabay.com/photogrammer7)

Penggunaan mala begitu populer untuk ditambahkan ke dalam salah satu olahan hot pot . Kamu dapat menikmati sajian ini bareng aneka macam daging, termasuk tofu dan jamur-jamuran biar makin sedap.

Pasta mala-nya sendiri bisa dibuat dari macam-macam cabai pedas dan tidak pedas. Kemudian campur juga bersama ketumbar, jahe, bawang-bawangan, jintan, dan lada, biar aroma dan rasanya jadi semakin kaya.

2. Ikan saus mala

5 Hidangan dengan Bumbu Mala, Kesukaannya Para Penikmat Pedas!ilustrasi ikan saus mala (pixabay.com/YU ZHANG)

Membuat masakan dari ikan tidak harus selalu diolah dengan cara digoreng. Sebab kamu bisa membuat makanan tersebut dengan cara dikukus agar terasa lebih nikmat dan juga sehat, karena hanya melibatkan sedikit minyak atau tidak sama sekali.

Supaya olahan ikan ini terasa begitu berbumbu, jangan lupa untuk menambahkan saus ke dalam masakan. Kali ini kamu dapat menggunakan campuran dari saus mala yang dibuat dari campuran bawang-bawangan, rempah, dan aneka macam cabai.

Baca Juga: 5 Olahan Nuget dengan Bumbu Lokal, Yuk Upgrade Lauk Makanmu!

3. Sate bumbu mala 

5 Hidangan dengan Bumbu Mala, Kesukaannya Para Penikmat Pedas!ilustrasi sate bumbu mala (pexels.com/Artem Beliaikin)

Biasanya sate lebih sering dimasak menggunakan bumbu marinasi dari kecap. Ini akan menghasilkan sensasi daging yang nano-nano, karena ada perpaduan antara manis, gurih, dan pedas, terutama setelah dinikmati bareng saus favorit.

Kamu juga dapat menggunakan mala sebagai bumbu marinasi dari olahan hidangan tersebut. Dengan begini, masakan pun jadi terasa lebih pedas, sehingga cocok sekali buat kamu yang senang akan hidangan-hidangan berbahan baku cabai.

4. Ayam panggang mala 

5 Hidangan dengan Bumbu Mala, Kesukaannya Para Penikmat Pedas!ilustrasi ayam panggang mala (pixabay.com/RitaE)

Membuat ayam panggang biasanya identik dengan kombinasi rasa gurih dan kulit yang begitu renyah. Tak heran, jika makanan ini sering dijadikan salah satu lauk makan favorit oleh berbagai kalangan.

Kreasi dari ayam panggang sendiri semakin hari semakin beragam, misalnya kombinasi antara ayam bersama bumbu mala. Gunakan pasta mala sebagai adonan marinasi tambahan, maka daging pun akan lebih terasa nikmat, berbumbu, dan pastinya pedas. 

5. Spageti saus mala

5 Hidangan dengan Bumbu Mala, Kesukaannya Para Penikmat Pedas!ilustrasi spagheti saus mala (pixabay.com/Aline Ponce)

Berikutnya, ada salah satu hidangan yang berasal dari pasta dan cocok sekali untuk diolah bareng mala. Dengan begini, sajian pun akan terasa semakin unik lantaran ada sensasi pedas yang khas dari penggunaan bumbu fenomenal tersebut.

Seperti pengolahan spageti pada umumnya, pasta ini harus direbus terlebih dahulu dan bisa dinikmati bareng aneka isian, seperti daging-dagingan ataupun jamur. Setelah itu, masak bareng krim dan tomat, lalu tambahkan pasta mala ke dalamnya.

Mala adalah kombinasi rasa pedas unik yang cukup berwarna. Keberadaan bahan ini akan membuat aneka macam sajian terasa menarik dan unik. Apalagi kalau kamu merupakan salah satu pecinta olahan cabai, maka lima hidangan yang ada di atas patut untuk dicicipi dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: 5 Pilihan Sate Bumbu Kunyit yang Bikin Rasa Hidangan Fantastis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya