Comscore Tracker

5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!

Bisa disantap bareng gorengan juga, lho

Saus tartar adalah salah satu pendamping makanan bertekstur kental yang cocok untuk disantap bersama aneka hidangan. Bahan baku utama dalam pembuatan saus ini terdiri dari mayones, maka tidak heran jika warnanya menjadi lebih terang dibanding saus lain.

Terdapat bermacam-macam cara untuk menikmati saus tartar supaya terasa lebih klop dan maksimal. Lima hidangan diantaranya adalah seperti berikut ini.

1. Fried shrimp with tartar sauce

5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!ilustrasi fried shrimp with tartar sauce (unsplash.com/Léo Roza)

Makanan pertama yang cocok saat disantap bersama saus tartar, tidak lain adalah udang goreng. Hidangan seafood tersebut bisa dimasak menggunakan tepung roti agar semakin renyah ketika disantap.

Sementara itu, saus tartar bisa diolah sendiri dengan menghadirkan bahan baku yang berupa campuran antara mayones, acar mentimun, kaper, cuka, mustard, lada dan garam, serta daun dill atau adas sowa. 

2. Buffalo wings tartar

5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!ilustrasi buffalo wings tartar (pixabay.com/jengland)

Santapan berikut ini bisa dijadikan ide untuk mengonsumsi sayap ayam, supaya lebih nikmat dan berselera ketika dimakan. Sebab ayam memiliki sensasi rasa pedas dan segar dalam satu hidangan.

Sayap perlu dibumbui dengan aneka perasa, kemudian panggang sampai kecokelatan. Siram daging ayam tersebut menggunakan campuran saus pedas, lalu sajikan bersama saus tartar.

Baca Juga: Resep Chicken Nanban, Ayam Goreng Saus Tartar Nikmat ala Jepang

3. Fried fish with tartar

5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!ilustrasi fried fish with tartar sauce (pixabay.com/pixel1)

Gorengan yang berikut ini memang terkenal paling pas ketika disantap bersama saus tartar. Sebab rasanya jadi semakin nikmat, apalagi jika dipadukan dalam suatu olahan ternama, seperti fish and chips.

Gorengan tersebut dapat dimasak menggunakan ikan berdaging putih, kemudian bumbui bahan baku utama memakai adonan tepung. Goreng sampai semua lapisan matang, kemudian sajikan bersama tartar.

4. Grilled salmon with tartar

5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!ilustrasi grilled salmon with tartar sauce (pexels.com/Malidate Van)

Bak pasangan serasi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, sajian salmon dan saus tartar memang kerap dijadikan andalan. Entah itu untuk menikmati makan siang atau malam yang simpel dan enak.

Pilih salmon yang sudah di-fillet, kemudian marinasi daging tersebut memakai bumbu-bumbu sederhana, seperti lada, garam, dan sedikit perasan air lemon. Panggang beberapa saat, sebelum disantap dengan saus.

5. Steak and tartar sauce

5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!ilustrasi steak tartar (pexels.com/Lukas)

Tidak mau kalah dengan hidangan lainnya, steik daging yang terkenal gurih dan lembut ini pun kerap disantap bersama saus pendamping. Salah satunya adalah dengan menggunakan tartar.

Bahan daging yang dipakai pun bebas, mulai dari rib eye sampai t-bone. Supaya hidangan terasa lengkap dan mengenyangkan, jangan lupa untuk menghadirkan kentang dipiring yang sama dengan saus tartar.

Saus kental dengan rasa segar dan gurih ini rupanya bisa didampingi dengan bermacam-macam makanan. Sehingga masakan menjadi lebih lezat untuk dikonsumsi sebagai menu makan siang maupun camilan sedap.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya