Comscore Tracker

5 Hidangan Penutup Khas Kegiatan Api Unggun yang Memanjakan Lidah

Ada sate cinnamon rolls!

Api unggun adalah sebuah acara yang biasanya menjadi bagian dalam rutinitas perkemahan. Aktivitas tersebut bisa diselingi oleh ajang mengobrol bersama, melaksanakan aneka permainan, atau barbeku.

Di kebanyakan wilayah, terdapat acara makan khusus saat api unggun seperti barbeku hidangan utama dan dessert. Nah, di bawah ini terdapat lima makanan penutup unik khas api unggun yang sesekali bisa kamu coba.

1. Campfire cinnamon roll-ups

5 Hidangan Penutup Khas Kegiatan Api Unggun yang Memanjakan Lidahtasteofhome.com

Cinnamon rolls pasti umum kamu jumpai di berbagai momentum. Namun tahukah jika ternyata ia dapat dijadikan hidangan penutup saat acara api unggun? Berbeda dari bentukan cinnamon rolls yang biasa ditemui, yang satu ini lebih mirip dengan sate.

Jika kamu terpikirkan untuk membuat campfire cinnamon roll-ups saat berkemah, baiknya gunakan adonan instan dan isi menggunakan bubuk kayu manis serta mashmallow jika suka. Tusuk dan bakar di atas api selama beberapa menit sampai matang.

2. Campfire strawberry

5 Hidangan Penutup Khas Kegiatan Api Unggun yang Memanjakan Lidahgoodcook.com

Sederhana tapi bikin ketagihan, itulah yang kira-kira menggambarkan makanan khas api unggun selanjutnya. Tidak hanya membakar marshmallow, kali ini ada tambahan komponen yang bikin sajian tambah nikmat, yaitu buah stroberi.

Untuk membuat campfire stroberi, diperlukan tusuk sate untuk menempelkan buah lalu sisipi dengan marshmallow. Bakar sampai marshmallow berubah warna dan sajikan dengan lelehan cokelat.

Baca Juga: Resep Martabak Lenggang Cokelat, Camilan Enak Pembangkit Mood

3. Campfire baked apple

5 Hidangan Penutup Khas Kegiatan Api Unggun yang Memanjakan Lidahdelish.com/Parker Feierbach

Untuk kamu yang enggan menikmati makanan yang berhubungan dengan manisnya coklat dan marshmallow, maka bisa mencoba alternatif sajian bernama campfire baked apple yang nikmat dan kaya rempah.

Cukup keruk bagian biji dan keluarkan sedikit dagingnya. Masukkan campuran oat, kacang-kacangan, rempah yang terdiri dari kayu manis, jahe, dan cengkeh. Lalu tutup bagian atas dengan mentega sebelum dibungkus kertas timah dan panggang di api unggun.

4. Campfire cones

5 Hidangan Penutup Khas Kegiatan Api Unggun yang Memanjakan LidahYouTube / Sunset

Ketika melihat waffle cones biasanya kamu akan terngiang-ngiang akan es krim dengan aneka topping. Namun sajian tersebut hanya bisa dinikmati pada siang hari saja. Sementara untuk momen api unggun, namanya berubah menjadi campfire cones.

Uniknya, sajian ini sama sekali tidak diolah memakai es krim, melainkan dari campuran coklat, potongan buah-buahan, dan marshmallow berukuran mini yang dibungkus dalam kertas timah dan dipanggang dekat api unggun. 

5. Campfire banana boat

5 Hidangan Penutup Khas Kegiatan Api Unggun yang Memanjakan Lidahallrecipes.com/Toni Boncella Blyth

Olahan unik selama api unggun berlangsung selanjutnya datang dari buah pisang. Siapa sangka bahwa makanan yang satu ini ternyata cocok pula dijadikan menu penghangat badan yang manis dan menarik?

Dalam membuat olahan campfire banana boat, pisang perlu diiris namun tidak sampai menghancurkan cangkangnya. Masukan marshmallow, chocohips, dan potongan buah kesukaan lainnya. Bungkus memakai aluminium foil dan masak di api unggun.

Itulah kelima olahan khas acara api unggun yang unik dan menarik, mulai dari buah-buahan sampai adonan kue seperti cinnamon rolls. Kira-kira dari kelima hidangan di atas, mana yang ingin kamu cicipi?

Baca Juga: Resep Bola-bola Mozzarella Goreng dengan Saus Krim, Camilan Praktis!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya